Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebih atau Overheat Dengan Mudah

Dari berbagai macam permasalahan laptop, yang paling ditakutkan yaitu laptop overheat atau panas belebihan. Akibat dari permaslahan ini yaitu laptop bisa mati dengan sendirinya dan terjadi kerusakan di berbagai komponen laptop terutama hardware. Apabila masalah ini tidak diatasi maka kualitas dan performa laptop akan semakin menurun bahkan tidak bisa digunakan lagi. Semua pekerjaan akan terganggu jika laptop yang Anda gunakan mengalami overheat. Untuk itu perlu penanganan khusus untuk memperbaiki masalah ini. Namun bagi Anda yang kurang paham tentang laptop, maka akan kebingungan bagaimana caranya memeprbaiki laptop yang overheat. 
 
Nah Anda tidak usah khawatir karena disini saya akan membagikan sedikit tips cara mengatasi laptop overheat dengan benar. Sebelum memutuskan untuk mengganti semua komponen laptop karena permasalahan overheat, sebaiknya Anda lakukan beberapa cara berikut ini dan cara ini sudah direkomendasikan oleh teknisi laptop yang handal. Berikut cara yang bisa langsung Anda praktekkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Overheat

9 Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebih atau Overheat Dengan Mudah

1. Dinginkan Laptop Sejenak

Bisa jadi laptop Anda overheat karena terlalu lama dalam mengunakannya. Tidak sedikit orang yang menggunakan laptop seharian penuh tanpa jeda. Jika hal ini masih saja dilakukan maka laptop akan mudah sekali panas secara berlebihan. Untuk itu pakailah laptop sewajarnya saja dan setelah selesai mengunakan laptop sebaiknya dinginkan laptop terlebih dahulu. Apabila ingin menggunakannya kembali tunggu sekitar 2-3 jam.

2. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan sebuah alat pendingin laptop yang banyak dijual di pasaran. Apabila laptop Anda mudah sekali panas maka saya sarankan memakai cooling pad agar suhu laptop tetap terjaga. Alat pendingi ini sudah terbukti aman untuk mengatur suhu laptop agar tetap aman.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan sirkulasi udara pada laptop tersebut. Anda bisa menambahkan kipas eksternal laptop yang kini sudah banyak tersedia di toko laptop. Dengan menggunakan kipas eksternal maka surkulasi udara pada laptop akan tetap lancar dan tidak terjadi masalah yang serius. Biasanya penyebab laptop overheat yaitu terdapat debu yang masuk atau bisa juga kondisi laptop yang kurang baik.

4. Bersihkan Virus di Laptop

Komponen terpenting dalam laptop yaitu prosesor. Apabila virus menyebar di laptop maka kinerja processor akan semakin meningkat dan jika terlalu berlebihan akan menurunkan performa laptop tersebut, bahkan bisa mengalami overheat. Untuk itu, bersihkan virus di laptop secara rutin menggunakan aplikasi antivirus. Jika laptop tidak ada virus, maka kinerja processor akan semakin lancar dan suhu laptop normal kembali.

5. Gunakan Program Utility

Banyak jenis program utility yang sering menawarkan dalam pemantauan perangkat keras atau hardware. Ketika Anda memakai program ini maka apabila laptop sudah mulai panas akan terdapat notifikasi untuk memperbaikinya. Dengan menggunakan bantuan program utility memang tidak sepenuhnya bisa mengatasi laptop overheat, namun setidaknya jika ada notifikasi peringatan suhu laptop, Anda bisa mengatasinya dengan tindakan yang terbaik.

6. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Hal yang paling berbahaya yaitu memakai laptop di atas kasur. Laptop akan mudah panas jika pemakaian dilakukan di atas kasur karena bagian kipas laptop akan tertutup dan otomatis sirkulasi udara tidak lancar dan akan mengakibatkan laptop overheat. Sebelum laptop Anda mengalami overheat, maka sebaiknya pakailah laptop di tempat yang datar seperti di meja.

7. Periksa Kinerja Fan

Nah penyebab laptop panas yang biasa dialami yaitu fan laptop atau kipas pendingin sudah tidak normal lagi. Apabila fan laptop sudah tidak normal maka akan mengalami overheat yang ditandai dengan putaran fan yang cukup kencang ditambah dengan dengungan kecil. Jika laptop Anda memiliki permasalahan pada bagian kipas pendingin, alangkah baiknya ganti kipas pendingin tersebut dengan yang baru atau juga bisa menggunakan cooling pad.

8. Instal Aplikasi dan Sistem Operasi Yang Ringan

Apabila laptop Anda memiliki spek yang rendah maka sebaiknya installah aplikasi yang ringan. Selain itu gunakan saja sistem operasi windows 7, karena sistem operasi tersebut sangat ringan dan mudah untuk digunakan di berbagai macam laptop/komputer. Namun bila Anda menginginkan yang lebih ringan lagi, bisa menggunakan Linux karena selain mudah digunakan, OS Linux ini lebih ringan daripada windows.

9. Bersihkan Kipas Dari Debu

Tidak ada salahnya jika setelah memakai laptop Anda bersihkan di bagian kipas. Apabila kipas laptop terdapat banyak sekali debu dan kotoran maka akan mudah sekali panas atau overheat. Caranya yaitu Anda bisa membongkar laptop dan bersihkan di bagian kipas dan jika perlu bersihkan jika di bagian  ventilasi supaya sirkulasi udara yang masuk tidak terhambat.

Nah itu dia cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop panas berlebihan atau overheat. Apabila laptop sudah tidak bisa ditangani sendiri, maka Anda bisa membawanya ke tempat service agar segara diperbaiki oleh teknisi.