Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Macet/Tidak Bisa Berfungsi

Cara Memperbaiki Mouse Wireless Macet - Mouse merupakan salah satu perangkat keras sebagai input atau keluaran yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Fungsi mouse yaitu untuk menggerakkan kursor yang ada pada laptop atau komputer untuk mengakses sebuah aplikasi yang akan dijalankan. Ada 2 tipe  mouse yaitu mouse kabel dan mouse wireless. Nah kali ini yang akan saya bahas tentang mouse wireless yang banyak digunakan oleh semua orang. Selain mudah digunakan, mouse wireless tentu memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak kalah dengan mouse kabel. Dengan menggunakan mouse wireless, maka Anda tidak lagi ribet dengan kabel yang sering tergulung pada saat bermain game atau yang lainnya.

Seringkali pengguna mengeluhkan beberapa masalah yang terajdi pada mouse wireless yaitu mouse tidak berfungsi dengan baik, tidak bisa menggerakkan kursor dan tidak bisa diklik. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, maka otomatis akan menghambat semua pekerjaan yang akan dilakukan. Namun, Anda jangan tergesa-gesa untuk membeli mouse yang baru karena masalah tersebut masih bisa diatasi dengan mudah. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada mouse dan cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mouse wireless yang rusak.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mouse Wireless Macet

5 Cara Memperbaiki Mouse Wireless Macet/Tidak Bisa Berfungsi

1. Daya Baterai Lemah

Hal terpenting dalam mouse wireless yaitu baterai, karena tanpa baterai mouse wireless tidak akan bisa digunakan. Maka dari itu perhatikan daya baterai secara rutin, baik itu seminggu sekali ataupun 2 minggu sekali. Apabila mouse wireless sudah mulai lemot atau kursor bergerak lambat, maka segeralah ganti baterai dengan yang baru agar mouse bisa digunakan dengan baik.

2. Koneksi Bermasalah

Apabila dalam penggunaan mouse terjadi masalah seperti kursor di layar tidak merespon gerakan mouse, maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara memeriksa koneksi di bagian port USB komputer. Bisa jadi dalam memasang mouse wireless receiver kurang pas dan hal ini bisa menyebabkan pergerakan kursor kurang maksimal. Jika port USB bermasalah, maka segeralah pindahkan mouse wireless receiver ke port yang lain dan tentunya yang masih normal.

3. Terdapat Virus

Adanya virus pada laptop/komputer bisa menyebabkan mouse tidak berjalan dengan baik, seperti melombat sendiri, mengeklik sendiri bahkan mouse bisa mati total. Untuk itu, installah aplikasi antivirus untuk mengatasi virus yang menyebar di perangkat komputer agar mouse tidak terjadi masalah.

4. Kerusakan Pada Perangkat

Mouse merupakan suatu perangkat elektronik yang sangat rawan kerusakan. Apabila mouse digunakan dalam waktu yang lama maka kualitasnya akan menurun. Untuk mengatasi masalah seperti ini maka Anda harus mengganti mouse dengan yang baru yang banyak tersedia di berbagai toko elektronik. Pastikan Anda memilih mouse dengan kualitas yang baik agar tidak terjadi kerusakan lagi. Mouse yang terjual di pasaran harganya cukup beragam, biasanya dibandrol dengan harga 40 ribu-400ribu, tergantung jenis dan kualitas mouse itu sendiri.

5. Mouse Terjatuh Pecah

Masalah ini sudah menjadi hal yang sering dialami oleh sebagian orang, dan apabila mouse sering terjatuh maka potensi kerusakan akan semakin besar. Apabila mouse wireless jatuh, maka otomatis akan terjadi kerusakan pada hardware. Akan tetapi Anda belum merasakan dampaknya, dan baru bisa merasakan apabila mouse wireless tersebut sudah lama digunakan. Untuk itu, sebisa mungkin menggunakan mouse dengan baik dan berhati-hati agar tidak terjatuh.

Nah jika Anda memakai mouse wireless harus selalu berhati-hati dalam menggunakannya, karena mouse ini sangat rawan kerusakan. Dan apabila mouse Anda mengalami sedikit masalah, cobalah perhatikan beberapa masalah diatas dan semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi mouse wireless tidak bisa bergerak.