Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Terbukti! Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Dengan Benar

Di zaman sekarang pasti semua orang orang pasti menggunakan laptop terutama mahasiswa yang digunakan untuk mengerjakan tugas dan skripsi. Laptop merupakan barang elektronik yang mudah untuk dibawa kemana-mana dan berbeda dengan komputer. Laptop memiliki fungsi yang tidak dimiliki oleh HP, maka dari itu banyak orang yang menggunakan laptop setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Terkadang laptop yang kita pakai mengalami error atau lemot, sehingga menghambat pekerjaan dan sering kali membuat kita jengkel. Bagi yang tidak tau masalah komponen laptop pasti akan semakin resah jika laptop tiba-tiba ngehang. Namun, tidak usah kawatir karena disini saya akan berbagi tips mengatasi laptop kita yang sering ngehang atau lemot. Cara ini merupakan rekomendasi dari teknisi laptop yang handal di daerah saya.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Dengan Benar

Terbukti! Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Dengan Benar

1. Mengganti Hardisk HHD dengan SSD

Apabila permasalahan laptop lemot dikarenakan oleh Hardisk, maka kita harus melakukan defrag untuk megoptimalkan laptop agar seperti semula. Dan jika cara yang dilakukan ini masih saja tidak membuahkan hasil, maka harus mengganti Hardisk HHD ke level yang diatasnya seperti SSD yang lebih memiliki performa yang baik. Dengan menggunakan Hardisk SSD otomatis akan menjadikan laptop Anda lebih ringan dan proses booting semakin cepat.

2. Melakukan Upgrade Kapasitas RAM

Laptop lemot Cara yang kedua yang harus dilakukan yaitu mengupgrade kapasitas RAM di laptop yang Anda pakai. Dengan cara ini dapat mempercepat kinerja laptop. Untuk itu Anda perlu menambah RAM pada slot di Mainboard yang tersedia. RAM yang direkomendasikan yaitu SODIMM atau DIMM , serta perhatikan juga kecepatannya.

3. Rawatlah Hardware Secara Rutin

Dengan merawat Hardware secara rutin juga bisa mempercepat kinerja laptop lohh. Banyak orang yang tidak melakukan hal ini dan sering mengabaikannya. Anda bisa membersihkannya mulai dari motherboard, kipas hingga ke processor.

4. Pakai Aksesoris Pendukung Laptop

Anda bisa menambahkan cooling pad atau kipas laptop agar suhunya tetap terjaga. Dengan melakukan cara ini, kemungkinan laptop Anda akan lemot lebih kecil. Anda tidak usah khawatir lagi dengan laptopnya, karena cooling pad sudah bekerja semaksimal mungkin untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil.

5. Uninstal Software Yang Tidak Diperlukan

Pastinya Anda pernah kan menginstal software tetapi tidak digunakan, hal ini yang menyebabkan laptop menjadi lemot karena ruang penyimpanan semakin kecil bahkan sampai penuh. Hal yang harus Anda lakukan yaitu memilih file-file atau aplikasi yang tidak digunakan, dan kemudian di uninstal agar laptop terasa ringan. Anda bisa menggunakan software seperti CCleaner dan sebagainya untuk membantu dalam membersihkan sampah-sampah dalam laptop Anda.

6. Instal Ulang OS Windows

Dengan menginstal ulang windows, ini merupakan salah satu alternatif yang paling sering digunakan oleh sebagian orang yang tujuannya agar laptop yang mereka pakai bisa seperti baru lagi dan tidak lemot. Cara menginstal ulang windows cukup gampang yaitu dengan menggunakan flashdisk yang di dalamnya sudah ada file OS nya saja.

7. Gunakan Aplikasi Tune-Up

Cara berikutnya untuk mengatasi laptop lemot yaitu dengan menggunakan aplikasi Tune-Up. Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk menghapus file-file yang tidak berguna serta juga bisa melakukan defragmentasi Hard disk. Saat menginstal aplikasi gratis di google, Anda perlu waspada karena banyak yang menyediakan aplikasi penghapus sampah tetapi di dalamnya terdapat virus atau malware. Jadi gunakanlah aplikasi yang terpercaya dan bagus seperti Tune-Up ini.

Itulah beberapa cara yang wajib dilakukan oleh semua orang jika mengalami masalah seperti laptop lemot. Semoga dengan membaca artikel ini dan diterapkan, laptop Anda dapat normal kembali dan performanya meningkat.