Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5+ Cara Merawat Komputer Agar Tidak Terkena Virus dan Malware

Di era telekomunikasi seperti sekarang ini, semua orang pasti sangat membutuhkan sebuah komputer/laptop, yang mana komputer ini berguna untuk menunjang pekerjaan agar cepat selesai, untuk mengerjakan tugas dan mencari informasi lainnya lewat internet. Dengan mempunyai komputer, kemungkinan Anda bisa mencari sebuah foto, video dan juga dokumen lainnya sangat besar. Dan Anda dapat mencari berbagai macam informasi yang ada di internet dengan mudah dan hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet saja. Bagi kalangan mahasiswa dan orang kantoran, memiliki komputer/laptop merupakan hal yang wajib karena untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Saat ini komputer/laptop sudah menjadi salah satu hal terpenting dalam hidup seseorang. Anda tidak usah khawatir karena banyak toko elektronik yang menawarkan komputer dengan harga yang terjangkau dan Anda bisa segera memilikinya. Semua itu tergantung dengan spesifikasi dari komputer tersebut dan Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi, pada saat Anda menggunakan komputer ternyata banyak sekali hal yang tidak Anda perhatikan sehingga mempermudah masuknya virus di komputer yang Anda miliki.

Mengapa komputer bisa terkena virus? Awalnya komputer yang Anda beli baru itu sebenarnya sudah bersih dari yang namanya virus, akan tetapi karena user memakainya tanpa memahami aturan, maka secara otomatis virus akan mudah sekali masuk dan menyebar ke dalam komputer. Adapun ciri-ciri komputer yang Anda gunakan terkena virus yaitu, baterai boros, loading lama, sering ngehang, saat menjalankan aplikasi terasa berat, komputer sering panas. Untuk menghindari gejala-gejala tersebut tentunya Anda harus memperhatikan prosedurnya, dan saya akan menjelaskan langsung di artikel ini.

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Terkena Virus

5+ Cara Merawat Komputer Agar Tidak Terkena Virus dan Malware

1. Jangan Mendownload Sembarangan

Ketika komputer yang Anda pakai tersebut setiap hari terhubung ke internet, itu memiliki potensi besar dalam terkena virus seperti halnya Trojan. Berbeda dengan komputer yang jarang terkoneksi ke internet akan lebih aman dibandingkan dengan komputer yang sering terhubung ke internet. Apalagi sekarang ini banyak Malware dan virus yang mudah sekali masuk ke dalam komputer, karena user atau penggunanya sering berjelajah dan mendowload file di internet sembarangan.
Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan internat terutama dalam mendonload sebuah file, contohnya Anda ingin mendwnload sebuah game yang berukuran besar, sebaiknya Anda pergi ke situs yang terpercaya dan pilihlah game berbayar agar lebih aman saat dimainkan. Apabila Anda sering berjelajah ke internet, semaiknya pasang firewall di komputer yang Anda pakai agar lebih aman dan terhindar dari virus, karena firewall mempunyai fungsi yang sangat luar biasa yaitu menghindari komputer dari serangan virus ataupun malware.

2. Waspada Terhadap Memori, Flashdisk dan Sejenisnya

Banyak orang yang tak menyadari bahwa flashdisk bisa mendatangkan virus, yang mana flashdisk tersebut banyak digunakan oleh berbagai macam komputer dan komputer tersebut terdapat virus. Jika Anda sembarangan dalam memasukkan flashdisk ke komputer, maka virus akan mudah sekali masuk. Jadi Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan sebuah flashdisk ataupun memori.

3. Selalu Aktifkan Firewall

Fungsi dari firewall sendiri yaitu untuk menghindari komputer dari serangan virus ataupun malware. Sangat disarankan mengaktifkan firewall bagi Anda yang sering terhubung ke internet dan dengan menggunakan firewall, komputer Anda akan semakin aman dan terkendali.

4. Kompresi File Penting Dalam Bentuk RAR atau ZIP

Bagi Anda yang sering mengerjakan tugas menggunakan Ms.Word pastinya memiliki file yang sangat banyak dan sebaiknya file-file tersebut diubah ke dalam format RAR atau ZIP dengan tujuan agar file tersebut aman dan terhindar dari serangan virus atau malware. Dengan melakukan cara ini, maka komputer Anda akan semakin kecil terkena virus.

5. Gunakan Antivirus

Antivirus wajib Anda miliki di komputer agar komputer Anda terbebas dari virus. Dengan menggunakan Antivirus, kemungkinan komputer akan terkena virus akan semakin kecil karena virus sudah terdeteksi oleh aplikasi tersebut. Aplikasi antivirus yang bisa Anda gunakan yaitu Smadav. Aplikasi ini mempunyai berbagai macam fitur yang berguna untuk menangkal masuknya virus ke komputer. Selain itu, lakukanlah update Antivirus secara rutin agar kinerja komputer lebih baik dan aplikasi antivirus akan berjalan dengan normal.

Nah itulah beberapa cara merawat komputer agar tidak mudah terkena virus yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua, dan untuk para pengguna teknologi canggih ini bisa memahami semua komponen agar komputer yang digunakan semakin awet dan terhindar dari yang namnya virus.