Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Menghilangkan Embun Pada Lensa Kamera Smartphone

Komponen Hp yang paling sering disukai oleh semua orang yaitu kamera. Dimana jika kamera android yang dimilikinya berkualitas bagus, maka akan semakin percaya diri saat selfi di tempat wisata. Namun sering kali seseorang tidak memperhatikan kebersihan kameranya. Permasalahan yang terjadi yaitu terdapat embun pada lensa kamera yang membuat hasil jepretan kurnag maksimal. Permasalahan ini pasti sering dialami oleh semua pengguna Hp android. Dan apabila Anda mengalami permasalahan tersebut, maka akan kurang percaya diri saaf mengunggah fotonya di media sosial. Penyebab kamera berembun yaitu terkena air hujan dan bisa juga karena jarang dibersihkan.

Apabila kamera Hp Anda berembun, tidak usah panik atau cemas karena permasalahan tersebut bisa diatasi dengan sangat mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan embun pada kamera Hp dan cara ini telah direkomendasikan oleh beberapa orang yang telah mengalami yang serupa.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera Hp

5 Cara Menghilangkan Embun Pada Lensa Kamera Smartphone

1. Sinar Matahari

Cara ini sering dilakukan kebanyakan orang dan sudah terbukti berhasil. Anda hanya perlu meletakkan Hp di dalam plastik, lalu jemur Hp di bawah sinar matahari secara langsung. Namun dalam menjermur Hp tidak boleh terlalu lama karena bisa membuat kamera Hp jari kotor. Jemur Hp kurang lebih 15 menit setelah itu bersihkan kamera dengan menggunakan kapas.

2. Silica Gel

Cara menghilangkan embuh pada kamera yang selanjunya yaitu dengan menggunakan silica gel. Biasanya Anda menemukan silica gel ini pada saat membeli sepatu baru. Fungsi dari silica gel ini yaitu untuk menjaga kondisi sepatu akan tetap bagus dan kering. Dari fungsi tersbeut, maka Anda bisa memanfaatkan silica gel ini untuk menghilangkan embun pada lensa kamera Hp. Caranya sangat mudah, Anda cukup menyiapkan sebuah wadah, lalu taburkan silica gel secukupnya ke dalam wadah tersebut dan masukkan Hp yang lensa kameranya terdapat embun, setelah itu tutup wadah tersebut dan biarkan beberapa menit. Saat memasukkan Hp ke dalam wadah, pastikan Hp tersebut dalam keadaan mati.

3. Hair Dryer

Fungsi dari hair dryer yaitu untuk mengeringkan rambut yang basah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk menghilangkan embun pada kamera Hp. Cara menggunakannya yaitu nyalakan hair dryer tersebut dan lalu arahkan ke kamera Hp yang berembun. Namun pada saat melakukan pengeringan menggunakan hair dryer, Hp Anda harus sudah dimatikan.

4. Beras

Cara ini hampir sama dengan menggunakan silica gel, namun perbedaannya jika menggunakan beras akan lebih cepat menghilangkan embun pada kamera Hp. Caranya Anda cukup menyediakan wadah dan masukkan beras sampai setengahnya, lalu letakkan Hp di dalam wadah tersebut dan biarkan beberapa jam. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal maka bisa tunggu sampai 1 hari.

5. Lampu

Nah cara yang satu ini cukup mudah yaitu dengan menggunakan lampu untuk menghilangkan embun pada kamera Hp. Sebelum menyorotkan lampu ke lensa kamera alangkah baiknya Anda matikan dulu Hp tersebut, dan kalau bisa lepas baterainya. Setelah itu letakkan Hp telungkap tepat di bawah lampu, lalu arahkan lampu tersebut ke arah lensa kamera, dan tunggu sekitar 30 menit agar embun tersebut menguap.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan embun pada lensa kamera Hp. Semoga dengan mempraktekkan cara diatas bisa mengatasi permaslahan pada lensa kamera Anda. Untuk menghindari kamera dari embun, Anda bisa membungkusnya dengan kain bersih.