Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp, Kamu Wajib Tau!

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp, Kamu Wajib Tau!
WhatAapp merupakan sebuah aplikasi chatting yang cukup populer di zaman sekarang ini, dan aplikasi ini bisa didownload  secara gratis di Playstore. Dulu aplikasi ini masih jarang yang menggunakan karena pihak WhatsApp belum menambah fitur-fitur menarik, sehingga mengurangi minat seseorang untuk menggunakannya. Awalnya sebagian orang terutama anak muda menggunakan aplikasi BBM sebagai aplikasi chatting andalan, dan semenjak aplikasi tersebut dihapus maka banyak orang yang beralih ke aplikasi WhatsApp ini. Sekarang aplikasi WA sudah memiliki banyak perubahan yang membuat orang nyaman dalam menggunakannya. Terlebih lagi terdapat fitur upload stori yang hampir sama seperti di Instagram.

Pengguna WhatsApp kini semakin banyak mulai dari anak-anak hingga lansia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namnya WhatsApp. Alasan orang menggunakan WhatsApp yaitu aplikasinya yang mudah digunakan serta terdapat fitur-fitur menarik di dalamnya. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini kuota tidak terkuras terlalu banyak karena WA termasuk dalam aplikasi yang hemat kuota. Jadi meskipun Anda chattingan seharian penuh, kuota Anda tidak akan habis. Namun sebagian orang hanya menggunakan aplikasi ini saja tanpa mengetahui apa itu kelebihan dan kekurangannya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa WhatsApp tidak ada kekurangannya sama sekali, padalah justru aplikasi ini terdapat kekurangan dan kelebihan. Apa saja itu? Mari Anda simak artikel berikut ini.

# Kelebihan WhatsApp

Berikut beberapa kelebihan aplikasi whatsapp yang jarang diketahui:

1. Mudah Digunakan

Aplikasi yang satu ini tergolong aplikasi yang mudah untuk digunakan daripada aplikasi chatting yang lainnya. Semua orang pasti tidak akan kesulitan ketika pertama kali menggunakan WA, karena untuk mendaftarnya hanya perlu menggunakan nomor Hp aktif dan juga fitur-fiturnya mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini sangat mudah digunakan di berbagai macam merek smartphone dan bahkan bisa digunakan di laptop.

2. Otomatis Melakukan Sinkronisasi

Kelebihan aplikasi WhatsApp selanjutnya yaitu langsung melakukan sinkronisasi. Jadi jika Anda baru saja menambahkan salah satu kontak di WhatsApp, Anda tidak perlu mensinkronkan terlebih dahulu, karena sudah secara otomatis sinkronisasi. Apabila, jika Anda ingin menghubungi nomer tujuan, maka langsung saja cari di kontak dan klik nama yang ingin Anda kirim pesan. Nah dengan adanya fitur ini menjadikan semua pengguna WhatsApp tidak usah repot-repot mensinkronkan satu-persau kontak yang ada.

3. Kustomisasi Yang Mudah

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi open-source yang memudahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi dengan apa yang diinginkan seperti mengubah nama, mengganti foto profil, memblokir kontak dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur ini semua pengguna WhatsApp bisa kreatif sesuai dengan keinginannya.

4. Terdapat Fitur Stories

Fitur ini hampir sama dengan di Instagram yaitu adanya stories yang berguna untuk menuliskan status pengguna, baik itu berupa teks maupaun video. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang sudah melihat stori yang Anda buat.

5. Terdapat Back Up Chat

Ketika Anda menggunakan WhatsApp dan melakukan chat dengan orang lain, tidak usah khawatir chat Anda akan hilang, karena disini WhatsApp sudah menyediakan fitur yang sangat luar biasa yaitu Back Up Chat. Dimana Anda bisa memback up pesan yang Anda inginkan, dan pesan tersebut tidak akan pernah hilang. Jika chat yang Anda lakukan sangat penting, maka lakukanlah back up chat atau mencadangkan chat agar tidak hilang dan bisa dibaca lagi di kemudian hari.

# Kekurangan WhatsApp

Semua aplikasi pasti memiliki kekurangan walaupun sedikit, salah satunya yaitu WhatsApp. Menurut beberapa orang aplikasi ini sangat sempurna dan tidak memiliki kekurangan satu pun. Namun ternyata aplikasi ini juga memiliki kekurangan seperti aplikasi chat yang lainnya. Berikut kekurangannya :

1. Volume Data Cukup Besar

Apabila Anda bergabung di sebuah grup WhatsApp pasti sebagian anggotanya ada yang mengirim sebuah foto ataupun video. Nah jika video tersebut berukuran besar dan Anda mendownloadnya maka kuota yang Anda pakai akan cepat habis. Untuk mengatasinya, Anda harus menonaktifkan fitur download secara otomatis agar tetap hemat kuota.

2. Emoticon Yang Kurang Menarik

Emoticon yang terdapat di aplikasi WhatsApp cenderung lebih membosankan. Berbeda dengan aplikasi lain seperti Line dan Telegram yang memiliki emot yang sangat menarik dan tidak membosankan. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini WhatsApp menghadirkan fitur berupa sticker dan animasi. Hal ini bisa menutupi kekurangan dari aplikasi WhatsApp di bagian emoticon.

3. Sering Melakukan Update Aplikasi

Tidak serikit pengguna WhatsApp yang mengeluhkan bahwa aplikasi ini sering kali meminta update dan waktunya pun sangat cepat. Memang semua aplikasi berbasis online harus diupdate untuk menghilangkan bug dan juga untuk mengganti fitur dengan yang terbaru. Jika smartphone Anda tidak memiliki kapasitas penyimpanan, maka dengan adanya update WhatsApp ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan karena bisa memakan memori banyak.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi WhatsApp yang jarang diketahui orang. Bagi Anda pengguna WhatsApp, maka harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya.