Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Agar Tidak Lemot

Setiap komputer atau laptop pasti akan menggunakan yang namanya sistem operasi yang nantinya berguna untuk mendukung proses penggunaan dan juga bisa untuk mengontrol beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Sistem operasi yang sering digunakan yaitu  windows 10. Windows ini memiliki fitur yang sangat canggih dan lebih unggul dibanding dengan sistem operasi di bawahnya. Dengan adanya fitur yang berkualitas, membuat windows 10 ini sangat nyaman digunakan. Namun, dibalik kelebihan tersebut ternyata banyak juga pengguna windows 10 yang mengeluhkan beberapa masalah yang sering terjadi yaitu booting yang lambat.

Apabila booting windows 10 lemot, pasti terdapat beberapa masalah yang terjadi di laptop atau komputer. Memperbaiki booting windows menjadi salah satu kewajiban semua pengguna windows 10 ini untuk meningkatkan performa dan menjadikan windows 10 ini tidak lemot. Jika Anda pengguna windows 10 dan mengalami masalah seperti booting lemot, maka saya akan membagikan beberapa tips dan trik cara mempercepat windows 10 dengan benar.

Saya pernah mengalami permasalahan dimana windows 10 yang saya gunakan lemot, dan setelah mempraktekkan beberapa cara yang direkomendasikan oleh teknisi komputer, maka windows 10 yang saya gunakan menjadi normal kembali dan tidak lagi terdapat masalah. Berikut beberapa cara mempercepat windows 10 yang bisa Anda lakukan.

Cara Mempercepat Booting Windws 10

6 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Agar Tidak Lemot

1. Bersihkan Komputer Dengan Aplikasi Cleaner

Untuk mempercepat booting pada windows 10, maka langkah awal yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menggunakan aplikasi cleaner yang berguna untuk membersihkan berbagai macam cache yang tidak berguna. Aplikasi cleaner ini bisa membersihkan semua file sampah secara otomatis. Anda harus membersihkan cache secara rutin untuk mengurangi lemot pada windows dan bisa meningkatkan performa windows 10. Apabila Anda jarang membersihkan file sampah, maka hardisk akan cepat penuh dan bisa membuat windows lemot.

2. Matikan Program Yang Tidak Digunakan

Pada saat komputer dinyalakan, maka secara otomatis program-program yang aktif akan masuk ke desktop. Semakin banyak program yang aktif maka komputer akan menyala lebih lama dan ini salah satu penyebab kenapa windows sering lemot pada saat booting. Apabila program startup yang sedang aktif sangat banyak, maka kursor akan terus berputar-putar sangat lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu mematikan program startup yang tidak digunakan. Dan Anda perlu mengaktifkan beberapa program saja yang dirasa sangat penting.

3. Ubah Settingan Power Plan

Pengaturan power plan juga bisa mempengaruhi tingkat kecepatan booting windows 10 lho. Jika berada pada mode power saver plan maka performa windows akan mengalami penurunan. Untuk mempercepat booting windows 10 maka Anda harus mengatur power plan dengan tepat.

4. Jalankan Disk Cleanup

File atau data yang berukuran besar bisa menyebabkan booting windows 10 ini terasa lemot. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kapasitas penyimpanan jangan sampai penuh. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda cukup menjalankan fitur disk cleanup. Fungsi dari fitur disk cleanup diantaranya yaitu membersihkan berbagai macam file yang sudah tidak digunakan seperti cache, temporary file dan lainnya.

5. Upgrade RAM

RAM merupakan sebuah komponen yang sangat menentukan performa suatu laptop/komputer. Apabila laptop Anda memiliki RAM yang besar maka kinerjanya akan lebih baik dan tidak akan lemot. Selain itu juga bisa untuk menjalankan aplikasi atau menyimpan file dengan ukuran besar tanpa takut lemot. Apabila laptop Anda memiliki RAM yang kecil sementara aplikasi yang diguanakan sangat banyak dan berukuran besar, maka Anda perlu mengupdate RAM laptop tersebut. Anda bisa menggandakan RAM laptop, caranya apabila laptop Anda memiliki RAM 4GB maka belilah RAM dengan kapasitas 4GB, sehingga laptop Anda sekarang memiliki RAM sebesar 8GB. Dari ukuran RAM segitu sudah cukup untuk menyimpan berbagai macam file besar, dan tentunya harus selalu perhatikan kapasitas penyimpanan.

6. Update Windows

Cara yang tidak kalah penting dalam meningkatkan performa windows 10 yaitu dengan rajin mengupdate windows. Dengan melakukan update windows, maka semua fitur akan mengalami pembaharuan dan windows akan kembali normal. Apabila Anda sering lupa mengupdate windows, maka sebaiknya aktifkan mode windows update di laptop Anda. Dengan mengaktifkan mode windows update, maka Anda akan menerima pemberitahuan untuk segera mengupdate windows.

Apabila Anda pengguna windows 10 dan sering mengalami permasalahan yang sama, maka cobalah untuk melakukan beberapa cara diatas untuk mengatasi booting windows 10 yang lemot. Artikel diatas saya bagikan berdasarkan dari pengalaman saya sendiri dalam mengatasi booting windows 20 yang lemot, dan semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.