Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Terbukti! Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dan Awet

Barang elektronik terutama laptop merupakan barang yang sering digunakan baik itu untuk berbisnis, mengerjakan tugas sekolah, sampai bermain game. Jika laptop sering digunakan dan tanpa adanya perawatan pastinya akan gampang rusak terutama pada bagian baterai. Permasalahan yang sering terjadi pada baterai yaitu terjadinya kebocoran, dan cepat panas.

Untuk semua pengguna laptop harus tau cara merawat baterai laptop agar tahan lama dan awet sehingga bisa mendukung semua pekerjaan yang sedang dilakukan. Bagi sebagian orang pasti belum tahu bagaimana cara merawat baterai. Nah disini saya akan membagikan tips cara merawat baterai laptop.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama 

Terbukti! Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama dan Awet

1. Jangan Biarkan Laptop Mati Total

Bagi sebagian orang banyak yang menyepelekan masalah ini terutama bagi pada gamers yang sering lupa dengan baterai yang hampir habis. Dengan bermain game ataupun nonton film bisa membuat si pengguna menjadi lupa tidak mengecek baterai dan lupa tidak segera untuk charger laptop. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan tejadi kerusakan terutama pada baterai yang mana baterai tersebut sulit untuk mengisi daya dan cepat habis.

2. Atur Cahaya Mode Rendah

Cara yang selanjutnya yaitu mengatur mode cahaya pada layar laptop. Sebaiknya Anda mengaturnya ke mode rendah karena bisa menghemat baterai sekaligus menjadikan baterai menjadi awet dan tahan lama. Dengan menampilkan mode rendah otomatis cahaya yang dikeluarkan sedikit dan hal ini sangat baik untuk kesehatan mata.

3. Cabut Charger Jika Sudah 100 Persen

Banyak para gamers yang menggunakan laptop sambil dicas, hal ini tidak baik untuk baterai karena bisa merusak komponen yang ada pada baterai tersebut. Jika hal ini tetap dilakukan dalam jangka panjang, biasanya baterai laptop akan mengembang dan tidak lama kemudian akan terjadi kebocoran dan itu sangat membahayakan komponen laptop lainnya.

4. Mengontrol Waktu Pemakaian

Sebagian orang lupa kalau sudah berada di depan laptop dan tidak memperhatikan seberapa lama laptop tersebut beroperasi. Jika laptop dioperasikan seharian penuh tanpa adanya istirahat, maka baterai akan cepat habis dan bisa terjadi kerusakan. Sebaiknya Anda menggunakan laptop sewajarnya saja dan kalau sudah tidak digunakan langsung di matikan daya atau shutdown.

Jika Anda sedang bepergian jauh maka sebaiknya melepas baterai laptop dan letakkan di tempat dengan suhu normal. Apabila laptop Anda memiliki baterai model tanam maka matikan daya dan pastikan kondisi baterai masih banyak atau minimal 50%, jangan sampai posisi mati tetapi baterai habis total.

5. Perhatikan Suhu Laptop Saat Dicharger

Dengan memperhatikan suhu laptop maka akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada baterai. Apabila suhu terlalu dingin atau panas maka otomatis laptop akan bekerja lebih keras dan cepat terjadi kerusakan pada komponen baterai. Contoh suhu normal saat baterai dicharger yaitu kisaran 15-35 derajad celcius. Jika suhunya diatas itu, maka kapasitas baterai akan semakin berkurang dalam waktu dekat.

Bila Anda pengguna aktif laptop sebaiknya lakukan cara diatas guna untuk mengatasi atau mencegah agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama. Dengan memiliki kualitas baterai yang baik maka pekerjaan yang Anda lakukan pun akan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Jika baterai laptop Anda mengalami kebocoran, sebaiknya jangan atasi sendiri karena berbahaya. Anda bisa membawanya ke tempat service laptop dan konsultasikan masalahnya kepada teknisi handal agar masalah cepat terselesaikan. Cara di atas cuma sebagian saja dan itu berasal dari pengalaman pribadi saya dalam merawat sebuah baterai laptop. Semoga bermanfaat bagi Anda semua