Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Macam Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

Perangkat komputer terdiri dari 2 macam yaitu perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (software). Macam-macam perangkat keras komputer sudah saya jelaskan sebelumnya, dan kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak komputer yang banyak digunakan oleh semua orang dan sudah berkembang pesat.

Apa itu softwrae? Software atau perangkat lunak merupakan sebuah sebuah perangkat digital yang tidak bisa dilihat secara fisik, namun Anda dapat mengoperasikannya dengan mengikuti semua perintah yang telah ditentukan. Bagi Anda pengguna komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ms.Excel, Ms.Word, Photoshop, Coreldraw dll. Itulah yang dinamakan dengan perangkat lunak atau biasa disebut dengan software. Semua komputer pasti menggunakan software dan jika komputer tersebut tidak dilengkapi dengan software, maka tidak dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan.
 
Untuk menunjang pekerjaan, maka Anda haruslah menginstal sebuah software yang akan dibuthhkan. Namun, biasanya jika Anda membeli komputer atau laptop baru akan diisi dengan software gratis. Dengan adanya software, maka pengguna bisa mengoperasikan komputer sesuai keinginan dan semua pekerjaan akan mudah dengan adanya software pada komputer.

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak fungsinya sama dengan perangkat keras komputer yaitu untuk menjalankan komputer sebagaimana mestinya. Tanpa kedua perangkat tersebut, maka komputer hanyalah benda mati yang tidak ada gunanya. Pasti Anda penasaran kan apa saja sih macam-macam perangkat lunak yang ada pada komputer. Agar tidak penasaran lagi, berikut beberapa macam perangkat lunak komputer yang biasa digunakan oleh orang lain.
7 Macam Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi

Operating System atau biasa disebut dengan sistem operasi yaitu sebuah perangkat lunak pada komputer yang  berguna mengendalaikan atau menghubungkan antara perangkat hardware dan software komputer yang lain. Sistem operasi juga merupakan sebuah piranti utama sebelum adanya perangkat lunak lainnya. Jenis perangkat lunak yang termasuk ke dalam golongan sistem operasi yaitu Mac, Android, windows, Linux, blackberry dan lainnya. Sistem operasi yang paling banyak digunakan yaitu windows. Karena jenis sistem operasi seperti ini mudah untuk digunakan dan hampir semua komputer atau laptop pasti diinstal sebuah windows.

2. Perangkat Lunak Browser

Perangkat lunak browser merupakan sebuah perangkat lunak pada komputer yang membantu pengguna untuk berselancar ke internet. Dengan menggunakan browser, maka Anda bisa mencari informasi yang sedang trending di internet dan bisa menggunakan browser ini sebagai alat untuk menjalin komunikasi dengan orang lain. Beberapa browser yang sering digunakan oleh semua orang antara lain Mozilla Firefox, Opera Mini, Google Crome Internet Explorer, Safari dan masih banyak lagi.

3. Microsoft Office

Microsoft office biasa disebut sebagai perangkat perkantoran, dimana fungsinya yaitu untuk mengolah berbagai macam hal yang dibutuhkan oleh pengguna. Aplikasi ini hampir terpasang di semua jenis laptop karena banyak ornag yang menggunakan microsoft office untuk memudahkan semua pekerjaan. Contoh microsoft office yang sering digunakan yaitu Ms.Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint. Ms.Word biasa digunakan untuk mengolah kata, Ms.Excel berguna untuk mengolah data berupa angka, sedangkan Ms.Powerpoint merupakan sebuah aplikasi microsoft yang berguna untuk data presentasi. Jika Anda seorang mahasiswa pasti sangat membutuhkan semua microsoft office tersebut karena sangat berguna dalam proses perkuliahan.

4. Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Bagi seorang designer pasti tidak asing lagi dengan perangkat lunak yang satu ini. Karena dalam dunia desain pasti semua orang membutuhkan perangkat lunak pengolah gambar untuk membantu menyelesaikan semua pekerjaannya. Beberapa perangkat lunak pengolah gambar yang sering digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Paint, Adobe Ilustrator dll.

5. Perangkat Lunak Chatting

Perangkat lunak chatting merupakan sebuah perangkat lunak yang didesain untuk memudahkan seseorang berkomunikasi jarak jauh. Dengan menggunakan perangkat ini, maka Anda bisa bertukar informasi dengan keluarga maupun teman yang jaraknya berjauhan. Contoh perangkat lunak chatting yang sering digunaka yaitu WhatsApp, Facebook, LINE, Instagram dll.

6. Perangkat Lunak Pemutar Video

Komputer memang didesain untuk berbagai macam hal salah satunya yaitu untuk memutar film atau video. Apabila Anda jenuh setelah mengerjakan berbagai macam tugas atau pekerjaan kantor, maka tidak ada salahnya Anda menenangkan pikiran sejenak dengan cara menonton film atau video kesukaan. Ada banyak software bawaan windows yang bisa Anda gunakan untuk menonton video diantaranya GOM Player, Widows Media Player dan masih banyak lagi.

7. Perangkat Lunak Antivirus

Semua jenis laptop pasti terdapat aplikasi antivirus yang berguna untuk membersihkan semua virus atau malware yang ada di komputer tersebut agar komputer kembali normal. Virus yang sudah menyebar ke komputer maka semua aplikasi jika dijalankan akan terasa berat dan terkadang laptop akan mudah ngelag atau error. Nah dengan adanya perangkat lunak antivirus ini, maka sedikit demi sedikit akan membuat komputer semakin baik dari sebelumnya. Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus bawaan windows atau juga bisa mendownloadnya di situs tertentu. Salah satu aplikasi antivirus yang sering digunakan yaitu Smadav, karena aplikasi ini didesain menarik dan memiliki berbagai macam fitur yang lengkap.

Nah itulah beberapa macam perangkat lunak yang ada pada komputer. Sebenarnya ada banyak sekali perangkat lunak di komputer. Semoga dengan 7 macam perangkat lunak komputer diatas bisa menambah wawasan Anda tentang komputer.