Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Instal Aplikasi di Playstore

Bagi Anda pengguna android pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Playstore. Yak Playstore merupakan salah satu tempat untuk mendownload sebuah aplikasi di android. Anda bisa mencari berbagai macam aplikasi yang diinginkan di Playstore. Dibalik kelebihan tersbeut, ternyata ada beberapa orang yang mengeluhkan karena mengalami maslaah seperti tidak bisa menginstal aplikasi di Playstore padahal internet sudah lancar. Masalah seperti ini bisa juga dialami di berbagai merek Hp seperti Vivo, Xiaomi, Samsung, Oppo, Invinix dan lainnya.

Masalah yang umum dihadapi yaitu terdapat pop up yang bertuliskan " Ruang penyimpanan hampir habis, penyimpanan internal hampir penuh, penyimpanan tidak memadai " dan banyak masalah lainnya. Pasti Anda semua penasarankan kan apa saja penyebab Hp android tidak bisa menginstal aplikasi. Penyebab dari masalah tersebut yaitu memori internal dan RAM sudah penuh, sering instal dan uninstal aplikasi, dan sistem android tidak mendukung.

Nah setelah mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut, selanjutnya pasti Anda ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Hp android bisa kembali menginstal aplikasi di Playstore.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi

7 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Instal Aplikasi di Playstore 

1. Hapus Cache

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membersihkan cache yang menumpuk di Hp android. Dengan menghapus cache maka siatem android akan berjalan dengan lancar dan ringan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan cache tersebut. Setelah menghapus cache, maka lihat perbedaannya pasti Hp android akan semakin lancar saat digunakan.

2. Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Apabila aplikasi di Hp android terlalu banyak dan tidak digunakan maka akan memperlanmbat kinerja sistem operasi. Selain itu dengan menghapus aplikasi yang tidak dipakai maka akan menghemat penyimpanan pada memori internal.

3. Berikan Izin Pada Aplikasi

Apabila Anda ingin menginstal aplikasi maka Anda harus melakukan izin pada aplikasi tersebut agar bisa digunakan, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin menginstal aplikasi diluar Playstore. Memberikan izin pada aplikasi di setiap Hp android pasti berbeda-beda, tinggal Anda sesuaikan dengan merek Hp yang Anda gunakan.

4. Bersihkan Memori Internal

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan memori internal. Membersihkan memori internal hampir sama dengan menghapus cache, nah bedanya yaitu kalau membersihkan memori internal bisa menggunakan aplikasi bawaan dari android dan cara ini lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

5. Hentikan Playstore Secara Paksa

Apabila Anda tidak bisa menginstal aplikasi di Playstore, bisa jadi sistem dari google Playstore di Hp Anda yang error. Untuk mengatasinya agar bisa kembali normal yaitu dengan menghentikan Playstore secara paksa. Caranya yaitu Anda masuk ke menu settings>aplikasi terinstal>google Playstore>hentikan aplikasi.

6. Hapus Data Google Playstore

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal membuat data google Playstore semakin menumpuk dan untuk mengatasinya Anda harus file cache atau bisa jug dengan menghapus data aplikasi. Google Playstore sering kali memiliki masalah saat mendownload aplikasi dan ini pasti sudah sering dialami oleh semua pengguna android.

7. Reset Hp Android

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu dengan mereset ulang sistem android. Dengan melakukan cara ini maka Hp android yang Anda gunakan akan kembali seperti setelah pabrik. Apabila smartphone sudah direset ulang, maka semua data akan hilang dan pasti sistem android akan normal kembali.

Apabila Anda sering menginstal aplikasi di Playstore dan mengalami suatu permasalahan yaitu tidak bisa menginstal, maka Anda bisa mengikuti cara diatas agar bisa normal kembali. Semoga artikel yang saya bagikan diatas bisa bermanfaat bagi And