Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Baterai Tanam Smartphone Cepat Habis/Drop

Smartphone merupakan sebuah benda elektronik yang sudah didesain sangat canggih dan komponen yang paling penting yaitu baterai. Seiring perkembangan zaman kini hampir semua smartphone android menggunakan baterai tanam. Baterai tanam atau biasa disebut dengan baterai non-removable ini tidak bisa dilepas oleh penggunanya. Namun seringkali sebagian orang mengeluhkan tentang permasalahan yang terjadi pada baterai non-removable ini yaitu baterai cepat habis atau boros. Jika menggunakan baterai removable maka ketika smartphone borios bisa langsung menggantinya dengan baterai yang baru. Nah ketika smartphone yang Anda gunakan menggunakan baterai tanam dan lantas bagaimana cara mengatasinya jika baterai tanam tersebut boros atau daya cepat sekali habis.

Smartphone keluaran baru memang didesain menggunakan baterai non-removable/baterai tanam, karena selain simpel baterai tanam cenderung lebih awet dibanding baterai removable. Namun masih saja ada smartphone baterai tanam yang sangat boros. Nah jika permasalahan tersebut sedang Ada alami sekarang, maka tidak usah khawatir dan masalah tersebut bisa Anda atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Boros atau Cepat Ngedrop

7 Cara Mengatasi Baterai Tanam Smartphone Cepat Habis/Drop

1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game

Masalah pertama yang paling banyak ditemui yaitu penggunaan smartphone yang berlebihan terutama bagi anak kecil yang menggunakannya untuk bermain game. Mereka bisa menggunakan smartphonenya seharian penuh demi bermain game kesayangannya. Apabila hal ini masih dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka baterai smartphone akan mudah boros terlebih baterai tersebut berjenis non-removable.

2. Atur Kecerahan Layar

Cara ini bisa dibilang sangan simpel namun banyak orang yang menyepelekannya. Mereka sering menyalakan mode Auto-Brightness dan mode tersebut bisa menguras baterai lebih cepat. Untuk itu aturlah kecerahan layar pada mode rendah atau sesuaikan dengan cahaya di sekitar Anda agar baterai tetap awet.

3. Hapus Aplikasi Penguras Baterai

Kini Playstore sudah menyediakn berbagai macam aplikasi yang bisa Anda download dan bisa menjalankannya sesuai keinginan. Namun Anda harus tetap waspada karena saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa menguras baterai smartphone. Untuk mengatasinya, Anda harus membuka menu settings>pilih baterai dan disitu Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang menguras baterai terlalu banyak. Setelah itu jika dirasa aplikasi tersebut tidak pernah digunakan, maka langsung saja uninstal.

4. Mengisi Baterai Sebelum Habis

Cara selanjutnya yaitu jangan sampai Anda membiarkan smartphone kehabisan baterai, kecuali jika Anda ingin melakukan kalibrasi maka baterai habis tidak masalah. Apabila daya baterai smartphone sudah dibawah 20%, maka hentikan pemakaian dan langsung melakukan charging.

5. Jangan Mengisi Baterai Berlebihan

Nah ini sering terjadi bahkan kebanyakan orang menggunakan smartphone sampai malam hari dan kemudian smartphone tersebut dicharger sampai pagi. Usahakan ketika mengisi baterai dan sudah mencapai 100% maka segera cabut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti baterai cepat drop bahkan bisa terjadi kebocoran baterai.

6. Gunakan Charger Original

Apabila baterai tanam pada smartphone Anda sudah mulai boros, maka perhatikan charger yang Anda gunakan ori atau tidak. Karena charger tidak ori tidak bisa menyuplai baterai secara sempurna sesuai dengan kapasitas baterai pada smartphone Anda. Untuk itu, pada saat mengisi baterai usahakan menggunakan charger original.

7. Jangan Meletakkan Smartphone Sembarangan

Sesudah menggunakan smartphone maka letakkan di tampat yang benar, karena jika Ada meletakkannya di dekat TV, kulkas atau benda elektronik lainnya maka suhu smarphone akan naik. Anda bisa menggunakan aplikasi cek temperatur untuk memonitoring suhu smartphone.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai tanam smartphone boros atau ngedrop. Apabila baterai smartphone Anda berjenis non-removable harus tetap berhati-hati dan gunakan ponsel dengan bijak. Karena jika baterai tanam rusak maka akan ribet dalam menanganinya.