Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Tips Sederhana Merawat Hardisk Supaya Awet dan Tahan Lama

Hardisk merupakan suatu komponen laptop yang sangat penting dan komponen ini juga sangat fatal karena mudah sekali terjadi kerusakan. Terlebih lagi jika Anda terlalu banyak menyimpan data dengan kapasitas besar di hardisk. Untuk itu rawatlah hardisk secara teratur agar tidak terjadi masalah. Cara merawat hardisk hampir sama dengan cara merawat baterai laptop dan komponen yang lainnya.

Anda harus merawat hardisk karena harga hardisk sangat mahal dan jika terjadi kerusakan akan sulit untuk diperbaiki. Apabila laptop yang Anda pakai masih dalam kondisi baru, kemungkinan besar masih ada garansi dan jika hardisk mengalami kerusakan bisa dibawa ke toko elektronik, disana akan diperbaiki secara gratis oleh teknisi. Dan jika garansi laptop Anda sudah habis maka jika terjadi kerusakan, Anda harus membelinya sendiri. Sebelum terjadi kerusakan, sebaiknya Anda segeralah merawat hardisk agar awet dan tahan lama. Untuk merawatnya tidak perlu khawatir karena disini saya akan membagikan beberapa tips dan tips ini sangat direkomendasikan oleh teknisi komputer.

Cara Merawat Hardisk Supaya Awet dan Tahan Lama

Tips Sederhana Merawat Hardisk Supaya Awet dan Tahan Lama

1. Matikan Laptop Dengan Benar

Dengan mematikan laptop dengan benar, maka hardisk akan semakin awet dan tahan lama. Untuk itu ketika Anda ingin mematikan laptop tutup dulu semua aplikasi yang sedang berjalan karena hardisk akan tetap berjalan apabila aplikasi masih digunakan. Dan dalam proses shutdown, tunggu sampai laptop benar-benar mati dan lampu konektor juga mati. Karena jika menutup laptop dalam kondisi lampu masih menyala, maka akan berpengaruh terhadap komponen dalam terutama hardisk.

2. Letakkan Di Atas Meja

Meletakkan atau menyimpan laptop sebaiknya diatas meja, karena meja memiliki permukaan yang datar dan sangat baik untuk komponen laptop yang sedang berjalan seperti kipas dan hardisk. Hindari meletakkan laptop di tempat yang terdapat debu, karena banyak hardisk rusak yang disebabkan oleh debu yang masuk sehingga hardisk dan processor akan bekerja lebih ekstra saat laptop dinyalakan.

3. Hapus Data Yang Tidak Perlu

Jika hardisk sudah mulai penuh, sebaiknya Anda segera menghapus data-data yang tidak penting. Dan dalam menghapus data jangan cuma menghapus dengan tombol Del saja, tetapi hapuslah data yang ada di Recycle Bin agar semua data terhapus secara permanen. Jika Anda tidak menghapus data yang ada di Recycle Bin, maka data akan terus menumpuk dan menyebabkan kerusakan di hardisk. Untuk itu jika data sudah tidak dipergunakan lagi hapuslah dengan menekan Shift+Del. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Ccleaner. Aplikasi ini dapat membantu dalam menghapus data di Recycle Bin.

4. Gunakan Antivirus

Penggunaan antivirus akan membuat hardisk menjadi lebih awet dan tahan lama. Karena dengan menggunakan antivirus, maka virus atau malware yang akan masuk ke hardisk bisa diatasi. Anda bisa juga menggunakan antivirus yang disediakan oleh sistem operasi seperti windows defender. Jika dirasa windows defender kurang memuaskan, Anda bisa download berbagai macam aplikasi antivirus yang lain dan jangan lupa untuk mengupdatenya secara teratur.

5. Hindari Penggunaan Partisi Berlebihan

Hardisk laptop pada umumnya memiliki kapasitas hingga 320GB keatas. Untuk penyimpanan biasanya dibagi-bagi dan biasa disebut dengan pratisi. Contohnya pratisi C untuk data dan pratisi D untuk sistem operasi. Dalam menggunakan pratisi jangan terlalu berlebihan, cukup 3 pratisi saja sudah cukup. Contohnya pratisi C untuk menyimpan data, pratisi D untuk sistem operasi dan pratisi E untuk penyimpanan sebuah program.

6. Defrag Hardisk

Cara merawat hardisk yang selanjutnya yaitu dengan cara fragmentasi hardisk. Tujuan dari melakukan fragmentasi yaitu untuk meningkatkan kinerja hardisk, karena umumnya jika data yang tersimpan terlalu banyak akan membuat kualitas hardisk menurun. Dalam melakukan defrag hardisk, Anda bisa menggunakan defrag bawaan windows. Sebelum Anda melakukan defrag, maka sebaiknya terlebih dahulu cek fragmentasi dan jika sudah diatas 10 maka akan aman jika melakuakn defrag. Dalam melakukan proses defrag biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi jika hardisk memiliki ukuran yang besar. Selain membuat hardisk awet dan tahan lama, proses defrag juga bisa meningkatkan proses read dan write hardisk.

Hardisk harus tetap dirawat secara rutin agar kinerja laptop tetap stabil dan kualitasnya terjaga. Semoga dengan membaca artikel diatas bisa membantu Anda dalam merawat hardisk supaya awet dan tahan lama. Terimakasih.