Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Cara Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Smartphone merupakan sebuah perangkat yang memiliki berbagai macam fungsi seperti untuk bermain game,  hingga berselancar ke internet bisa menggunakan smartphone. Namun dalam membeli sebuah smartohone tidak asal-asalan. Hal yang harus diperhatikan yaitu baterai yang memiliki daya tahan yang lama dan awet. Saat seseorang menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, pasti yang pertama diperhatikan yaitu baterai, karena ketahanan baterai menjadi unsur yang sangat penting.

Jika smartphone memiliki daya tahan baterai yang lama maka penggunanya pun akan sangat nyaman dan tidak was-was saat menggunakannya. Namun, smartphone android memiliki kekurangan yaitu baterai terlalu boros, apalagi jika digunakan untuk bermain game. Ditambah lagi dengan adanya penggunaan hardware seperti layar, processor dan lainnya yang dapat menguras baterai. Selain itu, penyebab baterai boros yaitu karena aplikasi yang terinstal di Playstore. Nah untuk mengatasinya disini saya akan membagikan beberapa tips cara menghemat baterai agar awet dan tahan lama.

Cara Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Inilah Cara Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

1. Hindari Mengisi Baterai Terlalu Lama

Jika baterai sudah mencapai 100% sebaiknya lepas charger, karena jika mengisi baterai terlalu lama akan menyebabkan kegagalan fungsi dan reboot sistem android. Selain itu juga bisa menyebabkan stabilitas jangka panjang dan bisa memperpendek masa usia baterai. Ada juga yang mengatakan jika mengisi baterai terlalu lama akan meningkatkan suhu smartphone, kalau dilakukan terus-menerus akan merusak komponen baterai bahkan merusak sistem operasi. Untuk itu selalu perhatikan tata cara mengisi baterai agar baterai tetap awet dan tahan lama.

2. Hindari Mengoperasikan Hp Saat Mengisi Daya

Hal ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang terutama anak-anak yang suka bermain game sambil mengisi baterai. Dengan temperatur yang tinggi dapat meningkatkan tekanan pada baterai dan membuat kehilangan efektivitas lebih cepat.

3. Redupkan Cahaya Layar

Jika Anda sedang menggunakan Hp, sebaiknya atur cahaya dalam mode rendah karena bisa membantu untuk kesehatan mata. Selain itu, dengan mengatur cahaya mode rendah bisa menghemat baterai. Jika Anda menggunakan Hp dengan cahaya tinggi, maka baterai akan cepat habis dan daya tahan baterai akan berkurang.

4. Bersihkan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Sebagian orang menganggap jika menutup aplikasi bisa menghemat baterai, namun itu semua justru membuat baterai boros karena aplikasi tetap beroperasi di background. Jika hal ini dilakukan terus-menerus maka akan menguras baterai dan RAM. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengecek ke menu multitasking untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan jika sekiranya terdapat aplikasi yang tidak berguna, langsung dimatikan saja karena ini dapat membantu daya tahan baterai tetap awet.

5. Matikan Fitur Lokasi (GPS)

Dengan mematikan fitur lokasi atau GPS secara otomatis akan membuat baterai tetap awet dan tahan lama. GPS sangat berfungsi untuk menentukan arah yang akan Anda tuju. Namun, lama-kelamaan fitur ini sudah mulai tidak berfungsi dengan baik, kebanyakan orang menggunakan fitur GPS hanya untuk berbagi lokasi di media sosial seperti instagram dan lainnya. Sebaiknya, gunakan fitur GPS di media sosial saja, dan jika selain itu harap dimatikan saja agar bisa menghemat daya baterai.

6. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Semakin berkembangnya teknologi, kini semakin banyak smartphone yang menyediakan fitur penghemat baterai. Biasanya dalam penghematan baterai yang dilakukan yaitu dengan mengatur kecerahan layar dan juga mematikan beberapa aplikasi yang masih berjalan di background. Anda bisa menggunakan fitur ini ketika daya baterai sudah lowbatt agar kapasitas baterai tetap terjaga dan awet.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai. Dengan membaca artikel diatas diharapkan semua kegiatan yang Anda lakukan berjalan dengan lancar. Tetaplah rawat baterai dengan baik, terutama bagi Anda yang sering berkunjung ke luar kota dan jauh dari area colokan listrik.