Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Merawat Keyboard Laptop Dengan Benar

Di era modern seperti ini pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya laptop/PC. Karena benda ini merupakan suatu kebutuhan semua orang terutama untuk mahasiswa dan orang kantoran. Seiring bertambahnya tahun, perkembangan model laptop juga semakin pesat. Apabila saat dalam pengoperasian terjadi kerusakan, pasti penggunanya sangat resah dan bigung bagaimana cara menanganinya terutama terjadi error pada keyboard. Keyboard merupakan bagian yang utama dalam komponen komputer/laptop.

Untuk itu wajib bagi pengguna laptop membersihkan atau merawat keyboard laptop secara rutin agar tidak terjadi masalah. Merawat keyboard laptop memang hal yang sepele dan sering diabaikan sebagian orang, bahkan ada yang tidak tau cara merawat keyboard dengan baik dan benar. Berikut beberapa tips merawat keyboard laptop agar tidak terjadi error.

Tips Merawat Keyboard Laptop Dengan Benar  

6 Tips Merawat Keyboard Laptop Dengan Benar

1. Rutin Membersihkan Keyboard

Biasanya saat akan menggunakan laptop pasti di sekitar keyboard terdapat kotoran atau debu bukan? Nah, saat itu juga Anda wajib selalu mempertahikan adanya kotoran yang ada dan sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan tisue. Dan kalau ada debu yang masuk di sela-sela keyboard, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas halus yang banyak tersedia di toko-toko. Dengan membersihkan keyboard dengan kuas akan mengurangi terjadinya error pada keyboard.

2. Jauhkan Dari Cairan

Banyak orang yang bermain komputer atau laptop sering menaruh air minum di dekatnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mudah untuk mengambil minum ketika merasa haus. Dan apabila air minum tersebut menumpahi laptop terutama keyboard itu merupakan kesalahan yang fatal yang akan mengakibatkan kayboard laptop error bahkan laptop cepat rusak.

3. Hindari Menaruh Benda Berat Di Atas laptop

Biasanya sebagian orang sering menaruh HP di atas laptop. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka laptop akan menahan beban yang berat dan bahkan akan terjadi kerusakan yang serius.

4. Gunakan Keyboard Eksternal

Cara ini ditujukan untuk para gamers yang sering bermain game tetapi menggunakan keyboard bawaan laptop. Mereka seringkali menekan keyboard terlalu kencang dan mengakibatkan keyboard laptop terjadi error bahkan rusak. Nah,, sebaiknya Anda para gamers menggunakan keyboard eksternal saja, dan jika keyboard eksternal tersebut rusak, maka untuk menggantinya sangatlah murah dibanding dengan keyboard bawaan laptop dan harganya pun sangat murah.

5. Jangan Menekan Terlalu Kencang

Banyak orang yang menekan keyboard laptop tidak beraturan atau terlalu kencang, terutama bagi para gamers. Jika hal ini masih terjadi, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada keyboard laptop sangat besar. Hal ini bisa diatasi dengan cara ketika menekan keyboard sewajarnya saja.

6. Gunakan Keyboard Cover

Menggunakan cover keyboard sangatlah disarankan karena hal ini dapat menghindari dari debu dan cairan. Jika Anda menggunakan cover keyboard, maka Anda tidak perlu lagi bahwa keyboard akan terjadi error karena sudah terlindungi. Harga dari cover keyboard ini bisa dibilang murah dan banyak dijual di pasaran. Mahal murahnya tergantung selera Anda dan juga jenis laptop yang dipakai.

Semoga artikel diatas bisa membantu Anda yang ingin merawat keyboardnya, merawat itu lebih baik dari pada mengganti atau memperbaiki. Dan apabila keyboard laptop yang Anda pakai terjadi masalah atau rusak, Anda bisa membawanya ke tukang service.