Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8+ Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 dan Terbukti Berhasil

Saat komputer lemot memang menjadi hal yang sangat menyebalkan apalagi kalau sedang bermain game atau sedang mengerjakan sesuatu hal yang penting. Banyak orang yang mengeluhkan komputernya karena perfoma kurang memuaskan atau bisa dibilang lemot. Bagi Anda pengguna windows 10, jika mengalami hal seperti ini tetap tenang, karena ketika windows lemot ada soluaisnya dan akan saya bagikan di artikel ini. Cara ini sudah terbukti berhasil dan hanya bisa dicoba untuk windows asli saja, untuk pengguna crack jangan pernah berharap dengan menggunakan cara ini bisa berhasil. Berikut cara mempercepat kinerja windows 10 yang bisa Anda lakukan.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

8+ Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 dan Terbukti Berhasil

1. Restart Komputer/Laptop Anda

Apabila Anda menggunakan komputer secara terus-menerus terutama yang menggunakan windows 10, ini akan mengakibatkan komputer/laptop lemot. windows 10 memang menyediaan mode sleep, tetapi proses yang sebelumnya berjalan akan tetap berlanjut, dan jika didiamkan terus-menerus akan menjadikan windows terasa lemot. Jadi walaupun windows 10 telah menyediakan mode tersebut, Anda tetap harus melakukan proses restart setelah merasakan tanda-tanda komputer yang Anda gunakan lemot. Jangan lupa menutup semua program ketika proses restart dimulai.

2. Update Windows 10

Update windows memang harus dilakukan, apalagi sekarang perusahaan microsoft telah merilis update windows 10 yang bertujuan untuk membersihkan semua bug yang ada, agar bisa mempercepat kinerja windows. Sekarang ini, jika Anda mengupdate sebuah windows 10 rata-rata akan mengalami perubahan efisiensi sistem dan kinerja windows.

3. Jalankan Disk Cleanup

Cara selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan Disk Cleanup. Utility ini mempunyai fungsi yaitu membersihkan atau menghapus file yang tidak dibutuhkan seperti file installer dan halaman web offline. Untuk menjalankan utility ini Anda cukup klik menu windows dan ketik saja Disk Cleanup.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bagi Anda yang sering mendownload aplikasi namun dibiarkan saja dan tidak digunakan, tanpa disadari itu merupakan salah satu penyebab windows yang Anda pakai kinerjanya turun. Maka dari itu, hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak begitu penting. Untuk menghapusnya Anda bisa menuju ke menu Control Panel, kemudian klik Programs>Prorgam and Features dan pilih Uninstall a Program, kemudian pilihlah aplikasi yang sudah tidak digunakan dan akan dihapus.

5. Upgrade RAM

Kinerja dan performa dari windows 10 bisa Anda tingkatkan dengan menambah mengupgrade kapasitas RAM. Apabila laptop yang Anda gunakan sudah mulai lemot atau kinerjanya menurun, cobalah dengan menambah RAM dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

6. Cek Malware dan Virus

Malware dan Virus juga menjadi salah satu penyebab kenapa sistem operasi yang digunakan lemot. Dengan mengecek Malware dan Virus Anda bisa mengetahui apakah komputer terkena Virus atau tidak. Anda bisa menginstal aplikasi antivirus terpercaya yang bisa digunakan di komputer.

7. Gunakan SSD

HDD atau yang biasa disebut dengan Harddisk drive ini memang mempunyai harga yang lebih murah, tetapi berbeda dengan SSD atau Solid State Drive ini bisa membuat kinerja laptop menjadi cepat dan memeprbaiki proses error pada windows 10, karena SSD memiliki kemampuan dalam menulis atau yang biasa disebut dengan memori flash.

8. Matikan Program Yang Tidak Perlu

Terkadang Anda sering menjalankan berbagai macam aplikasi dan aplikasi tersebut tidak digunakan, jika hal ini terus dilakukan maka kinerja pada windows akan melemah dan menjadikan komputer akan semaikin lambat atau lemot. Anda dapat mematikan sebuah program melalui Task Manager. Di menu ini Anda bisa melihat program apa saja yang bekerja pada saat startup dan nonaktifkan program yang sekiranya tidak dipakai atau tidak penting.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja windows 10 yang bisa Anda lalukan di komputer kesayangan. Didalam artikel ini masih jauh dari kata sempurna, setidaknya bisa sedikit membantu Anda yang ingin mencari informasi. Semoga dengan artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.