Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca/Rusak

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca/Rusak
Metode penyimpanan saat ini yang paling sering digunakan yaitu flashdisk. Selain memiliki harga yang murah, flashdisk juga berbentuk kecil dan mudah dibawa kemana saja dan benda ini memiliki berbagai macam ukuran mulai dari 2 GB hingga 128 GB. Untuk itu, apabila ruang penyimpanan laptop sudah hampir penuh, maka sebaiknya Anda menggunakan flashdisk untuk menyimpan data dan file Anda. Namun dibalik kelebihan yang dimiliki tadi, flashdisk juga mempunyai kekurangan yaitu gampang rusak dan sering tidak terbaca di komputer. Hal ini membuat pengguna menjadi kesal karena mereka pasti menggunakan flashdisk untuk menyimpan dokumen-dokumen penting di dalamnya.

Penyebab flashdisk rusak dan tidak terbaca di komputer

A. Mudah sekali terjatuh, sehingga komponen luar dan komponen dalam flashdisk mengalami kerusakan
B. Port USB yang terganggu atau terjadi kerusakan
C. Tidak melakukan eject saat selesai menggunakan flashdisk
D. Flashdisk pernah terkena air sehingga masuk ke dalam komponen dan mengalami kerusakan
E. Terdapat masalah pada settingan BIOS
F. Terdapat masalah pada driver laptop atau komputer
G. Sering menancapkan flashdisk ke berbagai macam laptop, sehingga flashdisk mudah terkena virus atau malware.

Dadi beberapa penyebab tersebut merupakan sebuah masalah yang sering terjadi dan banyak dialami oleh flashdisk yang sudah lama. Jika permasalahan terjadi hanya di bagian fisik saja, maka kemungkinan besar masih bisa diatasi. Nah jika masalahnya terjadi karena ada gangguan pada software bahkan flashdisk tidak terbaca oleh komputer maka ini merupakan masalah yang serius dan harus segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami masalah seperti ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca/Rusak

1. Cek Port USB di Komputer/Laptop

Apabila flashdisk Anda tidak terbaca, maka langkah pertama adalah mengecek port USB laptop/komputer. Bisa jadi yang rusak bukanlah flashdisk melainkan port USB dari laptop tersebut. Apabila port USB tersebut rusak, maka secara otomatis flashdisk tidak dapat terbaca. Untuk mengetahui apakah yang rusak port USB atau flashdisk, maka Anda coba dulu menancapkan flashdisk ke komputer lain.

2. Menggunakan Komputer Management

Komputer Management merupakan fitur yang ada di windows yang berguna untk mengetahui penyimpanan yang terhubung ke komputer, baik itu flashdisk, SDD dan hardisk. Semua itu bisa terbaca melalui komputer management ini. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan cara berikut ini.
A. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menekan tombol Windows > klik Run > Enter
B. Setelah muncul menu Run, Anda langsung ketik compmgmt.mcs, yang berguna untuk membuka computer management.
C. Kemudian klik menu Storage, setelah menu ini terbuka maka langsung saja menu Disk Management.
D. Lalu Anda lihat apakah flashdisk tersebut terbaca pada menu Disk Management atau tidak, jika terbaca Anda cukup dengan memformatnya saja dan apabila flashdisk tidak terbaca berarti flashdisk tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi.
E. Dan apabila flashdisk Anda berhasil terdeteksi, kemudian Anda klik kanan di menu driver flashdisk, lalu klik menu create partition.
F. Setelah itu, Anda tinggal memformat flashdisk dengan cara klik kanan dan pilih format.

3. Memeriksa Driver USB di Laptop/Komputer

Jika flashdisk tidak terbaca maka Anda harus mengeceknya melalui driver USB terlebih dahulu. Bisa jadi driver USB yang belum diinstal dan menyebabkan flashdisk tidak dapat terbaca di komputer. Untuk mengetahui apakah driver USB sudah terinstal di komputer atau belum, Anda bisa mengeceknya dengan cara berikut ini.
A. Langkah yang pertama yaitu buka menu Control Panel
B. Lalu pilih Device Manager
C. Semua driver yang ada pada komputer bisa Anda lihat melalui device manager ini. Dan apabila salah satu driver ada yang belum terinstal maka akan ada peringatan berupa tanda seru merah.
D. Apabila ada salah satu driver yang belum terinstal, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu untuk bisa membaca sebuah flashdisk.

4. Format Dengan CMD

Cara ini banyak digubakan oleh sebagian orang karena caranya yang simpel dan hasilnya yang memuaskan. Dengan menggunakan format CMD, Anda akan dapat segera membaca flashdisk. Adapun cara membaca flashdisk melalui format CMD sebagai berikut :
A. Colokkan flashdisk ke komputer terlebih dahulu
B. Setelah itu buka CMD, caranya klik stat lalu di menu pencarisn ketik CMD
C. Setelah CMD terbbuka maka Anda harus ketik Disk Part
D. Untuk mengetahui posisi flashdisk berada pada driver yang mana, Anda harus ketik List Disk
E. Dengan melihat kapasitas penyimpanan, otomatis Anda dapat mengetahui posisi dari flashdisk tersebut
F. Setelah Anda melihat dan mengetahui posisi flashdisk, maka langkah selanjutnya di kolom CMD yang perlu Anda lakukan yaitu ketik FORMAT F:/FS/FAT. Huruf F disini merupakan letak posisi flashdisk Anda dan ini bisa berbeda-beda.
G. Untuk yang terakhir, Anda klik ENTER dan tak lama kemudian flashdisk akan terformat oleh windows dan semua file yang ada di flashdisk tersebuta akan hilang dan flashdisk akan normal seperti semula.

Flashdisk merupakan benda yang biasa digunakan untuk menginstal sebuah windows ataupun menyimpan file-file penting. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai laptop dengan RAM kecil pasti akan sangat membutuhkan sebuah flashdisk. Jika flashdisk yang Anda gunakan tersebut mengalami kerusakan maka sesegeralah memperbaikinya, dan semoga artikel diatas bisa sedikit membantu Anda yang masih kebingungan bagaimana caranya memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer/laptop. Terima kasih