Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Cara Menghilangkan Retak Pada HP Dengan Mudah dan Cepat! Ini Tipsnya

Selain laptop, alat elektronik yang biasa digunakan oleh semua orang yaitu Handphone/HP. Di era telekmunikasi saat ini HP sudah menjadi kebutuhan semua orang mulai dari anak kecil hingga lansia semua pasti menggunakan HP. Penggunaannya pun beragam, ada yang menggunakan HP sebagai berbisnis, belajar dan juga bermian game. Kegunaan HP saat ini sangatlah banyak, dan tak heran jika semua orang selalu membawa HP saat bebergian. Dan tak jarang jika HP yang kita bawa sering jatuh dan terjadi kerusakan yang serius.

Jika Anda menggunakan HP model sekarang pasti sangat rawan sekali dengan yang  namanya benturan, dan yang paling rawan yaitu di bagian layar. Ketika HP terjatuh bagian yang harus diwaspadai yaitu layar, karena dapat berakibat kerusakan bahkan mati total. Biasanya kalau jatuhnya tidak begitu keras paling hanya terjadi retak sedikit pada HP dan itu pu  harus selalu diperhatikan. Untuk menghindari kerusakan HP terutama pada layar yang retak, Anda harus membaca artikel ini sampai habis karena disini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara menghilangkan retak pada HP.

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Cara Menghilangkan Retak Pada HP Dengan Mudah dan Cepat! Ini Tipsnya

1. Gunakan Pelindung HP/Casing

Saat Anda membeli HP baru maupun bekas sebaiknya beli juga pelindung hp agar aman dari benturan keras dan meminimalisir terjadinya kerusakan. Casing yang dijual di pasaran umumnya dibuat dari plastik atau silikon dan sangat aman untuk melindungi HP dari benturan. Silikon HP terdapat berbagai macam model yang menarik dan Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan dipadukan dengan warna HP agar lebih menarik.

2. Perbaiki Layar Yang Retak Sebagian

Apabila layar HP Anda mengalami retak sebagian saja maka Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu atau melakukan diagnosa. Bisa saja layar HP tidak mengalami rusak, hanya saja menunjukkan ciri-ciri LCD rusak. Berikut beberapa cara memperbaiki HP yang retak :
 - Pertama melakukan kalibrasi layar Anda dengan cara masuk ke menu setting lalu pilih kalibrasi layar.
 - Kemudian Anda harus mengikuti arahan dari HP saja. Dan biasanya yang disuruh yaitu Anda harus mengklik di sembarang tempat yang ada di layar.
 - Setelah itu, melakukan kalibrasi layar dengan menekan layar di HP Anda. Kemudian ikuti terus perintah yang disuruh, biasanya setelah melakukan kalibrasi ini, layar akan terdeteksi dan anak normal kembali.
 - Jika langkah-langkah tadi tidak berhasil, maka Anda harus melakukan instal ulang atau reset HP agar berubah seperti awal setelan pabrik.

3. Memperbaiki Layar HP Pecah atau Retak

Untuk memperbaiki layar HP pecah atau retak, ada beberapa tips yang bisa Anda langusng lakukan diantaranya :
 - Apabila layar HP Anda mengalami retak, tidak berfungsi dengan baik dan terdapat garis-garis yang mengganggu aktivitas, maka sebaiknya Anda melakukan flash atau reset ulang.
 - Jika Anda sudah mereset HP dan hasilnya sama saja, sebaiknya gantilah layar LCD dengan yang baru dan sesuaikan dengan model HP yang Anda gunakan.

4. Segera Perbaiki Kaca Kamera HP

Kaca atau lensa kamera pun sangat rawan sekali ketika HP jatuh dan bisa terjadi kerusakan. Untuk itu Anda harus segera memperbaikinya dengan menggunakan alat-alat yaitu lensa kamera, hairdryer dan sebagainya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

 - Pertama siapkan HP dengan kaca kamera retak atau pecah
 - Membuka casing belakang, dan saat membuka casing pastikan HP Anda dalam posisi mati untuk menghindari terjadinya kerusakan.
 - Selanjutnya panaskan casing HP bagian belakang dengan hairdryer dan tunggu sampai beberapa meit.
 - Lepaskan kaca ke luar casing dengan bantuan alat seperti jarum dan sejenisnya.
 - Ganti kaca yang retak tersebut dengan yang baru dan pasang kembali kaca yang baru tersebut dengan baik.
 - Setelah terpasang dengan benar, selanjutnya tutup kembali casing tersebut, dan pastikan benar dalam pemasangan.
 - Untuk menghindari terjadinya retak lagi, maka harus secara rutin membersihkan kaca tersebut.

5.  Membawanya Langsung Ke Tempat Service HP

Setelah cara 1 sampai 4 tidak ada perubahan maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu membawanya ke teknisi HP atau konter HP terdekat dan konsultasikan masalahnya. Dengan begitu Anda jadi tau dimana letak kerusakan dan langsung bisa menggantinya dengan yang baru. Saat Anda datang ke tempat service HP, maka teknisi akan memperbaikinya dengan maksimal dan tidak usah diragukan lagi.

Itulah beberapa cara menghilangkan retak pada HP yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, jika terjadi kesalahan dalam melakukan cara tersebut bisa datang langsung ke konter HP yang ada di kota Anda untuk melakukan konsultasi. Semoga cara yang saya bagikan diatas bisa sedikit membantu Anda,,,Terima Kasih.