Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Mudah dan Simpel

Zaman teknologi seperti sekarang ini pasti tidak lepas dari yang namanya internet. Ya, pasti semua orang menggunakan koneksi internet setiap harinya untuk menunjang pekerjaan. Ada juga yang menggunakan internet sebagai sarana untuk bermain game online bahkan belajar pun bisa dari internet. Nahh semua itu pasti butuh yang namanya koneksi internet dan pastinya koneksi internet tersebut lancar.

Banyak orang yang menggunakan Wifi sebagai sarana untuk mengakses internet. Selain harganya yang murah, Wifi biasanya memiliki koneksi yang lancar. Apabila koneksi Wifi yang Anda pakai terdapat masalah atau lemot, pasti akan menghambat semua pekerjaan yang Anda lakukan. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat koneksi jaringan Wifi agar mendukung semua aktivitas yang Anda lakukan.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Mudah

8 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Mudah dan Simpel

1. Letakkan Router Di Tempat Yang Strategis

Menematkan Wifi di tempat yang strategis merupakan hal yang harus diperhatikan, sehingga dari sinyal yang dipancarkan akan mengarah sepenuhnya di komputer Anda. Letakkan Wifi di atas dan usahakan jangan terlalu dekat dengan tembok dinding yang mana ini dapat menyebabkan terhambatnya sinyal yang disebarkan.

2. Mengatur Posisi Antena Pada Router

Cara yang satu ini tergolong mudah yaitu dengan cara mengatur posisi antena wifi sampai sinyal normal kembali. Cara ini bisa dilakukan pada saat sinyal wifi mulai melemah atau lemot. Tetapi jangan terlalu sering memutar antena wifi karena bisa terjadi error atau sinyal hilang.

3. Pakai Aplikasi Heatmapping

Aplikasi ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas sinyal pada wifi. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui bagaimana posisi antena router yang tepat agar menghasilkan sinyal yang stabil. Selain itu, dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur atau sinyal wifi sesuai keinginan.

4. Beri Password

Saat ini banyak sekali orang yang memakai wifi, apalagi jika terdapat wifi gratis pasti akan banyak penggunanya. Dan jika hal ini sering terjadi maka koneksi wifi otomatis akan lemot. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memberi password atau kata sandi agar pemakainya lebih sedikit. Jika pemakainya sedikit maka koneksi yang dihasilkan akan lancar dan tidak ada kendala.

5. Mengubah Frekuensi menjadi 5GHz

Frekuensi wifi dibagi menjadi dua yaitu frekuensi 2,4 GHz dan frekuensi 5 GHz. Itu semua tergantung kebutuhan yang ingin Anda inginkan dan disesuaikan dengan penggunanya. Saat ini banyak orang yang memakai barang elektronik dengan frekuensi 2,4 GHz dan untuk mengantisipasi terjadinya koneksi lambat pada wifi, sebaiknya anda menggantinya ke 5 GHz agar lebih ringan dan pastinya perangkatnya sudah mendukung atau sudah bisa diganti ke frekuensi 5 GHz.

6. Menambah Perangkat Repeater

Repeater merupakan perangkat yang dibuat untuk memperluas sinyal wifi. Dengan melakukan hal ini akan membuat wifi kita semakin lancar dan memiliki cakupan yang luas.

7. Ganti Router Baru

Biasanya router yang sudah lama sering terjadi error atau sinyal sering melmah. Jadi sebaiknya gantilah router dengan yang baru agar koneksinya kembali bagus dan bagi Anda yang menginginkan koneksi yang lancar cara ini cocok untuk dicoba.

8. Segera Hubungi ISP

Cara terakhir yang harus dilakukan yaitu segera menghubungi ahlinya dan meminta solusi. Petugas ISP pasti akan memperbaiki dan memberitahu dimana penyebabnya wifi bisa lemot. Cara ini cukup gampang yaitu dengan hubungi nomer ISP dan kasih alamat Anda, maka tidak lama akan datang dan segera memperbaiki koneksi wifi yang terjadi masalah.
 
Itulah beberapa tips mempercepat koneksi wifi internet yang Anda pakai. Semoga dengan artikel ini saya bisa berbagi informasi dan bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sedang mencari cara untuk mempercepat koneksi wifi internet.