Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah 6 Tips Mengatasi Pesan Whatsapp Tidak Terkirim atau Pending

Platform chatting yang paling populer di era sekarang ini yaitu Whatsapp. Ya, aplikasi ini sudah banyak orang yang menggunakannya karena memiliki fitur yang cukup banyak dan menarik. Dengan menggunakan aplikasi WA ini Anda dapat mengirim pesan, video call, telepon, pesan suara bahkan Anda bisa mencurahkan perasaan lewat status. Namun dibalik kelebihan itu, sering kali ada orang yang mengeluhkan tentang aplikasi ini dikarenakan tidak bisa mengirim pesan atau biasa disebut dengan pending.

Bagi pengguna Whatsapp baru pastinya mengalami kesulitan dengan hal ini. Nah disini Anda tidak usah khawatir karena saya telah menemukan beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Whatsapp yang Anda gunakan bisa berjalan normal dan tidak pending lagi sehingga Anda bisa melanjutkan chatting dengan teman ataupun keluarga. Berikut tipsnya yang bisa Anda ikuti :

Tips Mengatasi Pesan Whatsapp Tidak Terkirim

Inilah 6 Tips Mengatasi Pesan Whatsapp Tidak Terkirim atau Pending

1. Pastikan Smartphone Terkoneksi Dengan Internet

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengecek apakah koneksi internet di Hp sudah terhubung atau belum. Biasanya banyak orang yang lupa menyalakan koneksi data, sehingga pesan Whatsapp tidak bisa terkirim. Apabila data di Hp Anda tidak bisa dikoneksikan maka coba nyalakan wifi agar terhubung ke internet. Bagaimanapun juga aplikasi Whatsapp harus terhubung ke internet agar bisa digunakan dengan lancar.

2. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Meskipun Anda sudah menyalakan data internat ataupun wifi, tetapi jika sinyal atau jaringan internet sedang mengalami gangguan, pasti Whatsapp akan tetap pending dan tidak bisa mengirim pesan. Anda bisa berpindah ke tempat yang mempunyai sinyal penuh atau bisa menunggunya hingga jaringan internet kembali lancar.

3. Ubah Jaringan Menjadi 3G atau 4G

Seperti yang sudah di jelaskan pada poin ke 2. Whatsapp memang harus terhubung ke internet, tetapi jika internet sudah terhubung dan masih saja pending, kemungkinan besar jaringan di Hp android Anda kurang kuat. Untuk mengatasinya Anda bisa ubah jaringan menjadi 3G ataupun 4G. Lebih disarankan untuk mengubah jaringan ke 4G karena lebih memiliki sinyal yang kuat dan lebih kencang. Untuk mengubahnya Anda bisa memilih menu setelan>buka menu jaringan seluler>pilih jenis data sesuai yang Anda gunakan>pilih tipe jaringan prioritas>kemudian langsung saja pilih 3G atau 4G. Setelah mengatur jaringan, maka biasaya pesan di Whatsapp akan langsung terkirim.

4. Hapus Cache

Cache merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan data aplikasi yang telah digunakan atau yang sedang digunakan. Namun sayangnya, apabila data yang ada di cache ini menumpuk akan menyebabkan Hp lemot dan juga menghambat proses pengiriman pesan melalui Whatsapp. Jika Anda sering menggunakan aplikasi Whatsapp, maka seharusnya bersihkan cache Whatsapp secara rutin agar cache tidak menumpuk dan aplikasi Whatsapp pun bisa digunakan dengan normal.

5. Restart HP

Penyebab Whatsapp pending yaitu terdapat masalah ada Hp yang Anda gunakan. Untuk mengatasinya, saya sarankan untuk merestart Hp agar bisa berjalan dengan normal dan aplikasi Whatsapp bisa digunakan lagi. Setelah merestart Hp, maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu mengirim ulang pesan Whatsapp, biasanya setelah Hp direstart pesan akan langusng terkirim dan tidak terjadi pending lagi.

6. Update Aplikasi Whatsapp

Jika Whatsapp masih saja pending, coba cek status update aplikasi di Hp Anda. Mungkin Anda lupa tidak mengupdate Whatsapp, hal ini akan menyebabkan aplikasi Whatsapp tidak bisa berjalan dengan normal karena ada beberapa fitur yang ada di WA versi terbaru tidak disediakan di WA versi lama. Untuk itu, update aplikasi Whatsapp secara rutin agar tidak terjadi masalah seperti pesan pending.

Itulah 6 tips mengatasi pesan Whatsapp tidak terkirim atau pending yang bisa Anda lakuakn dengan mudah dan cepat tanpa membutuhkan keahlian khusus. Tips tersebut sudah saya buktikan dan hasilnya memuaskan. Semoga dengan cara yang saya bagikan diatas bisa membantu Anda semua.