Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Penting! Inilah Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

Jika Anda merupakan seorang footgrafer maka atau ingin belajar tentang forografi maka tidak jarang jika Anda ingin membeli kamera dengan kualitas yang baik. Tentu saja untuk membeli sebuah kamera DSLR harus mempunyai cara atau trik tertentu dan tidak asal-asalan karena ini menentukan kualitas foto yang ingin Anda hasilkan terutama bagi pemula yang masih ragu dalam memilih sebuah kamera DSLR dan tidak tahu caranya.

Jika Anda ingin membeli atau memilih kamera jangan percaya dulu dengan orang lain, carilah referensi yang benar dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, karena yang akan mengunakan kamera Anda sendiri bukan orang lain. Disini saya akan sedikit memberi tips cara membeli atau memilih kamera terutama bagi pemula agar tidak menyesal dan salah pilih.

Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

Penting! Inilah Tips Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

1.Tujuan Membeli Kamera DSLR

Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah kamera, hal yang perlu Anda pertimbangkan yaitu apa tujuan Anda membeli kamera tersebut, apakah untuk foto-foto biasa, untuk disewakan atau untuk mendalami dunia fotografi.. Jika Anda membeli sebuah kamera dengan tujuan untuk mendalami dunia fotografi maka belilah kamera dengan kualitas yang tinggi, dan apabila tujuan Anda membeli kamera dengan tujuan untuk foto-foto biasa bisa beli kamera yang kualitas basic saja sudah cukup.

2. Pilih Jenis Fotografi dan Karakteristik Kamera

Langkah kedua yang harus Anda lakukan yaitu menentukan jenis fotografi dan karakteristik dari kamera tersebut. Jika Anda suka traveling maka belilah kamera dengan kualitas warna yang tajam dan menghasilkan gambar yang baik atau maksimal.

3. Sesuaikan Kebutuhan Dengan Budget

Apabila Anda ingin membeli kamera perhatikan juga harganya dan jangan mengeluarkan semua uang yang Anda miliki hanya utnuk membeli kamera. Jangan sampai Anda membeli sebuah kamera yang mahal tetapi kualitas tidak sesuai kebutuhan.

4. Pahami Semua Merek Kamera

Merek kamera merupakan hal yang harus selalu diperhatian ketika ingin membeli sebuah kamera, karena ada beberapa merek kamera yang bagus untuk pemula dan direkomendasikan seperti Canon, Nikon, Fujifilm dan sebagainya. Sebelum membelinya Anda harus bertanya terlebih dahulu dengan orang atau teman yang sudah ahli untuk merekomendasikan merek kamera maka yang cocok untuk pemula.

5. Ukuran dan Model

Ukuran dan model sebuah kamera sangat menentukan kenyamanan Anda dalam menggunakan kamera. Pilihlah kamera dengan model yang simpel dan ukuran yang tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda seorang fotografer yang mempunyai studio, maka Anda bisa memilih kamera dengan ukuran yang besar karena tidak dibawa kemana-mana. Dan jika Anda suka traveling maka belilah kamera dengan ukuran yang kecil agar mudah untuk dibawa.

6. Service Center Yang Mudah Ditemui

Pilihlah service center yang dekat dengan rumah Anda agar mudah dalam memperbaiki kamera jika terjadi kerusakan dan semakin mudah untuk mencari spare-part nya.

7. Cek Garansi

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kamera, Anda harus mengecek garansi terlebih dahulu, berapa lama garansi kamera tersebut diberikan. Biasanya kamera DSLR baru memberikan garansi selama 1 tahun. Dan jika sebelum 1 tahun kamera yang Anda beli terdapat kerusakan pada komponen, Anda dapat membawanya ke toko tersebut dan akan diperbaiki secara gratis.

Sangat penting dalam memperhatikan kualitas kamera DSLR terutama bagi Anda yang bergelut di bidang fotografi. Pilihlan jenis kamera yang memiliki kualitas yang baik agar gambar yang Anda hasilkan juga akan baik. Bagi pemula teruslah berlatih dan jika ingin membeli sebuah kamera, maka belilah kamera yang tipe rendah saja untuk sementara. Dan semoga artikel yang saya bagikan diatas dapat membantu Anda semua dalam memilih sebuah kamera DSLR khususnya bagi pemula.