Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Penyebab Adanya Virus di Laptop Yang Jarang Diketahui

Laptop merupakan sebuah alat elektronik yang mana digunakan untuk berbagai pekerjaan dan sudah menjadi barang kebutuhan bagi sebagian orang. Dalam pemakaian laptop pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus. Virus merupakan sebuah perangkat yang harus diwaspadai dan segera diatasi, karena jika dibiarkan akan semakin menyebar luas ke seluruh bagian laptop dan bisa menyebabkan laptop lemot bahkan tidak bisa digunakan lagi. Pasti Anda semua bingung kan kenapa virus bisa menyebar ke laptop dan apa penyebabnya. Jika Anda penasaran, langsung saja baca artikel berikut ini agar bisa menambah wawasan Anda semua.

Penyebab Adanya Virus di Laptop

4 Penyebab Adanya Virus di Laptop Yang Jarang Diketahui

1. Laptop Tidak Terdapat Aplikasi Antivirus

Aplikasi yang wajib ada di laptop yaitu Antivirus. Anda bisa menggunakan berbagai macam Antivirus dan bisa mendownloadnya di berbagai link website. Dengan adanya Antivirus maka laptop Anda akan tersaring dan terhindar dari virus-virus yang akan masuk. Dan apabila laptop Anda tidak dilengkapi dengan Antivirus, maka akan mudah sekali untuk dimasuki virus dan kalau tidak segera diatasi, virus tersebut akan semakin meluas di laptop. Antivirus yang paling direkomendasikan dan terbaik yaitu Smadav. Aplikasi Antivirus ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat mengatasi berbagai macam virus yang masuk ke laptop.

2. Berkunjung Ke Situs Yang Tidak Terpercaya

Bagi Anda yang sering berjelajah ke internet pastinya sering mengunjungi link atau website tertentu dengan tujuan mendownload atau sekedar mencari informasi saja. Perlu diketahui bahwa dengan mengunjungi situs tidak terpercaya akan mendatangkan virus yang mana virus tersebut banyak tersembunyi di situs terlarang yang Anda buka. Salah satu situs terlarang yaitu situs bokep atau porno. Dimana di dalam situs tersebut terdapat banyak sekali Trojan atau virus yang paling berbahaya.

3. Terlalu Sering Gonta-Ganti Flashdisk

Seringkali hal ini banyak dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dan saat mengerjakan tugas tersebut meminjam laptop temen. Dengan memasukkan flashdisk ke laptop orang lain, secara otomatis virus dari laptop sebelumnya akan terbawa melalui flashdisk dan dapat menyebar ke laptop lain. Untuk itu hindari memasukkan flashdisk ke semua laptop, karena ini sangat berpotensi besar laptop akan terkena virus, apalagi jika laptop yang dipakai tidak memiliki Antivirus yang memenuhi.

4. Menginstal Sembarang Aplikasi

Untuk menunjang pekerjaan atau mengerjaan tugas pastinya semua orang sangat membutuhkan sebuah aplikasi yang harus diinsal di laptop. Banyak orang yang tidak tau cara menginstal apliaksi dengan benar dan hanya sekedar menginstal dan menjalankannya. Tanpa diketahui sebenarnya virus banyak tersembunyi di link aplikasi yang tidak resmi. Dan jika hal ini tetap dilakukan, maka laptop yang Anda pakai untuk menginstal aplikasi tersebut akan tersebar virus.

Anda harus berwaspada terhadap Virus dan Malware karena dua perangkat tersebut bisa membahayakan laptop atau komputer yang Anda pakai. Dan berhati-hatilah dalam mengunjungi situs atau website yang tida diketahui kebenarannya. Semoga artikel tersebut bisa membantu Anda dan lebih waspada lagi terhadap Virus.