Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Pasti Ngebut, 8 Tips Mempercepat Koneksi Internet Android

Semua orang pasti membutuhkan sebuah koneksi internet, baik itu untuk belajar hingga untuk bekerja. Hp tanpa koneksi internet membuat Anda tidak bisa menemukan berbagai informasi di smartphone tersebut. Tetapi apa jadinya jika sedang asik berjelajah ke internet tiba-tiba koneksi di Hp Anda lemot dan memiliki masalah. Banyak faktor yang menyebabkan Hp lemot diantaranya yaitu performa Hp yang sudah menurun, lokasi yang sulit sinyal dan cuaca yang kurang mendukung. Pasti Anda merasa resah dengan koneksi lemot, dan disini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dirumah ketika Hp yang Anda mulai lemot atau performa turun.

Tips Mempercepat Koneksi Internet Android

Pasti Ngebut, 8 Tips Mempercepat Koneksi Internet Android

1. Nyalakan Ulang Hp

Jika Hp yang Anda gunakan terlalu lama digunakan maka secara otomatis akan semakin banyak menyimpan data dan jika ini dibiarkan akan menjadikan performa Hp menurun. Maka untuk mengatasinya, Anda perlu mematikan Hp setelah itu menghidupkannya kembali. Biasanya koneksi internet akan kembali stabil setelah direstart.

2. Pindah Lokasi

Lokasi menjadi salah satu hal yang menyebabkan koneksi Hp Anda menurun. Jika Anda sedang berada di hutan atau pun sedang di dalam gedung, itu akan membuat koneksi internet di Hp Anda menurun. Jaringan internet sulit sekali menembus ruangan tertutup. Maka dari itu, jika Anda ingin berjelajah ke internet harus pindah lokasi. Pilih lokasi yang strategis seperti perkotaan agar koneksi internet yang Anda gunakan lancar.

3. Putus Koneksi VPN

VPN merupakan sebuah aplikasi yang membantu Hp dalam menemukan sinyal. Namun, VPN juga bisa memperlambat koneksi internet jika hanya menggunakan mobile data dan tidak menggunakan WiFi. Apabila Anda menggunakan VPN, sebaiknya putuskan dulu koneksinya dan tunggu beberapa saat. Biasanaya setelah itu akan muncul perubahaan sinyal pada koneksi internet.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Koneksi internet yang lemot bisa diperbaiki dengan cara mereset pengaturan jaringan. Banyak orang yang mempraktekkan cara ini dan hasilnya memuaskan, koneksi internet menjadi lebih lancar. Setelah melakukan reset jaringan maka daftar bluetooth dan koneksi wiFi di Hp Anda akan hilang, dan langsung saja sambungkan Hp ke koneksi yang ingin Anda gunakan.

5. Keluarkan Kartu SIM

Ketika koneksi internet mulai lemot, maka hal yang perlu Anda lakukan yaitu mengeluarkan kartu SIM dan kemudian pasang kembali. Setiap Hp letak slot SIMnya berbeda-beda dan ada juga yang memerlukan alat untuk membuka slot SIM dari Hp tersebut.

6. Hapus Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan dari aplikasi yang telah digunakan. Selain untuk mempercepat kinerja Hp, dengan menghapus cache dapat juga untuk mempercepat koneksi internet. Cache yang menumpuk membuat smartphone yang Anda gunakan terasa berat. Sebaiknya Anda membershkan cache secara teratur minimal 3 hari sekali agar performa Hp dan koneksi internet semakin lancar.

7. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Menginstal aplikasi memang penting, namun jika aplikasi tersebut tidak digunakan maka akan menghambat kinerja ponsel bahkan membuat koneksi internet lemot. Terutama jika ponsel yang Anda gunakan tidak memenuhi kriteria seperti RAM kecil dan ruang penyimpanan yang tidak memadai. Maka, hapuslah aplikasi yang sekiranya jarang digunakan agar koneksi internet menjadi lancar.

8. Hubungi Provider Internet

Apabila masalah yang sedang Anda alami ini sudah berjalan terlalu lama, maka sebaiknya Anda segera menghubungi provider atau operator sesuai dengan jaringan internet yang Anda gunakan. Jika Anda tidak diberikan solusi mengenai permasalahan ini, berarti sudah seharusnya Anda mengganti ke lain provider agar koneksi menjadi lancar.

Nah itu beberapa tips yang bisa membuat koneksi di Hpmu menjadi lebih lancar dan cara tersebut bukan hanya untuk Hp saja, namun bisa Anda aplikasikan ke semua perangkat. Semoga bermanafat.