Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot Dengan Sangat Mudah

Hp android merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat canggih karena memiliki berbagai macam fitur di dalamnya. Banyak orang yang menggunakan Hp android sebagai media untuk mengakses internet atau melakukan hal yang lainnya. Performanya yang sangat baik membuat penggunanya betah memakainya. Namun, apa yang terjadi jika Hp android yang Anda pakai sering ngelag atau lemot? Pasti semua orang kesal dengan permasalahan ini. Apalagi jika sudah dipakai bertahun-tahun pasti akan menurunkan kualitas dan performanya. Bukan hanya masalah usia saja yang menjadikan Hp android lemot. Cara pengguna dalam mengoperasikan menjadi hal yang paling penting. Maka dari itu, gunakanlah smartphone android dengan baik dan rawatlah secara rutin agar tetap awet dan bisa digunakan dengan normal. Adapun beberapa penyebab Hp android lemot yang sering terjadi diantaranya :
  • Hp android bisa lemot dikarenakan update sistem tidak teratur atau bahkan tidak pernah diupdate
  • Penyimpanan internal yang sudah mulai penuh dan RAM mengalami degradasi
  • Kinerja baterai yang sudah mulai menurun
  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan tidak sebanding dengan kapasitas RAM
Setelah mengetahui beberapa penyebab smartphone lemot, maka Anda pasti penasarankan bagaimana caranya agar Hp yang Anda pakai bisa kembali lancar dan tidak terdapat masalah. Tenang saja, apabila Anda mengalami masalah seperti ini jangan langsung membeli Hp android baru, coba perbaiki dulu siapa tahu bisa kembali normal. Nah disini saya akan membagikan tips dan trik cara mengatasi smartphone android lemot.

Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

7 Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot Dengan Sangat Mudah

1. Perhatikan Jumlah Memori

Hp android lemot biasanya disebabkan karena terlalu banyak aplikasi atau file-file besar yang tersimpan di memori internal. Bagi Anda yang memiliki Hp dengan ukuran RAM kecil, maka sebaiknya jangan terlalu sering menginstal banyak aplikasi karena hal ini dapat menyebabkan Hp lemot dan bikin emosi. Jangan berpatok pada RAM saja, namun harus memperhatikan jumlah penyimpanan di memori internal. Bisa jadi Hp yang memiliki ukuran RAM yang besar tetapi memori internal kecil. Apabila memori internal kecil, maka Anda bisa memindahkan ke laptop atau media penyimpanan yang lainnya.

2. Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Saat ini terdapat berbagai macam aplikasi baru yang muncul di Playstore. Hal ini membuat para pengguna Hp android menjadi penasaran dan ingin cepat menginstalnya. Sebelum menginstal aplikasi di Playstore, Anda harus memperhatikan apakah aplikasi tersebut akan digunakan sesuai kebutuhakn atau tidak. Jika aplikasi tersebut bermanfaat dan akan digunakan maka tidak ada larangan untuk menginstal, tetapi jika aplikasi tersebut hanya digunakan sementara, maka tidak usah diinstal karena dengan menginstal aplikasi yang tidak berguna hanya akan membuat memori internal penuh dan Hp android otomatis akan mudah lemot.

3. Gunakanlah Satu Aplikasi Antivirus

Setiap Hp android pasti terdapat aplikasi antivirus yang berguna untuk membersihkan atau melindungi smartphone dari virus yang akan masuk. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda tidak usah kawatir lagi Hp android yang Anda pakai akan terkena virus. Namun banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi antivirus lebih dari satu, dan tentu akan membuat memori penyimpanan menjadi penuh. Apabila aplikasi antivirus berjalan bersamaan maka RAM akan menjadi boros dan tentunya kinerja Hp android menurun.

4. Update Software Secara Rutin

Apabila di Hp Anda terdapat notifikasi perintah untuk mengupdate software, maka segeralah lakukan instruksi tersebut karena dengan mengupdate software akan meningkatkan kinerja sistem android. Namun, Anda harus selalu perhatikan kapastias penyimpanan. Biasanya jika Hp android sering update software, memori internal tidak cukup.

5. Bersihkan Cache

Cache merupakan sebuah penyimpanan sementara data dari aplikasi yang sudah digunakan atau yang sedang digunakan. Apabila cache di Hp android menumpuk akan menyebabkan smartphone menjadi lemot. Untuk itu, bersihkan cache jika dirasa sudah mulai penuh untuk mengurangi lemot pada Hp android.

6. Kurangi Widget Yang Tidak Penting

Hp android memang menyediakan fitur yang sangat canggih salah satunya widget. Dengan menggunakan widget maka tampilan smartphone Anda akan terlihat menarik dan enak untuk dipandang. Namun dengan menggunakan widget secara berlebihan akan membuat Hp android lemot juga lho. Ternyata widget akan memakan RAM cukup besar dan sebaiknya gunakanlah widget yang dirasa penting saja.

7. Instal Aplikasi Serbaguna

Daripada Anda menginstal aplikasi yang tidak penting, lebih baik instal aplikasi serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang bisa mendukung performa Hp android. Salah satu aplikasi serbaguna yang harus Anda instal yaitu Clean Master. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang sangat canggih dan bisa untuk mengatasi Hp android yang lemot. Apabila memori internal di smartphone Anda sudah penuh, maka aplikasi ini akan memberikan informasi dan bahkan bisa segera mengatasinya.

Dalam penggunaan smartphone, maka Anda harus pandai mengatur kapasitas penyimpanan internal. Apabila Anda dalam penggunaan Hp android bijak, maka performanya akan tetap baik dan tidak akan lemot. Dan apabila smartphone Anda lemot maka ikutilah beberapa cara mengatasi smartphone lemot yang sudah saya bagikan diatas.