Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mengatasi Jaringan WiFi Indihome Lemot Agar kembali Lancar

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan internet mulai dari bermain game online hingga berbisnis online pasti menggunakan internet. Nah apabila menggunakan internet pastinya membutuhkan sebuah jaringan yang bisa menghubungkan perangkat dengan internet. Salah satu jaringan yang selalu digunakan yaitu wifi indihome. Kenapa menggunakan wifi indihome? Karena selain harganya yang murah, jaringan wifi ini sangat cepat dan banyak diminati oleh banyak orang terutama yang kesehariannya berhubungan dengan internet. Wifi sudah menjadi andalan semua orang dalam menjelajahi internet, namun ada kalanya jaringan wifi tersebut mengalami gangguan seperti lemot dan sulit untuk mengakses internet.

Penyebab dari masalah tersebut diantaranya yaitu modem rusak, fiber optik rusak, gangguan teknis atau bisa jadi belum bayar tagihan wifi. Apabila Anda semua mengalami masalah tersebut, tenang saja karena internet dari wifi indihome bisa dipercepat. Yang dimaksud mempercepat jaringan wifi indohome yaitu bukan menambah yang tadinya 10 MB menjadi 20 MB, tetapi dengan cara menstabilkan koneksi atau meningkatkan performa dari wifi tersebut sehingga akan lebih lancar dalam mengakses internet.

Pasti Anda semua sudah tahu kan kalau indihome merupakan salah satu layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia yang memiliki cakupan seperti  tv kabel, telepon rumah dan tentunya jaringan internet. Selain indihome, ada juga berbagai macam layanan jaringan internet yang sudah digunakan oleh sebagian orang seperti My Republic, Biznet dan masih banyak lagi. Nah apabila Anda memakai jaringan internet indihome dan sering mengalami lemot, pasti hal ini akan sangat menyebalkan dan membuat tidak nyaman ketika mengakses sebuah internet. Nah disini saya akan membagikan sedikit tips cara mengatasi indihome lemot.

Cara Mengatasi Jaringan WiFi Indihome Lemot

6 Cara Mengatasi Jaringan WiFi Indihome Lemot Agar kembali Lancar

1. Periksa Pengguna Jaringan Indihome

Salah satu hal yang menyebabkan jaringan wifi indihome lemot yaitu terlalu banyak pengguna yang menggunakan layanan tersebut. Apabila wifi tidak diberi password maka orang lain akan mudah sekali masuk dan ini akan menyebabkan jaringan wifi kurang stabil atau lemot. Apabila sudah diberi password dan masih saja terdapat perangkat yang tidak dikenal, maka Anda harus memblokir alamat IP dan MAC Address yang sedang digunakan. Untuk yang menggunakan Hp android, bisa menginstal salah satu aplikasi di Playstore yang berguna untuk melihat siapa saja yang tersambung ke jaringan wifi indihome.

2. Hindari Gangguan Sinyal

Agar wifi indihome tetap stabil maka Anda harus menghindari hal yang menyebabkan gangguan sinyal pada layanan wifi tersebut. Selain itu hindari memasang router di tempat yang tertutup, karena hal tersebut dapat menghambat sinyal untuk masuk ke perangkat. Usahakan memasang wifi di tempat yang mudah untuk digapai dan kalau suatu saat terjadi error mudah untuk diperbaiki.

3. Pastikan Router dan Semua Perangkat Berfungsi

Apabila router, kabel dan modem tidak berfungsi dengan baik atau mengalami gangguan, maka performa wifi indihome akan menurun bahkan tidak bisa digunakan kembali. Untuk itu, sebelum menggunakan jaringan wifi tersebut periksalah terlebih dahulu semua perangkat dan pastikan berfungsi dengan baik. Apabila Anda masih awam dalam menggunakan wifi, maka bisa menyuruh teman atau saudara untuk mengecek semua perangkat terutama router.

4. Perbarui Software Router

Dengan memperbarui software router secara rutin maka akan mempercepat jaringan wifi indihome dan tentunya meningkatkan performa dari wifi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memperbarui firmware router, yang nantinya akan berfungsi sebagai keamanan jaringan wifi dan bisa membuat jaringan wifi indohome lebih efisien. Untuk memperbarui router tersebut, maka Anda harus berkunjung ke browser dan ketikkan alamat IP router yang Anda gunakan. Disana Anda akan menerima pemberitahuan apakah harus ada pembaharuan atau tidak.

5. Menghapus Virus Dari Komputer

Penyebab umun dari internet lemot yaitu adanya virus di komputer. Apabila virus sudah menyebar ke komputer maka tidak hanya internet saja yang lemot, semua aplikasi yang sedang digunakan juga akan ikut lemot. Untuk mempercepat koneksi internet, maka Anda harus menghapus semua virus yang ada pada komputer dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Norton, AVG dan masih banyak kagi.

6. Gunakan VPN

VPN merupakan salah satu aplikasi yang sudah disediakan di Playstore dan berguna untuk mempercepat koneksi internet. Apabila koneksi wifi Anda mengalami lemot, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi VPN ini. Anda dapat memilih lokasi maka saja yang memiliki koneksi internet sangat cepat dan stabil. Bagi yang tinggal di Indonesia sebaiknya memilih server di Malaysia, Singapura atau negara yang dekat dengan Indonesia.

Nah itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jaringan wifi indihome yang lemot dan semga setelah mempraktekkan cara diatas jaringan wifi Anda semakin cepat dan stabil. Terima kasih