Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop/PC

Semua orang yang sering menjelajahi internet pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi google chrome. Nah aplikasi chrome ini merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk menjelajahi internet yang sering digunakan oleh semua orang. Ada banyak aplikasi yang berguna untuk mengakses internet yaitu mozilla firefox, safari, explorer dan tentunya google chrome yang sudah sangat familiar. Selain mudah digunakan, google chrome juga memiliki tampilan menarik yang membuat para pengguna semakin betah ketika mengakses aplikasi ini. Namun apa yang terjadi ketika Anda ingin mengakses internet dan google chrome error/tidak bisa dibuka. Pasti akan sangat kesal kan. Nah Anda tidak usah khawatir karena permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Masalah error pada google chrome tentu akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Anda pasti merasa tidak nyaman dengan google chrome yang sering lag bahkan bisa keluar dengan sendirinya. Penyebab dari permasalah tersebut yaitu aplikasi google chrome sudah terlalu lama/tidak pernah diperbarui dan cache atau sampah google chrome sudah penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut coba Anda lakukan beberapa cara dibawah ini agar browser chrome bisa digunakan lagi.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop/PC

1. Hapus Cache

Penyebab chrome tidak bisa dibuka yaitu terlalu banyaknya data cache yang tersimpan. Untuk itu bersihkan cache secara rutin minimal 2 hari sekali agar semua aplikasi yang terhubung dengan internet bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan yang berfungsi untuk membersihkan berbagai macam cache atau sampah. Jika aplikasi bawaan kurang memuaskan, Anda juga bisa mendownloadnya di situs resmi.

2. Menutup Semua Link di New Tab

Banyak pengguna chrome yang mengabaikan masalah ini yaitu mereka saat mematikan laptop/komputer lupa tidak menutup link di new tab pada chrome. Apabila hal ini dilakukan dalam waktu lama, maka akan menggangu sistem operasi pada komputer dan tentunya membuat aplikasi google chrome error/tidak bisa dibuka. Maka saya sarankan, jika Anda telah selesai memakai aplikasi chrome, maka tutuplah semua link di new tab agar tidak terjadi masalah yang serius.

3. Bersihkan Penelusuran Pencarian Web

Pastinya Anda sering mencari banyak informasi melalui chrome kan? Nah dibagian pencarian biasanya kata kunci yang Anda cari otomatis akan tersimpan, dan jika terlalu banyak pencarian maka akan membuat chrome tidak berjalan dengan lancar. Untuk itu hapuslah data penjelajah agar google chrome nyaman digunakan dan tidak lemot.

4. Jalankan Aplikasi Antivirus

Bis jadi google chrome tidak bisa dibuka dikarenakan terdapat virus yang telah menyebar. Virus memang sangat merugikan semua pengguna komputer/PC. Jika tidak segara diatasi, maka akan menyebar dan merugikan pengguna. Tidak hanya hardware saja yang terkena dampaknya, aplikasi lain juga bisa terkena virus terutama aplikasi yang berhubungan dengan internet.

5. Restart Komputer/PC

Apabila Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi di komputer maka lama kelamaan aplikasi tersebut akan sangat lambat dan tidak bisa dibuka seperti biasanya. Terlebih lagi jika Anda memakai komputer terlalu lama, maka yang terjadi yaitu terdapat gangguan di software ataupun hardware. Saya sarankan ketika google chrome tidak bisa dibuka, restartlah komputer yang Anda gunakan. Biasanya setelah komputer direstart maka semua aplikasi terutama google chrome akan normal kembali.

6. Update Google Chrome Ke Versi Baru

Aplikasi chrome yang tidak pernah diupdate maka akan sering terjadi masalah seperti lemot, lag atau tidak bisa membuka salah satu link. Biasanya apabila chrome sudah saatnya diupdate, pasti Anda akan mendapatkan notifikasi dan langsung saja update aplikasi tersebut agar Anda mendapatkan fitur-fitur menarik lainnya.

Saat google chrome tidak bisa dibuka maka semua aktifitas yang akan dilakukan pasti kacau semua. Apabila Anda semua mengalami hal seperti itu cobalah untuk membaca artikel diatas dan langsung segera dipraktekkan. Semoga cara yang saya bagikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua, terima kasih.