Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Melindungi Jaringan WiFi Indihome Dari Hacker

Wifi merupakan sebuah layanan internet yang sangat diandalkan oleh semua orang karena selain kecepatannya yang stabil, saat ini juga banyak tempat-tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Contohnya di tempat wisata ataupun mall sudah banyak terpasang wifi gratis dan Anda bisa menikmatinya disana. Namun apabila Anda memakai komputer pastinya sulit untuk dibawa kemana-mana, dan mau tidak mau harus memasang wifi sendiri di rumah. Anda bisa memasang layanan wifi indihome yang sudah sangat familiar.

Dengan menggunakan jaringan wifi sendiri, Anda akan semakin bebas mengakses internet kapan saja tanpa dibatasi waktu. Namun ketika Anda memasang wifi sendiri di rumah harus tetap waspada, karena di zaman sekarang ini semakin banyak teknologi canggih yang membuat orang bisa dengan mudah membolol jaringan wifi Anda. Hanya dengan bermodalkan Hp dan salah satu aplikasi yang disediakan di Playstore saja, semua orang bisa menggunakan jaringan wifi walaupun diberi password.

Selain itu pemilik wifi juga sering menyepelekan dengan yang namanya password. Mereka membuat password yang masih berhubungan dengan dirinya seperti tanggal, tahun ataupun bulan lahir. Apabila menggunakan cara tersebut maka hacker akan sangat mudah membolol jaringan wifinya. Untuk menghindari hacker wifi maka Anda harus selalu waspada dengan cara mengecek password wifi secara rutin. Apabila Anda sudah menasang wifi indihome dan sering terjadi kasus hacker wifi, maka cobalah lakukan cara berikut ini agar masalah cepat terselesaikan dan jaringan wifi Anda tetap aman.

Cara Melindungi Jaringan WiFi Dari Hacker

5 Cara Melindungi Jaringan WiFi Indihome Dari Hacker

1. Ganti Password Yang Unik

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melindungi jaringan wifi agar tidak dibobol yaitu dengan cara mengganti password wifi dengan kata yang sulit ditebak. Anda bisa menambahkan beberapa karakter atau simbol di tengah atau dibelakang kata, contohnya zaman12@#tekno. Dengan menggunakan password tersebut maka, hacker akan sulit untuk menebak. Usahakan jika membuat password wifi jangan ada kaitannya dengan diri sendiri.

2. Matikan Fitur WPS

WPS merupakan salah satu fitur yang telah disediakan yang berguna untuk menyambungkan perangkat dengan jaringan wifi tanpa menggunakan password. Apabila fitur WPS ini masih aktif maka semua orang bisa dengan mudah menggunakan layanan wifi Anda. Walaupun Anda membuat password dengan kata yang sulit ditebak, sementara fitur WPS masih aktif maka hacker akan lebih mudah membobolnya. Terlebih sekarang banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui PIN WPS. Untuk itu matikan fitur ini agar jaringan wifi indihome Anda tetap aman.

3. Batasi Jangkauan WiFi

Apabila Anda menggunakan wifi indihome, sebaiknya letakkan didekat Anda misalnya di kamar atau ruang tamu. Hal ini bertujuan agar jaringan wifi tidak tersebar luas dan lebih aman dari serangan hacker. Apabila hacker masih bisa membobol wifi, maka sinyal akan jelek karena jangkauan wifi tidak luas.

4. Sembunyikan SSID Pada WiFi

Apabila Anda belum begitu pahan dengan jaringan wifi maka tidak disarankan melakukan cara ini, karena dengan menyembunyikan SSID wifi maka jaringan otomatis akan hilang dari publik dan Anda harus menambahkan kembali nama SSID wifi yang baru, dan memasukkan password. Setelah itu Anda baru dapat menggunakan jaringan wifi tersebut.

5. Gunakan Enkripsi WPA2

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mengamankan jaringa wifi yaitu dengan menggunakan enkripsi WPA2. Cara ini sangat dianjurkan bagi Anda yang jaringan wifinya sering dibobol orang lain. Dimana enkripsi ini memiliki keamanan yang sangat bagus dibandingkan dengan enkripsi WPE.

Bagi Anda yang sudah memasang wifi indihome sebaiknya selalu perhatikan keamanannya agar terhindar dari serangan hacker. Untuk melindungi jaringan wifi, Anda bisa mengikuti beberapa cara diatas. Cara diatas hanya sebagian saja yang sering digunakan oleh orang lain dan semoga bisa bermanfaat.