Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

12 Macam Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Komputer merupakan sebuah perangkat yang biasanya dipakai orang yang bekerja di kantor dan juga mahasiswa yang menggunakan komputer untuk berbaga macam hal seperti mengerjakan tugas serta mencari informasi di internet. Dengan menggunakan komputer, semua pekerjaan ataupun tugas bisa terselesaikan dengan baik. Bagi Anda pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perangkat keras atau biasa disebut dengan

Hardware. Hardware merupakan sebuah perangkat komputer dimana fungsinya yaitu untuk menjalankan sebuah perintah yang sudah diprogramkan terlebih dahulu dan dengan kata lain Hardware ini bisa disentuh, diraba dan dilihat secara fisik. Komputer tanpa Hardware pasti tidak dapat dijalankan dengan baik, dan komputer tanpa Software maka sistem komputer tidak dapat digunakan. Nah disini saya akan membahas macam-macam perangkat keras komputer atau Hardware.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

Nah kali ini saya akan membahas mengenai perangkat keras atau Hardware terlebih dahulu. Anda pasti penasaran kan apa saja sih perangkat keras yang terdapat pada komputer. Berikut beberapa perangat beras komputer yang wajib Anda ketahui :
12 Macam Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

1. Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan sebuah komponen yang terdapat pada komputer yang digunakan untuk menangani semua instruksi dari sebuah program yang telah diberikan. Banyak orang yang menyebut CPU sebagai otak atau pusat dari komputer. Tanpa sebuah CPU, komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Fungsi dari CPU sendiri yaitu untuk menerima instruksi yang telah diberikan dan mensinkronasi kinerja pada Software dan Hardware.

2. Keyboard

Keyboard merupakan sebuah perangkat keras komputer yang didalamnya terdapat huruf, simbol dan juga menu-menu lainnya yang sangat dalam pengoperasian komputer terutama dalam hal mengetik. Tanpa keyboard pasti orang akan kebingungan dalam menggunakan komputer, terlebih lagi jika yang menggunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas, pasti keyboard ini menjadi salah satu hal terpenting dalam pengoperasian. Fungsi dari keyboard sendiri yaitu untuk memasukkan atau menginputkan sebuah data berupa huruf, angka dan simbol lainnya yang dikirimkan ke CPU dan kemudian dirubah menjadi sinyal digital.

3. Monitor

Monitor merupakan sebuah perangkat eksternal atau perangkat keluaran yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar atau grafik sebagai informasi yang dapat dilihat dan dinikmati oleh semua orang.

4. Motherboard

Motherboard sangat berperan penting dalam sebuah komputer, tanpa Motherboard pasti komputer tersebut tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Motherboard bisa dikatakan sebagai tempat untuk menyimpan atau meletakkan semua komponen penting yang ada pada sistem, seperti slot RAM, VGA, USB, CPU dan masih banyak lagi. Bentuk Motherboard yaitu hampir mirip dengan papan sirkuit yang berfungsi sebagai media lali lintas data pada komputer.

5. Mouse

Mouse yaitu perangkat keras pengganti touchpad yang berfungsi untuk mengarahkan kursor ke arah sesuai dengan keinginan pengguna. Mouse yang biasa digunakan yaitu mouse USB dan mouse wireless, karena kedua mouse tersebut mudah untuk digunakan dan tidak ribet.

6. RAM (Random Access Memory)

Perangkat keras yang satu ini berbentuk hampir seperti chip dan berguna untuk tempat penyimpanan data sementara. Maksudnya ketika komputer dimatikan, otomatis data yang tersimpan akan hilang, kecuali komputer tersebut dalam keadaan hibernate, maka data yang tersimpan tidak akan hilang. Biasanya ukuran RAM berbeda-beda sesuai, dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

7. Hardisk (HDD)

Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk tempat penyimpanan. Jika RAM menyimpan data secara sementara, berbeda dengan Hardisk yang menyimpan data dari komputer secara permanen. Jadi, data yang tersimpan tidak akan hilang, kecuali pengguna tersebut menghapusnya secara sengaja.

8. Power Supply

Fungsi dari power supply yaitu untuk menyuplai tegangan atau daya ke komponen komputer yang lain seperti VGA, Processor, Motherboard dan masih banyak lagi. Adapun orang yang mengatakan bahwa fungsi lain dari Power Supply yaitu untuk mengubah tegangan AC menjai DC. Power Supply dibagi menjadi 2 jenis yaitu Power Supply ATX dan Power Supply AT.

9. VGA Card

Video Graphic Adapter atau biasa disebut dengan VGA merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang bertugas untuk mengolah data berupa grafik yang selajutnya akan ditampilkan oleh monitor.

10. Printer

Bagi Anda khususnya mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya printer. Printer merupakan perangkat output atau perangkat keluaran yang biasanya digunakan untuk mencetak hasil data berupa gambar dan tulisan berbentuk hardcopy. Selain itu, printer juga bisa untuk mencetak foto dengan berbagai ukuran.

11. Modem

Perangkat yang satu ini pastinya banyak digunakan seseorang untuk berselancar ke internet. Kepanjangan dari Modem sendiri yaitu Modulator Demodulator. Untuk menggunakan Modem biasanya orang memakai kartu perdana sesuai keinginan.

12. Speaker

Speaker merupakan sebuah perangkat keras komputer dan ini merupakan perangkat output atau keluaran. Fungsi dari speaker yaitu untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dari komputer berupa suara.
 
Itulah beberapa perangkat keras komputer yang bisa Anda paham. Perangkat diatas hanyak sebagain besar saja dan masih banyak perangkat keras kompiuter lainnya. Semoga dengan membaca artikel diatas, Anda bisa sedikit memahami tentang perangkat yang terdapat pada komputer.