Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Bagaimana Cara Merawat Kamera DSLR Dengan Baik? Ini Dia Tipsnya

Bagi Anda yang suka foto pasti akan rela menabung dan membeli kamera DSLR dengan tujuan agar gambar yang dihasilkan menjadi bagus sesuai yag diinginkan. Tentu saja uang yang dikeluarkan untuk membeli kamera inu tidaklah sedikit. Nah agar kamera yang Anda beli itu tidak sia-sia, maka Anda harus merawatnya setiap hari agar awet dan tahan lama. Dengan merawat kamera DSLR dengan baik, maka barang akan terlihat bagus dan awet, serta hasil jepretan pun akan semakin baik.

Untuk merawat kamera DSLR tidak sembarangan dan perlu tata cara yang tepat agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini beberapa cara merawat kamera DSLR yang akan saya bagikan kepada Anda semua, dan cara ini merupakan rekomendasi dari seorang kameramen yang sudah handal dalam memakai kamera dan sudah berpengalaman.

Cara Merawat Kamera DSLR Dengan Baik

Bagaimana Cara Merawat Kamera DSLR Dengan Baik? Ini Dia Tipsnya

1. Bersikan Lensa Kamera Dengan Cairan

Lensa kamera merupakan bagian yang mudah sekali terkena kotoran atau debu, dan harus dibersihkan secepatnya agar tidak rusak. Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan cairan hand air blower dan bisa juga menggunakan alkohol. Anda bisa menggunakan alkolol 91% dan usapkan ke bagian lensa kamera dengan menggunakan tisue atau kain yang halus. Bersihakan secara pelan-pelan dan dengan gerakan memutar.

2. Pakai Shoulder Strap

Tali yang menggantung di kamera biasa disebut shoulder strap. Alat ini banyak digunakan kameramen dengan tujuan agar tidak terjatuh saat memotret dan memudahkan saat membawanya. Pastikan Anda memakai alat ini setiap kali akan memotret agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Rawatlah Baterai Kamera

Biasanya kamera DSLR dibekali dengan baterai Lithium-Ion yang memiliki siklus tertentu dalam pemakaiannya. Baterai ini kalau sudah dalam proses pengisian selama 500 kali, dalam penggunaan berikutnya akan sepat boros dan lama mengisi daya. Untuk itu rawatlah baterai saat sedang baru membeli agar tetap awet dan tidak boros. Anda dapat mengisi baterai jika posisi daya sudah habis dan tentu keawetan baterai kamera tergantung bagaimana cara Anda memakainya.

4. Pasang Lens Hood Pada Lensa

Benda ini banyak dipakai oleh para fotografer, karena selain untuk aksesoris barang ini juga berguna untuk melindungi sensor yang terdapat pada lensa. Jika sensor tersebut tidak dilengkapi dengan Lens Hood maka akan terkena sinar matahari secara langsung dan itu akan membuat lensa semakin menurun kualitasnya.

5. Bersihkan Tustel Secara Rutin

Tustel merupakan bagian dari kamera DSLR yang sangat rawan terkena kotoran. Untuk itu Anda harus membersihkannya secara teratur dan saat membersihkan harus berhati-hati dengan menggunakan cairan tertentu. Anda dapat membersihkan sela-sela Tustel menggunakan cotton bud.

6. Pasang Pelindung Lensa

Lensa merupakan bagian yang sangat penting dalam komponen kamera DSLR. Jika lensa mengalami kerusakan maka kamera tidak bisa digunakan lagi. Untuk menghindari kerusakan maka Anda harus memasang pelindung lensa dan bisa didapatkan di toko kamera. Dan pilih pelindung lensa dengan kualitas yang bagus. Dengan memakai pelindung lensa, maka akan semakin awet dan terhindar dari debu dan goresan.

7. Hindari Kamera Dari Air

Kamera DSLR berbeda dengan kamera lainnya yang dirancang memang untuk tahan air. Namun, tustel yang dimiliki kamera DSLR sangat rawan dengan air dan jika terkena air maka akan cepat rusak. Maka dari itu, saat memotret usahakan hindarkan kamera dari air.

8. Jauhkan Kamera Dari Sinar Matahari

Saat kamera terkena sinar matahari langsung, maka tustel akan rusak dan bagian-bagian kamera lainnya akan terganggu terutama bagian luar yang akan menjadi kasar dan tidak enak dipegang. Saat pemotretan di luar ruangan, Anda bisa membawa kamera lebih dari satu dan bisa menggunakan tustel secara bergantian. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada tustel.

9. Simpan Kamera Di Dry Box

Dry Box merupakan tas yang digunakan untuk menyimpan kamera agar awet. Di dalam tas ini terdapat beberapa bagian yag berguna untuk meletakkan Charger, filter, lensa, dan kamera. Jika kamera tidak lagi digunakan Anda bisa menyimpannya di tas ini.

Bagian inti dari kamera yaitu Tustel, maka dari itu rawatlah Tustel mulai dari sekarang agar dalam pemakaian barikutnya tidak terjadi kendala. Semoga artikel diatas bisa membantu Anda yang masih pemula yang kurang tau cara merawat kamera DSLR dengan baik.