Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mudah Mengatasi Aplikasi LINE Lemot atau Ngelag

LINE merupakan sebuah aplikasi chat yang banyak digunakan oleh sebagian orang terutama anak muda. Karena LINE memiliki fitur yang canggih sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi jarak jauh. Anda dapat menggunakan LINE untuk mengirim pesan, video call bahkan bisa membuat grup. Namun ketika Anda sedang mengakses aplikasi ini dan tiba-tiba ngelag atau lemot pasti Anda akan kecewa dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab LINE lemot diantaranya cache atau data pada smartphone terlalu banyak dan ini bisa menyebabkan LINE lemot atau sulit untuk dibuka dan memori penyimpanan yang sudah penuh juga dapat menyebabkan beberapa aplikasi lemot. Namun disini Anda bisa mengikuti langkah berikut ini dengan benar agar masalah yang Anda alami bisa terselesaikan dengan baik.

Cara Mengatasi Aplikasi LINE Lemot atau Ngelag

7 Cara Mudah Mengatasi Aplikasi LINE Lemot atau Ngelag

1. Bersihkan Cache dan Data LINE

Cache merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara aplikasi yang sudah digunakan sebelumnya atau yang sedang digunakan. Apabila data cache terlalu menumpuk akan menyebakan beberapa aplikasi lemot bahkan tidak bisa dijalankan dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda harus memebrsihkan cache pada LINE supaya aplikasi bisa berjalan normal kembali. Cara menghapus cache untuk semua smartphone hampir sama, caranya yaitu dengan masuk ke settings>pilih aplikasi terinstal>pilih LINE dan hapus data cache.

2. Tutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Ketika beberapa aplikasi di android berjalan secara bersamaan, maka otomatis akan memberatkan RAM dan CPU yang akan menyebabkan aplikasi LINE tidak bisa dibuka atau lemot. Cara mengatasinya yaitu Anda cukup menutup semua aplikasi dan buka kembali LINE.

3. Uninstal Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Bagi Anda yang sering mendownload aplikasi dan jarang untuk digunakan, bisa jadi hal ini merupakan penyebab aplikasi lemot. Maka dari itu, hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak begitu penting, agar saat penggunaan aplikasi seperti LINE bisa lancar. Agar memori bisa membaca data dengan cepat, Anda harus membersihkan memori internal secara rutin.

4. Nyalakan Mode Pesawat

Jika aplikasi LINE yang Anda pakai lemot dan penyebabnya yaitu sinyal yang kurang baik, maka cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Anda bisa menyalakan mode pesawat dan tunggu beberapa saat lalu matikan kembali dan hidupkan data seluler di smartphone. Dari masalah yang pernah saya alami, dengan menggunakan cara ini masalah seperti aplikasi LINE lemot bisa diatasi.

5. Restart Smartphone

Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika aplikasi LINE lemot yaitu dengan merestart smartphone. Dengan cara ini semua aplikasi yang sedang berjalan otomatis akan terhenti. Hal ini dapat memberi ruang pada RAM dan CPU lebih banyak.

6. Update Aplikasi LINE

Penyebab aplikasi lemot salah satunya yaitu terdapat bug dan untuk mengatasinya Anda harus mengupdate aplikasi LINE ke versi yang terbaru. Dengan mengupdate aplikasi, maka bug akan hilang dan aplikasi akan berjalan dengan lancar.

7.Gunakan Aplikasi LINE Lite

Ukuran aplikasi LINE memang sangat besar dan itu bisa memakan memori berlebih sehingga menyebabkan aplikasi lemot. Untuk itu saya menyarankan Anda menginstal aplikasi LINE Lite yang memiliki ukuran lebih kecil, sehingga tidak membuat aplikasi lemot ketika sedang dijalankan. Namun fitur yang terdapat pada aplikasi LINE Lite hanya chat dan telepon saja.

Jika aplikasi LINE yang Anda gunakan lemot, Anda bisa menerapkan cara yang saya bagikan diatas dan semoga dengan cara tersebut bisa memperbaiki masalah seperti LINE lemot. Terimakasih