Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Total (Panduan Pemula)

Masalah laptop mati total banyak dikeluhkan oleh sebagian orang, karena hal ini sangat menganggu bahkan menjadikan orang tersebut panik lantaran tidak bisa mengatasi laptopnya yang mati total. Laptop mati total sangat beragam misalnya layar laptop mati tetapi lampu power tetap hidup, laptop mati tetapi lampu indikator masih bisa bekedip, dan juga ada laptop yang menyala tetapi layar hitam atau blank. Dari masalah tersebut banyak orang yang mengatasinya dengan cara menekan tombol power berulang tetapi hasilnya tetep sama, laptop tidak mau menyala. Laptop mati total biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu:

Penyebab Laptop Mati Total

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Total (Panduan Pemula)

1. Permasalahan Pada Baterai

Laptop mati biasanya terjadi masalah pada baterai, bisa jadi baterai tersebut sudah lama atau pun bocor. Jadi untuk Anda yang setiap hari menggunakan laptop, sebaiknya untuk tidak mengisi daya saat laptop menyala karena itu akan merusak baterai.

2. Permasalahan Power Supply

Jika lampu indikator mati dan adaptor normal, maka yang harus Anda lakukan yaitu mengecek socket DC pada laptop. Socket yang rusak merupakan salah satu penyebab aliran listrik tidak stabil dengan baik ke laptop atau komputer.

3. Permasalahan RAM

Lampu indikator menyala, kipas berfungsi dengan baik namun layar laptop tetap tidak mau menyala, bisa jadi penyebab dari masalah tersebut terletak pada RAM. Apabila RAM laptop terssebut mengalami kerusakan maka yang harus dilakukan yaitu melepas RAM pada laptop dan bersihkan bagian pinnya sampai bersih, kemudian pasang kembali. Jika terdapat 2 socket maka pasanglah RAM di socket yang berbeda.

4. Masalah Pada Motherboard

Motherboard dan Mainboard merupakan komponen laptop yang sangat utama, karena dengan adanya Motherboard laptop akan berjalan dengan baik. Jika Motherboard terdapat masalah maka terdapat bunyi "bip...bip...bip". Jika Motherboard mengalami kerusakan maka penyebabnya yaitu IC komputer terbakar, terdapat virus, suplay listrik tidak stabil, overheating pada komponen CPU dan overclocking pada komponen CPU.
Dari penyebab laptop mati diatas pasti Anda penasaran dengan bagaimana caranya mengatasi laptop yang mati total agar berfungsi dengan baik lagi. Disini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana cara mengatasi laptop mati total.

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

1. Apabila lampu indikator pada laptop mati, Anda terlebih dahulu mengecek kondisi kabel power, kabel adapter, UPS atau stavol. Anda bisa mengujinya dengan menggunakan alat yang dinamakan multimeter. Sebelum mengecek, Anda haru memeriksa berapa normal tegangannya dan apakah ada aliran listrik. Bila tidak ada supply listrik maka laptop akan mati total.
 
2. Langkah yang harus dilakukan berikutnya yaitu dengan memperhatikan bagaimana kinerja power adapter. Dan apabila power adapter sudah menyala dan laptop masih dalam posisi mati, biasanya masalah tersebut terjadi pada skalar on/off pada laptop. Untuk itu Anda harus melakukan pengecekan pada tombol tersebut. dan jika sudah diperbaiki namun laptop masih saja belum menyala, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada Moteherboard.
 
3. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melepas kabel power adapter kemudian pasang kembali dan hidupkan laptop, biasanya laptop langsung bisa menyala. Jika hal ini masih tidak bisa, coba cek socket pada laptop mungkin socket DC longgar sehingga arus listrik tidak dapat mengalir dengan baik ke laptop.
 
4. Langkah yang terakhir yaitu dengan menggunakan baterai laptop saja dan tidak menggunakan adapter. Dan apabila laptop menyala hanya dengan menggunakan baterai saja, maka kemungkinan terdapat kerusakan pada socket adapter. Anda bisa melakukan perbaikan socket adapter di tempat service laptop terdekat agar segera ditangani dengan baik oleh teknisi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop mati total. Artikel diatas saya tulis berdasarkan dari pengalaman saya pribadi dalam mengatasi laptop mati total. Semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih