Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori MicroSD Yang Rusak (Tidak Terbaca)

Kartu SD merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam hp android terutama dalam proses penyimpanan. Kartu ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam file besar di Hp Anda. Apabila penyimpanan internal sudah penuh, maka bisa menambahkan memori eksternal yaitu dengan menggunakan kartu SD. Dan apabila Anda ingin menyimpan berbagai macam file dan tiba-tiba kartu SD tidak bisa terbaca atau rusak, maka hal ini pasti akan menjadi beban. Jika kartu SD rusak maka biasanya terdapat masalah seperti, foto yang tersimpan di galeri tiba-tiba hilang walaupun sudah tersimpan, terdapat notifikasi bahwa kartu SD mengalami error atau kerusakan, tidak dapat menambahkan atau menghapus beberapa file yang ada di SD card. Apabila

Apabila Anda mengalami masalah seperti diatas, tidak usah khawatir karena masalah tersebut masih bisa diatasi dengan baik. Disini saya akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kartu SD bisa digunakan untuk menyimpan file-file kembali dengan normal.

Cara Memperbaiki Kartu sd Yang Rusak

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori MicroSD Yang Rusak (Tidak Terbaca)

1. Bersihkan Kartu SD

Cara pertama yang harus dilakukan ketika kartu SD rusak yaitu dengan cara membersihkan kartu SD tersebut, bisa jadi kartu SD kotor atau tergores dan tidak bisa berjalan dengan lancar. Biasanya bagian yang sering terjadi kerusakan yaitu di bagian berwarna emas. Hal ini beisa terjadi apabila Anda sering melepas kartu memori dan tidak memperhatikan tata caranya atau bahkan Anda sering menaruhnya di sembarang tempat, alhasil kartu SD akan mudah tergores. Debu yang menempel di kartu memori tersebut bisa menyebabkan error atau tidak bisa terbaca di Hp atau PC. Untuk itu bersihkan kartu memori secara rutin dengan menggunakan tisue atau kapas.

2. Pasang Kartu SD di Hp Lain

Setelah membersihkan kartu SD maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan memasang kartu memori tersebut ke Hp lain. Apabila saat dipasang di perangkat lain bisa terbaca dan file-file lainnya bisa dibuka, maka sudah bisa dipastikan yang rusak bukanlah kartu SD, melainkan slot yang ada pada Hp pengguna.

3. Restart Smartphone

Kartu SD tidak bisa terbaca bisa jadi terdapat masalah pada sistem operasi pada smartphone. Apabila Anda sering mencharger Hp dalam waktu yang lama dan posisi Hp mati, maka saat dibuka pasti file-file akan terhapus dan tidak akan tersimpan di Hp tersebut. Apabila masalah tersebut terjadi, maka Anda bisa langsung merestartnya, lepas memori tersebut dan diamkan beberapa saat. Kemudian pasang kembali dan nyalakan Hp. Apabila tidak terdapat kerusakan pada kartu SD maka akan bisa terbaca kembali.

4. Memformat Melalui Hp Android

Apabila telah direstart dan masih terjadi error dan kartu SD tidak bisa terbaca maka Anda bisa langsung memformatnya melalui Hp android. Anda bisa masuk ke menu setting>storage, lalu klik erase SD Card. Setelah itu tunggu beberapa saat, dan jika kartu SD telah kosong maka Anda berhasil memformatnya.

5. Memformat Melalui PC/Komputer

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memformatnya melalui komputer. Caraya cukup mudah yaitu Anda tinggal menancapkan kartu memori di laptop/PC dan langsung membuat folder yang nantinya digunakan untuk back up data yang tidak terbaca tadi, setelah itu pindahkan semua data dari kartu memori ke folder yang sudah dibuat dan langsung format memori. Jika sudah diformat, kembalikan data tadi ke kartu memori tersebut, lalu eject kartu memori dari komputer dan Anda bisa mengeceknya apakah kartu SD sudah bisa terbaca atau belum.