Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet Beserta Fungsinya

Semua orang pasti sangat membutuhkan yang namanya internet. Namun seringkali tidak tahu perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses internet tersebut. Dalam mengakses internet pasti membutuhkan yang namanya perangkat keras agar dapat berjalan dengan lancar. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa dengan mengakses internet hanya membutuhkan sebuah komputer, smartphone dan laptop saja. Namun tidak hanya itu, ada berbagai macam perangkat keras yang berguna untuk mengakses internet.

Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet

Perangkat keras merupakan sebuah perangkat yang dapat dilihat secara fisik dan dapat dipegang dan dapat membantu pengguna atau user untuk mempermudah mengakses internet. Untuk itu, Anda harus tahu apa saja sih perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet. Berikut beberapa perangkat keras yang biasa digunakan untuk mengakses internet dan fungsinya :

7 Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet Beserta Fungsinya

1. Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat yang paling utama jika ingin mengakses internet. Tanpa komputer, Anda tidak akan bisa mengakses internet walaupun terdapat perangkat yang lainnya. Setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan ini sangat menentukan kinerja internet yang sedang dilakukan. Semakin bagus spesifikasi komputer yang digunakan, maka kinerja jaringan internet akan semakin lancar. Jika Anda seorang pekerja kantoran dan setiap harinya memerlukan internet, maka sebaiknya memilih komputer dengan spek tinggi.

2. Modem

Kepanjangan dari Modem yaitu Modulator Demodulator. Apabila Anda ingin menghubungkan PC atau komputer ke internet, maka Anda harus memerlukan sebuah modem sebagai media penghubungnya. Fungsi dari Modem sendiri yaitu untuk menerima sinyal dari Internet Service Prvider atau biasa disebut dengan ISP dan juga untuk membuat beberapa koneksi device ke jaringan internet.

3. Router

Perangkat keras yang paling penting dalam mengakses internet selanjutnya yaitu router. Fungsi dari router yaitu untuk menyalurkan koneksi internet melalui protocol. Selain itu router juga bisa media penghubung antara due buah LAN yang bertipe sama dan berbeda.

4. Server

Untuk mengakses internet pasti menggunakan yang namanya server. Server sendiri merupakan sebuah perangkat keras komputer yang disain sebagai pusat data. Tanpa server, Anda tidak akan bisa menemukan sebuah data apapun meskipun sudah terhubung ke jaringan tersebut. Selain itu, server juga menentukan kualitas dan kecepatan sebuah internet. Apabila server jauh dari lokasi, biasanya kecepatan dalam mengakses internet kurang optimal.

5. Port USB

Dalam mengoneksikan sebuah internet, peran port USB sangatlah penting. Dengan adanya port USB, maka pengguna dapat mengakses internet di komputer atau laptop dengan menggunakan USB stick modem. Fungsi port USB pada komputer yaitu sebagai media pendukung agar akses internet yang dilakukan berjalan dengan lancar.

6. Kabel Jaringan

Kabel jaringan memang sudah jarang dipakai, karena sekarang pasti semua orang menggunakan teknologi nirkabel yang lebih simpel dan mudah untuk digunakan. Namun, peran kabel jaringan tentu sangatlah penting dalam akses internet. Saat ini kabel jaringan banyak digunakan pada perkantoran atau rumah-rumah. Setiap ruang lingkup pasti menggunakan kabel jaringan yang berbeda-beda, dan jika Anda ingin menggunakan kabel tersebut maka pilihlah yang sesuai dengan lokasi yang Anda tempati.

7. Repeater

Fungsi dari repeater yaitu untuk menerima sinyal yang kemudiam memancarkan kembali sinyal tersebut agar kekuatannya sama dengan sinyal aslinya. Lebih jelasnya yaitu menguatkan sinyal supaya sinyal yang dikirim sama dengan sinyal aslinya.

Itulah 7 perangkat keras yang berfungsi untuk mengakses sebuah internet. Semoga dengan membaca artikel diatas bisa menambah wawasan Anda dan mengetahui apa saja perangkat yang digunakan untuk akses internet.