Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error atau Tidak Berfungsi Dengan Baik

Touchpad merupakan salah satu bagian yang ada di laptop dan ini sangat penting karena touchpad ini berfungsi untuk menjalankan kursor sesuai dengan keinginan pengguna. Selain itu touchpad memiliki tombol klik kanan dan kiri dan sama seperti mouse. Meskipun sekarang ini ada mouse untuk penggantinya, namun sebagian orang lebih memilih menggunakan touchpad untuk menggerakkan kursor karena lebih simpel dan mudah. Ada juga yang menggunakan mouse dan semua itu tergantung dengan kenyamanan pengguna. Ketika Anda lupa tidak membawa mouse maka harus menggunakan touchpad. Dengan menggunakan touchpad Anda bisa lebih lega karena fungsinya sama dengan mouse. Tetapi kalau untuk orang yang jarang menggunakan touchpad akan terasa sudah saat mengarahkan kursor.

Namun sebagian sering mengeluhkan touchpad laptop terjadi error atau tidak bisa berfungsi. Hal ini sangat meresahkan pengguna, terlebih lagi jika tidak memiliki mouse pasti akan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu menggunakan laptop. Apabila touchpad di laptop Anda tiba-tiba tidak berfungsi, tidak usah khawatir karena masalah seperti ini bisa diatasi dengan baik. Berikut cara mengatasinya :

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error atau Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error atau Tidak Berfungsi Dengan Baik

1. Aktifkan Touchpad Laptop

Ketika touchpad tidak berfungsi, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengaktifkan tombol touchpad yang ada di bagian keyboard laptop. Penyebabnya bisa jadi karena touchpad sudah tidak berfungsi lagi atau Anda tidak sengaja menonaktifkannya. Pada keyboard laptop ada tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Dan Anda bisa menggunakannya ketika touchpad mati atau tidak berfungsi. Coba Anda cek semua tombol dari F1 hingga F12 dan temukan tombol yang terdapat icon touchpad. Cara mengaktifkannya cukup mudah yaitu dengan cara menekan tombol Fn + tombol touchpad.

2. Cek Kabel Konektor Pada Touchpad

Saat akan mengecek kabel konektor touchpad, Anda harus membongkar laptop terlebih dahulu. Untuk melakukan cara ini harus memiliki keterampilan yang ahli. Setelah membongkar laptop, langkah selanjutnya yaitu Anda mengecek kabel konektor touchpad apakah ada yang putus atau tidak.

3. Instal Driver Touchpad

Pada windows 8 dan windows 10, biasanya terdapat beberapa driver yang terupdate atau terinstal secara otomatis. Namun, seringkali ada beberapa driver yang tidak ikut terinstal. Maka dari itu Ansa harus mengeceknya secara rutin dan menginstalnya. Namun ada beberapa driver yang tidak bisa diinstal, penyebabnya yaitu driver chipset yang harus diupdate terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, silahkan update chipset terlebih dahulu dan selanjutnya instal driver touchpad.

4. Instal Ulang Laptop

Cara ini sering dilakukan sebagian orang ketika mengalami masalah seperti ini. Dengan menginstal ulang laptop maka secara otomatis sistem operasi akan kembali menjadi baru dan laptop bisa berjalan secara normal.

5. Bawa Ke Tempat Service Laptop

Jika keempat cara diatas belum bisa memperbaiki laptop yang Anda guanakan, maka langkah selanjutnya yaitu bawa laptop ke tempat service agar segera ditangani oleh teknisi. Apabila garansi laptop masih berlaku, bawalah ke toko pertama beli laptop dan jika garansi sudah habis maka Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

Untuk menunjang pekerjaan yang setiap hari Anda lakukan, sebaiknya rawatlah laptop dengan baik terutama bagian touchpad yang sering terjadi error atau kerusakan. Jika Anda sudah merawat laptop namun touchpad masih saja tidak berfungsi atau error, Anda bisa membaca artikel diatas dan mempraktekkannya secara langsung agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu.