Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Mudah Mengatasi Instagram Error atau Tidak Bisa Dibuka

Instagram merupakan sebuah media sosial yang banyak digunakan oleh anak mudah, karena memiliki berbagai macam fitur yang menarik di dalamnya. Anda bisa mengupload sebuah foto, video dan juga bisa melakukan chatting dengan teman. Tidak hanya itu, banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk mengembangkan bisnisnya, karena pengguna Instagram rata-rata orang menengah keatas dan jika Anda berbisnis lewat Instagram, maka potensi bisnis akan berkembang cukup besar. Semua informasi dapat Anda dapatkan melalui media sosial yang satu ini mulai dari informasi pendidikan hingga informasi umum yang sedang viral. Namun, apa yang terjadi jika Anda sedang menikmati aplikasi ini tiba-tiba aplikasi ini keluar dengan sendirinya dan tidak bisa dibuka kembali.

Pastinya semua pengguna Instagram akan merasa kecewa dengan hal seperti ini dan tentu akan mencari cara bagaimana mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka atau error. Aada beberapa hal yang menyebabkan Instagram error antara lain terjadi masalah pada koneksi internet, belum mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru, terlalu banyak cache yang menumpuk, dan bisa jadi akun yang Anda gunakan telah diblokir oleh pihak Instagram karena melalukan beberapa hal yang melanggar aturan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab Instagram error tadi, Anda pasti langsung mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar aplikasi Instagram ini bisa kembali normal seperti semula lagi dan bisa digunakan. Saya pernah mengalami hal tersebut dan setelah melakukan beberapa tips sederhana akhirnya Instagram bisa kembali digunakan. Berikut saya akan membagikan beberapa tips cara mengatasi aplikasi Instagram error atau tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Error

5 Cara Mudah Mengatasi Instagram Error atau Tidak Bisa Dibuka

1. Cek Koneksi Internet

Biasanya penyebab utama Instagram error yaitu terjadi masalah pada koneksi internet. Untuk itu periksalah koneksi terlebih dahulu apakah atabil atau tidak. Usahakan koneksi di Hp android Anda 4G agar Instagram bisa digunakan dengan lancar. Apabila terjadi maslaah pada koneksi internet, maka gambar tidak akan muncul dan beberapa video tidak bisa di jalankan.

2. Hapus Cache

Cache merupakan sebuah penyimpanan data sementara aplikasi yang sedang dijalankan atau yang sudah dijalankan sebelumnya. Jika cache menumpuk maka Hp android akan lemot dan jika beberapa aplikasi akan sulit untuk dioperasikan salah satunya yaitu Instagram. Untuk menghapus cache, Anda hanya perlu masuk ke menu settings>pilih aplikasi>cari Instagram>pilih storage. Setelah itu, Anda bisa melakukan clear cache dan clear data Instagram.

3. Update Aplikasi Instagram

Update Instagram secara rutin agar kinerja aplikasi semakin lancar dan tidak tidak terjadi error. Mengupdate aplikasi merupakan hal yang sepele, namun banyak orang yang sering melupakannya dan alhasil aplikasi tidak bisa dijalankan dengan baik. Dengan mengupdate aplikasi secara rutin maka Anda akan menikmati beberapa fitur menarik lainnya.

4. Restart Hp

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan apabila aplikasi Instagram error yaitu dengan cara merestart Hp yang Anda gunakan. Dengan melakukan restart Hp, maka secara otomatis kinerja Hp akan lancar karena data-data yang sebelumnya menumpuk telah dibersihkan oleh sistem android. Fungsi dari merestart Hp ini yaitu agar kinerja Hp android bisa lebih optimal dan juga bisa merefresh beberapa aplikasi.

5. Ganti Password

Jika akun Instagram Anda tidak bisa login maka bisa jadi telah dihack oleh orang lain. Orang tersebut merasa ingin tahu dengan isi chat di Instagram Anda dan langsung mengganti passwordnya. Apabila akun Anda telah diganti passwordnya oleh orang lain, maka di email langsun ada pemberitahuan tentang permintaan ganti password. Jika hal tersebut terjadi, maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu login Instagram melalui PC dan pilih forgot password untuk mengganti atau mereset password Anda.

Itulah 5 cara mengatasi aplikasi Instagram error atau tidak bisa dibuka. Cara diatas saya bagikan berdasarkan dari pengalaman yang sudah pernah saya alami dan semoga dengan artikel tersebut bsia membantu Anda dalam mengatasi permasalahan yang sedang terjadi.