Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Ampuh Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terdeteksi Di Komputer/Laptop

Kebel USB android tidak terdeteksi di PC atau laptop - Hp android memang sebuah perangkat yang didesain untuk berbagai macam kebutuhan manusia, terutama untuk penyimpanan. Jika Anda memiliki berbagai macam data seperti gambar, video ataupun musik maka bisa menyimpannya di Hp android dan tidak perlu lagi mengunakan flashdisk untuk menyimpannya. Dengan begitu Anda bisa langsung membuka file yang dikirim dari laptop ke Hp. Untuk menghubungkan android dengan PC, maka Anda perlu menggunakan kabel USB. Kabel ini banyak ditemukan di berbagi macam toko Hp dan biasanya jika Anda membeli Hp android baru sudah ada kabel USBnya.

Nah kabel USB ini memiliki berbagai macam fungsi salah satunya yaitu menghubungkan perangkat android dengan laptop. Dengan begitu, akan membantu Anda dalam mentransfer berbagai macam file penting. Namun apa jadinya jika kabel USB android tiba-tiba mengalami masalah yaitu tidak bisa terdeteksi di laptop/PC. Hal ini tentu akan sangat membuat Anda resah dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Apabila Anda sedang mengalami hal yang sama dan tidak tahu cara mengatasinya, maka disini saya akan berbagi tips cara mengatasi USB android tidak terdeteksi di PC atau laptop.

Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terdeteksi Di PC

5 Cara Ampuh Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terdeteksi Di Komputer/Laptop
Kabel USB tidak terdeteksi merupakan sebuah masalah yang sering dialami sebagian orang termasuk saya sendiri. Saya sering mengalami masalah tersebut dan waktu itu sangat bingung bagaimana cara mengatasinya. Nah disini saya akan berbagai tips agar USB android bisa terbaca di laptop. Berikut tipsnya :

1.Periksa Kondisi Kabel USB

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengecek kondisi kabel USB apakah masih layak dipakai atau tidak. Biasanya jika kabel USB yang sudah lama, maka akan sulit untuk terdeteksi di komputer. Adapun ciri-ciri kabel USB yang sudah rusak diantaranya yaitu bagian luar kabel terkelupas, kabel bengkok sampai tidak dapat dikembalikan seperti semula. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru agar saat menghubungkan android dengan PC berjalan dengan lancar.

2. Periksa Port USB

Penyebab kabel USB tidak terdeteksi di laptop yaitu terjadi kerusakan pada port USB. Sebelum Anda melakukan transfer file, sebaiknya cek dulu kondisi port USB di laptop Anda apakah masih dalam kondisi baik atau terdapat masalah. Pastikan kondisi port USB baik-baik saja dan tidak ada masalah seperti bengkok atau logam terkelupas. Selain itu, Anda bisa juga mengujinya dengan menggunakan kabel USB yang lain. Apabila sudah dicoba dengan berbagai macam kabel USB dan hasilnya tetap saja tidak terbaca di laptop, maka sudah bisa diastikan terjadi kerusakan di bagian port.

3. Pastikan Kabel Data Support Transfer File

Kabel USB android terbagi menjadi dua macam, yang pertama yaitu support transfer file dan yang kedua hanya support charging saja. Apabila kabel data yang Anda pakai hanya support charging saja, dan Anda melakukannya sebagai transfer data, maka sudah bisa dipastikan file tidak akan bisa terbaca di laptop atau PC. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda menggantinya dengan kabel yang sudah support transfer file. Biasanya ketika Anda membeli Hp android baru sudah terdapat kabel data yang support transfer file.

4. Ubah Mode USB ke MTP

Cara ini tergolong cara yang simpel dan sepele, namun banyak orang yang sering lupa dan alhasil ketika menghubungkan android ke laptop data tidak bisa terbaca. Pada saat Anda menghubungkan kabel USB android ke laptop, maka di layar akan diberi 2 pilihan yaitu transfer file atau charging saja. Untuk melakukan transfer file maka Anda bisa memilihnya di bagian MTP (Transfer File).

5. Instal Driver USB Android

Penyebab kabel USB tidak terdeteksi di laptop yang selanjutnya yaitu terjadi kerusakan pada sistem operasi android, hal tersebut disebabkan karena driver USB android yang belum diinstal. Apabila Anda memakai Hp merek Xiaomi, maka installah driver dari situs resmi yang disediakan Xiaomi, begitu juga jika Anda menggunakan Hp merek yang lain. Ketika sudah selesai menginstal, maka langkah selanjutnya yaitu Anda menghubungkan Hp android dengan laptop menggunakan kabel USB, dan biasanya setelah diinstal drivernya, data android akan langsung terbaca di laptop.

Cara diatas bisa Anda praktekkan di berbagai macam windows mulai dari windows 7 hingga windows 10. Semoga dengan cara diatas bisa membantu Anda semua yang sedang mencari cara bagaimana mengatasi kabel USB tidak terbaca di laptop.