Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Cara Melindungi Akun Gmail Dari Hacker Tidak Bertanggung Jawab

Cara Melindungi Akun Gmail Dari Hacker Tidak Bertanggung Jawab
Di era teknologi informasi yang semakin canggih seperti sekrarang ini pastinya banyak aplikasi yang menyediakan berbagai macam fitur canggih di dalamnya, salah satunya yaitu Email. Email merupakan aplikasi yang berguna untuk mengirimkan suatu data atau file ke orang lain. Selain sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, Email juga bisa berfungsi untuk menghubungkan berbagai macam aplikasi penting seperti aplikasi yang berhubungan dengan perbankan. Dari fungsi tersebut maka banyak orang yang tidak bertanggungjawab dan ingin mencuri file penting yang terdapat di email Anda, bahkan banyak hacker yang menjadikan Email sebagai sasaran utamanya.

Kini layanan Email yang banyak digunakan oleh semua orang yaitu Gmail. Gmail merupakan sebuah produk atau aplikasi keluaran Google yang didalamnya memberikan layanan berupa surat elektronik dengan gratis. Bagi Anda yang menggunakan Gmail, bisa memanfaatkan fitur yang ada. Gmail banyak digunakan oleh mahasiswa yang ingin mengirim file atau data yang berukuran besar, dan penggunaannya pun sangat mudah. Namun dibalik kelebihannya itu, Gmail juga mempunyai kekurangan yaitu mudah sekali untuk dibobol hacker dan tidak sedikit hacker yang memanfaatkan data yang ada di gmail Anda untuk hal yang tidak benar. Untuk itu, Anda khususnya pengguna Gmail tidak usah khawatir karena disini saya akan memberitau bagaimana cara melindungi akun gmail dari hacker.

Cara Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker

Setelah mengetahui berbagai macam kejahatan hacker, maka Anda penasaran bagaimana sih caranya melindungi akun Gmail dari hacker. Berikut tipsnya dan bisa langsung Anda lakukan supaya akun Gmail Anda aman dari serangan hacker.

1. Password

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengecek password yang Anda gunakan apakah sudah memenuhi kriteria keamanan atau belum. Kriteria keamanan password biasanya harus menggunakan simbol seperti @#&*!$%, serta bisa juga diselipkan beberapa angka agar lebih aman, contohnya YahyaEga1@#3&. Dari password tersebut pasti akan sangat aman, karena password tersebut sulit sekali untuk ditebak. Dan jangan pernah membuat password yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda, karena itu akan sangat mudah untuk ditebak apalagi para hacker yang mempunyai berbagai macam cara untuk membobol akun seseorang. Bahkan sebagian orang ada juga yang membuat password menggunakan nama panjang atau nama panggilan dan tidak diberi simbol apapun, hal ini akan sangat membahayakan akun Gmail Anda terlebih jika Anda memiliki banyak data penting di dalamnya.

2. Verifikasi 2 Langkah

Cara selanjutnya yang biasa dilakukan seseorang untuk melindungi akun Gmail dari hacker yaitu dengan verifikasi 2 langkah. Anda bisa mengikuti semua perintah yang disarankan oleh Google dan untuk penerimaan kode verifikasi, Anda bisa memilih sms atau suara. Setelah Anda menerima kode tersebut, langsung saja masukkan ke kolom yang sudah disediakan untuk verifikasi. Dengan menggunakan cara ini, maka secara otomatis Akun Gmail Anda akan aman dari seseorang yang ingin berbuat jail. Meskipun orang tersebut sudah mengetahui Email dan password, namun tetap saja tidak bisa masuk karena pada saat login disuruh untuk memasukkan kode verifikasi.

3. Ganti Password Gmail

Apabila terdapat hal yang mencurigakan dalam akun Gmail, maka yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek apakah Anda bisa login ke akun Gmail atau tidak. Jika Anda berhasil login, maka langsun saja ganti password Gmail dengan password lain yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Namun, jika akun Gmail Anda tidak bisa dibuka dan password serta nomor telepon sudah diubah, tidak usah khawatir karena Anda masih bisa mengembalikan akun Gmail tersebut dengan cara verifikasi identitas.
Dalam melakukan verifikasi identitas tersebut, Anda akan diberi pertanyaan tentang kapan teakhir Anda login, dan password terakhir yang Anda ingat. Jika Anda telah mengingatnya maka selanjutnya dapat membuat password baru. Namun jika Anda tidak mengingatnya, maka Google akan memberikan pertanyaan lain yang sesuai dengan identitas Anda.

Biasanya akun bisa dihack seseorang penyebabnya yaitu kelalaian pengunanya itu sendiri. Dalam membuat password sering asal-asalan dan ini sangat mudah untuk dibobol hacker. Hampir semua akun media sosial berhasil dicuri hacker hanya dengan menebak password. Untuk itu, perhatikanlah keamanan akun media sosial Anda. Semoga dengan membaca artikel diatas, akun Gmail Anda akan semakin sulit untuk ditembus hacker.