Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Yang Jarang Diketahui

Bagi yang mempunyai laptop/PC pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mouse. Ya, benda yang satu ini memang memiliki banyak fungsi salah satunya yaitu untuk menggerakkan kursor ke mana saja yang Anda mau dan pastinya mematikan laptop pun pasti kebanyakan menggunakan mouse. Mematikan laptop dengan cara ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang dan sering dilakukan.
 
Ketika mouse yang sedang digunakan terjadi kerusakan pasti orang tersebut akan bingung dan tidak tau cara mematikan laptop/PC tanpa mouse. Nah, ternyata ada berbagai cara loh mematikan laptop/PC tanpa menggunakan mouse melainkan hanya dengan menekan beberapa tombol yang ada di keyboard saja dan cara ini jarang diketahui sebagian orang.

Manfaat Mematikan Laptop Dengan Menggunakan Keyboard

Inilah Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Yang Jarang Diketahui

1. Tidak Ribet

Dengan mematikan laptop menggunakan laptop akan semakin mempercepat proses dan tidak usah mengarahkan kursor ke arah windows. Dengan menekan beberapa tombol saja sudah bisa mematikan laptop dan itupun bisa dilakukan hanya dengan sekali tekan.

2. Pilhan Ketika Mouse Error

Ketika Anda tergesa-gesa saat ingin mematikan laptop dan mouse yang Anda pakai mengalami error, pasti sangat bingung dan segera mematikan laptop dengan cara cepat bukan? Nah, dengan menggunakan keyboard ini bisa menjadi solusi ketika mouse yang Anda pakai rusak atau error.

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mematikan laptop/PC menggunakan keyboard dan bisa langsung Anda praktekkan dirumah. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Tekan Tombol ALT+F4

Cara ini cukup mudah yaitu dengan cara menekan tombol ALT beberapa saat dan diikuti dengan menekan tombol F4, maka laptop akan menampilkan pilihan shutdown dan pilih enter untuk mematikannya.

2. Tekan Tombol CTRL+ALT+DEL

Dengan menekan ketiga tombol tersebut otomatis akan muncuk menu di pojok kanan bawah, dan Anda cukup memilih menu shutdown, maka laptop akan mati dengan sendirinya.

3. Tekan Tombol Windows+Tombol Panah Pada Keyboard

Cara ini sangat aman dan begitu simpel dan banyak digunakan oleh sebagian orang. Anda cukup menekan tombol windows dan arahkan kursor menggunakan arah panah yang ada pada keyboard menuju tombol shutdown, lalu klik enter dan otomatis laptop akan segera mati.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mematikan Laptop Dengan Keyboard

1. Cek semua program yang sedang berjalan dan pastikan sudah disave semua dengan baik, kemudian klik close untuk menutup semua program yang sedang berjalan.

2. Setelah aplikasi yang digunakan sudah diclose semua, langkah selanjutnya yaitu membersihkan sampah dengan menggunakan aplikasi Ccleaner yang berguna untuk membersihkan cache pada laptop.

3. Jangan pernah meninggalkan flashdisk yang masih terhubung ke laptop dan juga harus mengeluarkan CD yang masih terdapat di dalam ROM CD laptop. Jika hal tersebut dibiarkan akan terjadi masalah pada laptop yang Anda pakai.

4. Usahakan tidak mematikan laptop dengan menekan tombol power karena bisa menimbulkan masalah yang besar pada laptop Anda.

5. Jika semuanya sudah dilakukan, maka setelah laptop mati Anda harus meletakkannya di tempat yang aman dan usahakan terhindar dari segala benda yang bisa membahayakan laptop tersebut.

Dengan demikian, mematikan laptop/PC dengan menggunakan keyboard menjadi jalan pintas bagi sebagian orang yang menginginkan cara cepat dan tidak ribet. Tetapi harus memperhatikan tata caranya dengan benar dan hindari hal-hal yang bisa merusak laptop ketika sudah dimatikan.

Itulah beberapa cara mematikan laptop dengan menggunakan keyboard yang bisa Anda lakukan dirumah. Cara diatas merupakan sebuah sedikit referensi untuk Anda semua dan semoga bisa bermanfaat.