Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total Dengan Mudah

Hp android merupakan barang elektronik yang sudah sangat canggih, dan hampir semua orang menggunakan hp android. Tak bisa dipungkiri bahwa smartphone sangat rentan sekali terhadap kerusakan, baik itu dilakukan dengan sengaja maupun tidak disengaja. Semahal apapun hp android tersebut pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena cacat produksi, kelalaian pengguna, jatuh atau bisa juga terkena air. Masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian pengguna yaitu smartphone mati total.
 
Hal ini akan membuat para pengguna hp android merasa kesal dan pastinya bingung bagaimana cara memperbaikinya. Penyebab hp android mati total diantaranya konektor baterai berkarat, baterai kosong, overlock, hang, masuk ke dalam air dan software rusak. Apabila Anda mengalami hal seperti ini jangan panik, karena belum tentu smartphone android yang Anda pakai tersebut mengalami kerusakan. Anda bisa menggunakan beberapa trik berikut ini untuk memperbaiki hp android yang mati total.

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total

4 Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total Dengan Mudah

1. Cas Smartphone

Hal pertama yang harus dilakukan saat hp android mati total yaitu dengan cara mencharger hp tersebut. Bisa jadi hp mati total dikarenakan kehabisan baterai. Ada beberapa hp android yang sering rewel, contohnya kemaren bisa dicas akan tetapi sekarang tidak bisa. Bahkan ada juga pengguna yang sering lalai tidak mengecas hp android sampai beberapa hari, tentu hal ini akan membuat sistem pada hp android terhenti dan akan sangat sulit untuk dinyalakan. Apabila Anda mengalami hal seperti ini, maka cobalah mencharger hp tersebut dan tunggu beberapa jam, maka hp android akan menyala

2. Lepaskan Baterai

Masalah yang sering terjadi biasanya terletak pada baterai yang lowbat, biasanya smartphone akan terjebak pada proses booting yang sangat lama atau bootloop. Apabila Anda mengalami masalah ini, maka cobalah dengan melepas baterai samartphone. Tetapi untuk baterai tanam biasanya produsen telah menyediakan tombol khusus untuk memperbaikinya. Dengan melepas baterai secara paksa, maka Anda telah memutus sumber daya pada smartphone. Setelah melakukan cara ini, baisanya hp android akan kembali normal dan bisa booting dengan benar.

3. Factory Reset

Apabila smartphone yang Anda pakai kadang nyala kadang tidak, sering terjebak dalam booting atau bahkan mati total, kemungkinan hal ini disebabkan karena terdapat permasalahan pada perangkat lunak. Biasanya masalah ini terjadi setelah mengupdate android ke versi terbaru. Langkah yang ahrus dilakukan yaitu dengan cara melakukan factory reset yang bertujuan untuk menghilangkan atau menghapus semua data yang tersimpan dalam ponsel dan mengembalikannya seperti versi setelan pabrik. Hal ini harus segera dilakukan ketika smartphone memang sudah dalam keadaan tidak normal.

4. Bawa Ke Tempat Service

Hp mati total bisa disebabkan karena kelalaian pengguna dalam menaruh hp tersebut. Biasanya orang menaruh hp di kantong celana yang ketat. Hal ini akan menyeabkan hp android tertekan dan bisa merusak layar. Apabila terdapat kerusakan pada layar lcd maka Anda harus membawanya ke tukang service agar segera diperbaiki. Jadi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus teliti dalam menaruh smartphone. Jika Anda sedang dalam perjalanan, sebaiknya smartphone diletakkan di tas atau tempat yang longgar.

Saya pernah mengalami masalah seperti Hp mati total, dan setelah melakukan cara diatas alhasil Hp saya kembali normal seperti biasa. Apabila Anda mengalami hal yang sama dengan saya, tidak ada salahnya melakukan beberapa cara yang sudah saya bagikan.