Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak/Tidak Berfungsi Normal

Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang sangat rawat terjadi kerusakan, karena komponen ini yang paling sering digunakan. Beberapa masalah yang terjadi yaitu keyboard tidak terbaca di laptop, keyboard mencet sendiri dan lainnya. Masalah tersebut banyak dialami oleh para penulis artikel karena mereka setiap hari pasti menggunakan keyboard untuk mengetik sebuah artikel. Untuk itu segeralah perbaiki apabila keyboard Anda mengalami masalah. Namun, pada saat memperbaiki keyboard Anda harus tahu terlebih dahulu penyebab dari permasalahan tersebut apakah rusak karena terkena air, terkena debu atau yang lainnya. Dan ada juga keyboard laptop yang rusak/tidak berfungsi secara tiba-tiba dan tanpa diketahui penyebabnya.

Bagaimanapun juga laptop merupakan komponen yang sering digunakan dan sangat rentan terhadap kerusakan. Nah apabila tombol keyboard di laptop Anda sudah mulai tidak berfungsi maka sebaiknya ikuti langkah berikut ini untuk memperbaikinya agar bisa digunakan kembali.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak

9 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak/Tidak Berfungsi Normal

1. Bersihkan Keyboard Dari Debu

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yaitu salah satunya terkena debu dan jika debu tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan terjadi maslaah pada tombol keyboard. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menyiapkan kuas untuk membersihkan sela-sela keyboard yang terkena debu. Selain itu Anda juga bisa memiringkan laptop 75 derajad untuk menyingkirkan debu yang menumpuk.

2. Lepas Baterai Laptop

Apabila keyboard Anda terjadi masalah, maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan mematikan laptop/shutdown. Setelah laptop mati maka lepas baterai dan diamkan beberapa saat. Setelah itu pasang kembali baterai laptop dan hidupkan laptop. Dengan melakukan cara ini baisanya keyboard laptop akan normal kembali.

3. Periksa Num Lock

Bisa jadi tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik karena Anda salah salam memencet salah satu tombol. Apabila tombol num lock aktif maka saat Anda menekan tombol lainnya tidak akan normal seperti baisanya dan akan berbeda dengan apa yang Anda pencet. Untuk itu Anda harus mematikan tombol num lock tersebut dengan cara menekan tombol Fn dan NumLk secara bersamaan. Apabila dengan menekan kedua tombol tersebut masih belum berhasil, maka Anda harus menghubungi customer support dari merek laptop yang Anda gunakan, agar masalah segera diatasi dengan baik.

4.Masalah Driver

Masalah pada keyboard yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi pengaturan driver yang kurang baik dan driver di laptop Anda tidak up-to-date atau bisa juga terdapat beberapa aplikasi yang menyebabkan keyboard laptop kurang responsif. Anda bisa mengeceknya apakah driver bekerja dengan baik atau tidak. Caranya yaitu klik start>control panel>klik system and security>lalu pilih device manager. Di menu device manager Anda akan diberikan beberapa pilihan yang berkaitan dengan hardware dan langsung saja pilih keyboard untuk memeriksanya.

5. Restart Laptop

Apabila Anda terus-terusan dalam mengunakan laptop maka data akan menumpuk dan sistem operasi laptop bisa terganggu. Selain itu akan terjadi masalah pada keyboard laptop seperti tombol tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu restartlah laptop agar semua masalah bisa diperbaiki dengan baik. Anda hanya perlu menekan tombol power beberapa detik hingga laptop mati.

6. Lakukan System Restore

Biasanya setelah selesai menginstal sebuah program/aplikasi maka akan terjadi masalah pada keyboard dan masalah ini hanya dialami oleh beberapa merek laptop saja. Untuk mengatasinya Anda perlu melakukan system restore dan cara melakukannya yaitu klik start>lalu ketik recovery.

7. Mengganti Keyboard Bawaan

Jika Anda seorang penulis dan laptop Anda mengalami permasalahan seperti keyboard tidak berfungsi maka langsung saja ganti keyboard bawaan laptop. Cara ini sangat efektif karena selain mudah juga prosesnya sangat cepat dan hasilnya pasti memuaskan. Untuk menggantinya Anda bisa mencarinya di toko komputer dan pilihlah keyboard dengan kualitas yang baik agar tidak cepat rusak.

8. Gunakan Keyboard USB

Nah ini yang biasa dilakukan apabila salah satu tombol pada keyboard laptop tidak berfungsi yaitu dengan menggunakan keyboard USB. Dengan menggunakan keyboard USB, Anda langsung bisa mengoperasikan laptop dengan baik. Keyboard USB ini banyak dujual di pasaran dan tentunya harganya sangat beragam kisaran 50-200 ribu tergantung kualitasnya.

9. Bawa Ke Tempat Service

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membawanya ke tempat service. Apabila laptop Anda masih terdapat garansi, maka bisa diperbaiki oleh teknisi secara gratis. Anda bisa membawanya ke tempat service yang sudah terpercaya agar semua masalah bisa diatasi dengan benar.

Permasalahan pada keyboard memang sudah tidak asing lagi dan banyak dialami oleh semua orang. Untuk itu bagi Anda yang mengalami masakah tersebut wajib tau bagaimana cara memperbaikinya. Apabila Anda tidak tahu cara mengatasinya, maka bisa membaca artikel saya diatas dan semoga bisa membantu Anda semua.