Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Cara Memperbaiki Motherboard Komputer Rusak Dengan Benar

Motherboard merupakan salah satu perangkat yang penting dalam sebuah komputer atau laptop. Perangkat keras ini berfungsi untuk meletakkan komponen-komponen lainnya seperti memory (BIOS, RAM, ROM) dan ada chip kontroler yang lainnya. Selain itu juga terdapat SLOT ekspansi yang berfungsi untuk memasang kartu atau card  tambahan serta meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan dan meningkatkan fasilitas. Perkambangan teknologi motherboard saat ini semakin berkembang pesat salah satunya yaitu untuk mengimbangi kinerja microprocessor. Namun, lama-kelamaan pengguna akan merasakan hal yang kurang nyaman dalam menggunakan komputer, biasanya sering terjadi masalah di motherboard.
 
Masalah ini sering dikeluhkan oleh sebagian orang karena perangkat keras sulit untuk diperbaiki dan harganya pun relatif mahal. Masalah yang sering dialami yaitu mati total, rusak, tidak bisa tampil, dan tidak bisa masuk BIOS dan biasanya tidak akan menyala. Namun, Anda bisa memperbaiki masalah tersebut dengan cara komputer dibawa ke tempat service dan bisa juga diperbaiki secara mandiri. Jika Anda tidak sempat pergi ke tempat service, kali ini saya akan memberikan tips cara memperbaiki motherboard yang rusak dan bisa Anda praktekkan di rumah.

Cara Memperbaiki Motherboard Komputer Rusak

Inilah Cara Memperbaiki Motherboard Komputer Rusak Dengan Benar

1. Motherboard Menyala Tetapi Tidak Ada Tampilan

Jika Anda mengalami masalah seperti ini maka langkah yang harus Anda lakukan yaitu :
  • Langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek atau mendengarkan apakah terdapat bunyi bip atau tidak.
  • Jika terdapat suara bip maka kemungkinan besar terjadi kerusakan di memori, processor dan VGA.
  • Setelah itu, coba periksa processor dan bagaimana kondisi suhunya apakah terlalu panas atau dingin.
  • Apabila suhunya terlalu panas biasanya terjadi kerusakan pada kipas, berarti sudah seharusnya diganti dengan yang baru dan jika suhunya dingin maka processor tidak bekerja dengan baik, biasanya terjadi masalah dan harus ditangani secara berlanjut.
  • Langkah selanjutnya yaitu periksa memori, jika terdapat masalah pada memori biasanya akan terdengan suara bip pada speaker sebanyak 4 sampai 5 kali.
  • Pada saat komputer atau laptop dalam keadaan mati, maka sebaiknya lepas baterai dan Anda bersihkan pada bagian pinnya hingga bersih menggunakan ujung pensil, kemudian pasang kembali.
  • Dan apabila setelah dibersihkan masih saja terjadi masalah, biasanya salah satu IC nya rusak.
  • Periksa VGA dan lepas VGA tersebut, kemudian pasang kembali dan dalam keadaan off tekan beberapa menit, biasanya masalah ini terjadi karena VGA kurang masuk atau Anda bisa juga memebrsihkan di bagian pinnya.
  • Jika VGA yang Anda gunakan memakai kipas, maka langsung periksa kipas tersebut dan bersihkan secara hati-hati. Setelah dibersihkan namun masih saja terjadi masalah, maka periksa monitornya, bisa jadi monitornya tidak menyala dan ini biasanya terjadi kerusakan pada monitor atau CPU. Untuk memastikan apakah yang rusak dibagian tersebut, Anda bisa menekan tuts numlock pada keyboard laptop dan periksa lampu numlocknya menyala atau tidak.
  • Apabila lampu pada numlock menyala, biasnaya kerusakan terdapat pada CPU. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu membersihkan debu baik itu di motherboard, memori atau yang lainnya, karena kesusakan pada bagian tersebut sangat berpengaruh, apalagi jika komputer atau laptop jarang dibersihkan atau dalam keadaan kotor.

2. Komputer Sering Hang

Penyebab dari masalah tersebut yaitu biasanya hardisk sudah rusak atau terinveksi oleh virus atau malware, overlocking yang biasanya akan dilakukan, dan jenis memori RAM yang digunakan tidak sesuai atau biasanya berasal dari pabrik yang berbeda. Cara mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan cara :
  • Anda dapat mengubah settingan processor pada BIOS ke dalam reset ulang atau default
  • Ganti hardisk yang baru atau juga bisa dengan melakukan scan hardisk
  • Selalu perhatikan memori RAM yang terpasang sudah sesuai dengan jenisnya.

3. Komputer atau Laptop Sangat Lambat

Masalah tersebut biasanya disebabkan karena hardisk terinveksi virus atau malware, memori RAM yag tidak cukup, processor terlalu panas dan terlalu banyak program atau aplikasi yang terinstal. Cara memperbaiki masalah tersebut coba Anda lakukan beberapa cara berikut ini :
  • Anda perlu menscan hardisk dengan menggunakan antivirus
  • Menambah kapasitas memori yang sudah mencukupi
  • Anda bisa menambahkan kipas pada CPU agar suhu tetap terjaga dengan baik
  • Hapus sebagian program atau aplikasi yang sudah tidak digunakan.
Perangkat keras pada komputer atau laptop merupakan komponen yang sangat rawan terjadi kerusakan. Untuk itu rawatlah laptop dengan baik agar perangkat keras terutama motherboard tetap awet dan terjaga. Jangan lupa, selalu rawat CPU secara rutin dan semoga dengan membaca artikel diatas bisa membantu Anda dalam memecahkan sebuah masalah pada motherboard.