Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Smartphone

Pada dasarnya ruang penyimpanan pada perangkat merupakan hal yang paling penting. Semakin besar kapasitas penyimpanan, maka akan semakin leluasa untuk mendownload berbagai macam aplikasi atau game lainnya. Namun, ada juga perangkat dengan kapastias penyimpanan besar tetapi pada saat mendownload aplikasi di Playstore terdapat peringatan "Ruang penyimpanan hampir habis". Hal tersebut biasanya dialami oleh semua penggun smartphone berbagai merek. Permasalahan tersebut pasti disebabkan oleh beberapa hal diantaraya cache menumpuk, terlalu banyak aplikasi yang diinstal, dan penyimpanan hanya dilakukan di memori internal saja.

Semua orang pasti akan merasa kesal dengan kondisi smartphonenya yang seperti itu. Apalagi jika yag diinstal merupakan aplikasi yang penting pasti tidak akan mau menghapusnya. Namun disini saya akan membagikan sedikit tips cara mengatasi ruang penyimpanan cepat habis yang bisa langsung Anda terapkan.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Cepat Penuh

7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Smartphone

1. Cek Memori Internal

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus melakukan pengecekan pada penyimpanan memori internal. Bagi Anda yang sering menginstal banyak aplikasi maka secara otomatis penyimpanan internal akan cepat penuh. File-file seperti foto, video, musik itu akan berpengaruh terhadap ruang penyimpanan internal. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghapus file-file tersebut atau juga bisa dipindah di flashdisk.

2. Gunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan oleh semua pengguna smartphone, karena memiliki fitur yang canggih yaitu bisa membersihkan sampai atau cache dan juga bisa mengatasi virus yang ada di perangkat. Dengan menggunakan aplikasi cleaner ini, Anda tidak perlu bingung dengan ruang penyimpanan yang cepat penuh, karena sudah diatur sedemikian rupa agar perangkat android bisa berjalan dengan lancar.

3. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Nah ini yang paling sering dilakukan oleh pengguna android, yaitu sering menginstal berbagai macam aplikasi di Playstore. Kini Playstore sudah menyediakan banyak sekali aplikasi multifungsi yang membuat semua orang ingin mendownloadnya. Apabila penyimpanan di perangkat Anda sudah mulai penuh, maka hapuslah aplikasi yang tidak pernah digunakan.

4. Hapus Cache

Langkah selanjutnya yaitu menghapus cache di Hp android. Apabila perangkat terlalu banyak cache maka semua aplikasi akan terasa lambat dan ruang penyimpanan pun cepat penuh. Untuk itu bersihkan cache secara rutin, dan alangkah baiknya Anda membersihkan cache sehabis menggunakan aplikasi yang dijalankan.

5. Pindahkan Semua File di Kartu Memori

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh yaitu dengan memindahkan semua data/file dari Hp android ke kartu memori. Biasanya yang sering dipindahkan yaitu foro, video, musik dan aplikasi yang berukuran besar. Gunakanlah kartu memori dengan kapasitas yang besar agar bisa memuat banyak file.

6. Gunakan Aplikasi Keamanan

Bagi Anda pengguna Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi keamanan sebenarnya hampir sama dengan cleaner, yang intinya berfungsi untuk melindungi perangkat dari virus dan membersihkan semua data yang tidak penting.

7. Reset Hp Android

Cara terakhir untuk mengatasi penyimpanan cepat penuh yaitu dengan mereset atau mengembalikan sistem android seperti semula. Cara ini sangat beresiko yaitu semua data akan hilang dan sebaiknya sebelum mereset perangkat, Anda pindahkan dulu semua data/file penting agar tidak hilang.

Cara diatas bisa dilakukan di semua merek Hp android dan apabila terdapat beberapa perbedaan Anda bisa menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan. Inti dari permasalahan diatas yaitu permasalahan pada ruang penyimpanan perangkat yan disebabkan karena terlalu banyak menginstal aplikasi dan membuat memori internal penuh. Apabila Anda mengalami hal yang sama, silahkan praktekkan cara yang saya bagikan diatas, semoga bisa membantu.