Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Menggunakan Power Bank Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Power Bank merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu proses pengisian daya saat Anda sedang dalam perjalanan jauh. Kini semua orang sudah mulai memilih power bank karena power bank  mudah sekali digunakan dan sangat praktis. Selain itu, model yang ditawarkan sangat menarik dan membuat semua orang ingin memakainya. Anda dapat membeli power bank di berbagai toko elektronik dan pilihlah power bank sesuai kebutuhan. Dan saat membeli power bank tentu harus memperhatikan jenis merek dan keaslian dari produk tersebut. Setelah membeli power bank baru maka Anda harus menggunakannya dengan baik agar tidak cepat rusak, karena power bank ini sangat rawan rusak jika digunakan secara tidak benar.

Dalam menggunakan power bank tentu tidak boleh asal-asalan karena sebagus apapun dan semahal apapun power bank tersebut jika dalam penggunaannya tidak benar maka akan cepat rusak. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar power bank yang Anda awet dan tahan lama.

Cara Merawat Power Bank Dengan Baik

7 Tips Menggunakan Power Bank Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

1. Bersihkan Power Bank Secara rutin

Nah langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan bagian luar power bank. Sesudah memakai power bank maka sebaiknya Anda bersihkan dibagian lampu ataupun port USBnya agar tidak terjadi masalah. Sebisa mungkin hindari debu yang menempel pada bodi power bank, karena apabila terdapat debu dan debu tersebut masuk ke port USB maka pengisian daya baterai akan terganggu.

2. Hindari Suhu Panas atau Dingin

Dalam menggunakan power bank udahakan hindari tempat yang bersuhu panas atau dingin. Biasanya ada orang yang menaruh power bank diatas kulkas, TV atau laptop. Jika hal tersebut tetap dilakukan maka akan terjadi gangguan pada komponen power bank tersebut. Selain itu, power bank juga akan mengembang bahkan bisa terjadi kebocoran.

3. Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang

Power bank memang sama dengan smartphone yang harus diisi ulang agar tidak kehabisan daya dan bisa tetap digunakan saat kondisi darurat. Janis baterai yang digunakan dalam power bank yaitu Li-Ion (Lithium-Ion) yang siklus hidupnya 500 kai isi ulang dan Li-Po (Lithium-Polimer) yang siklus hidupnya 1000 kali isi ulang. Nah kedua jenis baterai tersebut ternyata memiliki siklus yang berbeda dan Anda bisa melihat pada permukaan power bank untuk mengetahui jenis baterai yang digunakan. Apabila sudah hampir mencapai siklus maksimal, maka daya baterai pada power bank akan cepat habis. Untuk itu aturlah pengisian daya power bank dengan baik dan jangan terlalu sering.

4. Charger Sampai Penuh

Dalam pengisian daya power bank harus sampai penuh dan jangan gunakan power bank apabila pengisian daya belum 100%. Tujuannya yaitu agar baterai power bank tetap awet dan Anda tidak terlalu sering mencharging power bank. Untuk mengetahui apakah power bank sudah penuh atau belum, Anda cukup melihatnya di bagian lampu LEDnya saja. Biasanya jika daya sudah penuh lampu LED kan berubah menjadi warna hijau. Dengan mengisi daya power bank sampai penuh maka Anda sudah tidak usah khawatir lagi apabila smartphone Anda kehabisan baterai saat perjalanan jauh.

5. Hindari Over Charging

Semua perangkat apabila dalam pengisian daya terjadi over charging tentu tidak baik terutama pada power bank. Apabila dalam pengisian daya berlebihan, maka kualitas power bank akan cepat menurun dan baterai akan mudah habis. Untuk itu, pada saat proses pengisian perhatikan lampu LED pada power bank. Jika lampu LED sudah berwarna hijau maka segeralah hentikan pengisian.

6. Hindari Benturan

Meskipun bodi power bank terbuat dari bahan yang kuat, tetap saja jika terjadi benturan yang keras akan terjadi kerusakan. Apabila power bank benturan dengan benda keras maka komponen akan renggang dan bagian dalamnya akan mengalami sedikit gangguan. Saya sarankan saat penggunakan power bank, maka pakailah pelindung agar power bank aman dari benturan.

7. Jauhkan Dari Barang Elektronik

Sebaiknya jangan dekatkan power bank pada barang elektronik seperti TV, kulkas, laptop dan lainnya karena benda elektronik tersebut mempunyai gelombang magnet yang bisa berdampak buruk bagi power bank. Apabila Anda meletakkan power bank di dekat barang elektronik, maka kemungkinan terjadi kerusakan akan sangat besar.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan power bank agar tetap awet dan tahan lama. Apabila power bank yang Anda gunakan awet maka akan mengurangi pengeluaran uang, dan uang yang Anda punya bisa digunakan untuk hal lainnya. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki.