Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Tips Memakai Laptop Agar Selalu Awet dan Tidak Lemot

Laptop merupakan sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, apalagi untuk mahasiswa yang menggunakan laptop untuk belajar dan mengerjakan tugas. Terlebih lagi jika kuliah dilakukan secara online di rumah pasti mau tidak mau kondisi laptop harus selalu normal dan memiliki performa yang tinggi agar bisa digunakan untuk mengerjakan tugas setiap harinya. Untuk itu rawatlah semua komponen laptop agar tetep awet dan tahan lama. Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya merawat laptop dengan benar.

Meskipun Anda membeli laptop dengan harga yang murah, tetap harus merawat laptop tersebut karena bagaimanapun juga laptop merupakan sebuah barang elektronik yang rawan kerusakan. Laptop berbeda sekali dengan PC yang cenderung memiliki daya tahan yang lumayan lama. Nah melalui artikel ini saya akan membagikan sedikit tips memakai laptop agar awet dan tidak mudah lemot.

Banyak sekali orang yang setiap harinya mengoperasikan laptop, namun sedikit yang selalu memperhatikan kondisi laptopnya. Padahal kondisi laptop sangat mempengaruhi performa dan keawetan. Untuk itu rawatlah laptop secara rutin agar kondisi tetap awet dan nyaman untuk digunakan. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara memakai laptop agar awet, bisa membaca beberapa tips yang saya bagikan berikut ini.

Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Awet

10 Tips Memakai Laptop Agar Selalu Awet dan Tidak Lemot

#1. Jangan Paksa Laptop Untuk Main Game

Bermain game merupakan salah satu hobi yang tidak dapat ditinggalkan oleh sebagian orang. Pasti semua akan rela menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game di laptop. Namun, ketika Anda bermain game menggunakan laptop, harus selalu memperhatikan spek laptop yang digunakan. Jangan sampai laptop dengan RAM 2 GB digunakan untuk bermain game berat. Apabila hal tersebut tetap dilakukan maka penyimpanan RAM kan semakin penuh dan akan membuat laptop menjadi lemot.

#2. Bersihkan LCD Secara Rutin

LCD merupakan komponen laptop yang paling rawan terjadi rusak. Biasanya jika layar LCD rusak akan timbul garis-garis yang sangat mengganggu saat pengoperasian. Saya sarankan pada saat Anda membeli sebuah laptop baru, maka gunakanlah screen protector untuk menjaga layar laptop dari debu dan kotoran lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan layar laptop dengan menggunakan kain halus atau bisa juga dengan kapas.

#3. Jangan Dipakai di Atas Kasur

Nah permasalahan ini biasanya sering dilakukan oleh kaum wanita dimana mereka sering mengoprasikan laptop diatas kasur sambil tiduran. Apabila terus-terusan mengoperasikan laptop dalam hal seperti ini, maka akan menghambat sirkulasi udara yang akan keluar dan akan mengakibatkan laptop overheat. Untuk itu sebisa mungkin Anda mengoperasikan laptop di tempat yang datar atau bisa juga di atas meja belajar.

#4. Jauhkan Minuman Dari Laptop

Saat menggunakan laptop terlalu lama pasti akan merasakan lelah dan haus kan? Nah pastinya Anda selalu menyiapkan muniman di sebelah laptop. Apabila minuman tersebut tumpah di bagian keyboard atau bagian yang lainnya, maka akan berakiabat fatal terhadap keawetan laptop tersebut. Saya sarankan untuk menjauhkan minuman dari laptop agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

#5. Jauhkan Laptop Dari Anak Kecil

Apabila di lingkungan Anda banyak sekali anak kecil, maka lebih baik jauhkan perangkat laptop dari akan-anak tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Anak kecil pasti belum tahu apa itu laptop dan fungsinya untuk apa, dan semua benda pasti dianggap sebagai mainan kesayangannya.

#6. Batasi Penggunaan Laptop

Ketika Anda menggunakan laptop, sebaiknya batasi dalam penggunaannya karena jika terlalu lama digunakan maka laptop akan mudah panas. Laptop sangat beda dengan PC yang bisa digunakan 24 jam karena komponen dalam PC cenderung lebih kuat dibanding dengan laptop. Apabila laptop Anda overheat tentu akan sangat membahayakan komponen lainnya seperti hardisk, CPU, motherboard dan lainnya.

#7. Jangan Download Sembarangan

Bagi Anda yang sering menjelajahi internet pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya download, baik itu download aplikasi ataupun game. Jika ingin mndownload sebuah aplikasi maka kunjungilah situs resmi yang sudah disediakan dan jangan sekali-kali mengunjungi link atau situs yang tidak jelas, karena banyak sekali virus yang tersebar disana. Apabila laptop Anda telah terkena virus maka semua komponen akan ikut terganggu.

#8. Baterai Jangan Sampai 0%

Pemakaian laptop harus dilakukan secara wajar dan jangan sepele dengan yang namanya baterai. Karena baterai merupakan salah satu komponen laptop yang sangat dibutuhkan, tanpa baterai laptop masih bisa menyala namun tidak efektif. Pada saat penggunaan laptop, perhatikan baterai apakah masih banyak atau sudah habis. Pemakaian baterai normal yaitu minimal 30%. Apabila baterai sudah kurang dari 30% sebaiknya hentikan pemakaian dan charger terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar baterai tetap awet.

#9. Jangan Memakai Laptop Saat Lagi Ngecas

Bagi orang yang bekerja di kantoran pasti sering melupakan hal seperti ini. Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, dan akhirnya lupa bahwa saat penggunaan laptop sambil dicas. Apabila hal ini sering dilakukan pasti akan berakibat fatal bagi keawetan baterai. Baterai akan cepat rusak bahkan komponen lainnya akan terganggu juga.

#10. Jauhkan Laptop Dari Sinar Matahari

Komponen laptop mudah sekali rusak, apalagi jika digunakan diluar ruangan dan terkena cahaya matahari. Sebisa mungkin Anda memakai laptop di dalam ruangan yang memiliki suhu normal agar komponen laptop tetap terjaga dan awet.

Setelah membaca artikel diatas, saya harap Anda langsung mempraktekkannya sendiri dirumah. Karena jika Anda mempunyai laptop dan jarang diurus maka akan mudah lemot bahkan bisa rusak. Komponen laptop sangat rentan rusak, maka rawatlah laptop dengan baik dan hindari hal yang bisa membahayakan laptop.