Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Cerdas Membeli MacBook Bekas Yang Berkualitas

Saat ini laptop sudah menjadi suatu kebutuhan semua orang, karena memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan ataupum tugas yang lainnya. Bagi mahasiswa, laptop menjadi barang elektronik yang setia menemani saat mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen. Saat ini banyak merek laptop yang beredar di pasaran seperti lenovo, asus, acer, toshiba, samsung, dan Apple, MacBook. Laptop yang paling diminati oleh kalangan orang menengah keatas yaitu MacBook, baik itu MacBook air maupun MacBook pro.

MacBook saat ini memang menjadi primadona yang mana menjadi salah satu produk terbaik dan banyak diminati, karena kualitas MacOS nya yang berkualitas dan tentunya daya tahan baterai yang awet dan tahan lama. Laptop ini banyak diminati oleh orang yang sedang menjalani bisnis online, karena dengan menggunakan MacBook, semua pekerjaan akan bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa adanya lemot atau error.

Bagi Anda yang menginginkan MacBook namun budget kurang, tenang saja karena Anda masih bisa membelinya bekas. Namun untuk membeli MacBook bekas harus memperhatikan beberapa tips agar tidak menyesal. Kualitas MacBook memang sudah tidak diragukan lagi, dan pantas jika harganya sangat mahal. Bagi Anda yang ingin membeli MacBook bekas, berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika membeli MacBook bekas agar tidak salah dalam memilih.

Tips Membeli MacBook Bekas Yang Berkualitas

7 Tips Cerdas Membeli MacBook Bekas Yang Berkualitas

1. Cek Kondisi Fisik

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengecek kondisi fisik MacBook tersebut. Anda dapat mengeceknya mulai dari bawah hingga di bagian layar apakah masih ori atau sudah pernah diganti. Biasanya banyak sekali penjual nakal yang sering mengganti komponen asli dengan yang palsu. Selain itu, Anda juga bisa mengecek nomer seri di bawah laptop dengan yang ada di box apakah sama atu berbeda. Jika sama maka MacBook tersebut masih asli, namun jika nomer seri berbeda sudah bisa dipastikan komponen MacBook tersebut KW.

2. Kelengkapan Unit

Anda harus mengecek kelengkapan unit sebelum membeli MacBook, karena dengan mengecek kelengkapan unit maka Anda bisa mengetahui apakah dulunya MacBook tersebut digunakan dengan baik atau tidak. Biasanya MacBook yang lengkap terdapat box dan sticker resmi yang terdapat nomer serial yang sama dengan yang di perangkat. Selain itu juga terdapat charger magsafe, buku panduan, buku garansi dan juga aksesoris lainnya. Anda juga bisa menanyakan kepada penjual apakah aksesoris tersebut masih ori atau tidak.

3. Jalankan Tes Keyboard

Untuk memastikan keyboard ada yang error atau tidak berfungsi, Anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi bawaan macOS. Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik.

4. Periksa Semua Port

Memeriksa port USB merupakan hal yang sangat mudah, namun banyak sekali yang melupakannya. Sebelum Anda mengecek bagian lain, alangkah baiknya mengecek dahulu port USB apakah masih normal atau tidak. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan kabel USB dan handphone.

5. Cek Umur MacBook

Produk Apple memang memberikan garansi bertahun tahun dan pastikan Anda membeli sesuai dengan yang diinginkan. Sistem dari produl Apple akan sangat mirip dengan tahun sebelumnya, maka dari itu sulit sekali untuk membedakannya. Bagi Anda yang ingin membeli MacBook, pilihlah yang umurnya belum terlalu lama, dan hindari membeli MacBook yang umutnya melebihi 3 tahun.

6. Cek TrackPad

Pastikan saat membeli MacBook bekas, trackpad berfungsi dengan baik dan berjalan dengan lancar. Dari waktu ke waktu, biasanya trackpad akan mudah aus dan hasil clik tidak akurat. Biasanya trackpad terbuat dari kaca dan mudah sekali pecah, untuk itu perhatikan baik-baik di bagian ini.

7. Kondisi Baterai

Dengan bertambahnya umur MacBook, maka daya tahan baterai akan semakin menurun. Pastikan saat membeli MacBook bekas perhatikan kualitas baterai, dan pilihlah MacBook dengan baterai yang masih baik. Beberapa kesehatan baterai yang biasanya digunakan Apple yaitu normal, replace now, replace soon dan service battery.

Itulah beberapa cara membeli MacBook bekas dan berkualitas yang bisa Anda terapkan ketika ingin membelinya. Saat membeli MacBook bekas, Anda dapat mengunjungi toko resmi Apple Indonesia, karena jika membeli sebuah laptop di toko resmi maka tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecurangan penjual yang sering mengganti komponen laptop.