Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Memperbaiki Earphone Tidak Berfungsi atau Rusak Dengan Mudah

Earphone merupakan sebuah perangkat lunak yang sangat dibutuhkan semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti membutuhkan yang namanya earphone. Ada yang menggunakan earphone untuk mentonton video ataupun mendengarkan musik. Terlebih lagi untuk para gamers yang sertiap hari bermain game online, maka earphone sudah menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Maka dari itu banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak demi membeli earphone sebagai media untuk menikmati aktifitasnya. Ada juga orang yang menggunakan earphone/headsat pada saat jogging atau care free day.

Dengan mendengarkan lagu menggunakan earphone maka pikiran akan semakin tenang setelah bekerja seharian penuh. Namun, tidak sedikit orang yang membeli earphone dengan harga yang murah dan apabila membeli headsat murah kualitasnya pun cukup minim dan mudah rusak. Jika Anda sedang menikmati mendengarkan musik dan tiba-tiba earphone rusak, maka pasti Anda akan sangat kesal dan kecewa. Namun, jangan langsung dibuang atau beli yang baru, karena permasalahan ini bisa diatasi dengan sangat mudah.
 
Bagi Anda yang sering mengalami earphone tidak berfungsi dengan baik atau mati sebelah, maka lakukanlah beberapa cara berikut ini agar earphone bisa kembali norma dan Anda pun bisa mendengarkan musik dengan earphone.

Cara Memperbaiki Earphone Yang Tidak Berfungsi

6 Tips Memperbaiki Earphone Tidak Berfungsi atau Rusak Dengan Mudah

1. Bersihkan Jack

Jack merupakan hal terpenting dalam komponen earphone. Fungsi dari jack ini yaitu sebagai penghubung earphone dengan perangkat yang lain seperti Hp atau laptop. Jenis bahan yang digunakan dalam membuat jack akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang digunakan. Apabila suara earphone Anda mati atau bahkan rusak, cobalah untuk membersihkan terlebih dahulu pada bagian jack ini.

2. Perbaiki Lubang Suara

Apabila konektor nyambung dan earphone tidak mengeluarkan suara, maka bisa jadi terdapat kerusakan di bagian lubang suara. Cobalah dengan membuka dan mempersihkannya dengan tisue atau sejenisnya, biasanya terdapat kotoran sehingga bisa menghambat suara keluar. Jika sudah dibersihkan namun tetap saja belum bisa normal, maka Anda harus mengganti lubang suara tersebut. Anda bisa membelinya di toko Hp ataupun bisa lewat online.

3. Uji di Perangkat Lain

Earphone tidak mengeluarkan suara bukan berarti sepenuhnya earphone tersebut rusak. Cobalah untuk menghubungkan earphone dengan peragkat lain. Anda bisa meminjam Hp milik teman untuk mengeceknya. Apabila saat dicoba di perangkat lain dan ternyata earphone tersebut normal, maka kerusakan bukan terjadi pada komponen earphone, melainkan terdapat masalah pada Hp Anda sendiri.

4. Ganti Konektor Earphone

Jika Anda telah membeli earphone dengan harga yang mahal dan terjadi kerusakan, maka cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Solusinya yaitu dengan cara mengganti konektor earphone. Anda bisa membelinya di berbagai toko listrik. Harga yang ditawarkan cukup beragam tergantung kualitas yang ingin Anda gunakan.

5. Cek Kabel Earphone

Mengecek kabel earphone merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan, namun banyak orang yang lalai dalam melakukannya. Sebagian orang ketika menggunakan earphone sangat tidak peduli dengan kabel, sehingga sering terlilit dan akan menyebabkan komponen kabel di dalamnya putus dan akhirnya earphone tidak bisa berfungsi sengan baik.

6.  Cek Housing

Bagian terpenting di dalam earphone yaitu housing, dimana housing merupakan salah satu komponen earphone yang berfungsi untuk menampung driver. Bentuk dan bahan yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Ketika suara earphone tidak ada maka cobalah untuk mengecek pada bagian ini. Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda tinggal membuka komponen dalam earphone dan bersihkan housing dengan menggunakan kain halus.

Apabila Anda sudah terlanjur membeli earphone yang mahal dan tiba-tiba rusak atau tidak berfungsi, maka cobalah mempraktekkan cara yang sudah saya bagikan diatas. Karena cara tersebut sangat ampuh untuk mengatasi earphone tidak berfungsi dengan baik. Cara diatas sudah saya buktikan dan hasilnya sangat memuaskan, earphone saya bisa kembali digunakan.